Dalam pemasaran media sosial, ada salah satu istilah yang disebut dengan engagement. Apa itu engagement? Engagement termasuk aspek yang penting dalam pemasaran digital. Pasalnya, engagement berperan dalam meningkatkan jangkauan dan relevansi sebuah bisnis dalam pemasaran digital.
Selain itu, engagement merupakan sebutan dari interaksi yang menguntungkan antara pengguna media sosial dengan pebisnis. Apabila interaksi bisnis Anda tinggi, perusahaan akan lebih mudah dalam menarik pelanggan untuk melakukan pembelian.
Untuk memahami engagement lebih lanjut, simak penjelasannya berikut!
Apa Itu Engagement?
Melansir laman REQ, engagement adalah interaksi apapun yang dilakukan oleh pengguna pada konten media sosial untuk menunjukkan bahwa mereka tertarik dan ingin mendukung bisnis Anda. Jadi, engagement dapat dijadikan salah satu tolok ukur untuk mengevaluasi kinerja suatu pemasaran digital, meski tidak selalu berujung pada penjualan.
Dalam mengukur interaksi biasanya dilihat dari jumlah akhir keterlibatan audiens yang berupa jumlah like, share, komentar, hingga followers. Apabila interaksi menunjukkan hasil yang kurang memuaskan, akan sulit bagi perusahaan untuk menarik minat pelanggan maupun menghasilkan keuntungan.
Mengapa interaksi menjadi penting bagi sebuah bisnis dan pelanggannya dalam pemasaran digital? Hal ini karena engagement atau keterlibatan audiens yang tinggi bisa menjadi tanda bagi perusahaan bahwa mereka berhasil menghasilkan branding yang positif.
Hal-hal yang Diukur Sebagai Engagement
Berdasarkan informasi yang diperoleh dari BigCommerce, saat ini terdapat 3 media sosial terpopuler, yakni Facebook, Instagram, dan Twitter. Setiap platform media sosial tersebut memiliki mekanismenya sendiri bagi pengguna untuk mengekspresikan penghargaan untuk setiap unggahan.
Berikut beberapa hal yang bisa diukur sebagai interaksi menurut jenis media sosialnya:
- Twitter: re-tweet dan followers
- Facebook: share, likes, dan followers
- Instagram: likes dan followers
Jika akun media sosial bisnis Anda mendapatkan jumlah share dan likes yang tinggi, maka unggahan tersebut termasuk dalam postingan populer. Sementara angka followers yang banyak berarti para pengguna media sosial tersebut ingin lebih banyak melihat unggahan dari akun media sosial bisnismu.
Jadi singkatnya, followers merupakan salah satu aspek interaksi yang paling penting untuk diperhatikan karena menyumbang keterlibatan audiens yang besar.