Bagaimana Cara Membuat Blog?

Blog dan website sering dianggap sama, padahal keduanya memiliki beberapa perbedaan mencolok:

  • Blog bersifat dinamis karena diupdate secara berkala. Sedangkan, website bersifat statis karena informasi di dalamnya cenderung tetap, misalnya alamat kontak, visi dan misi perusahaan.
  • Konten blog biasanya berisi opini dan pengalaman penulis dengan gaya bahasa yang santai. Sedangkan, website berisi informasi yang lebih formal dan profesional, contohnya produk atau layanan sebuah
  • perusahaan.
    Blog lebih interaktif karena memiliki kolom komentar. Sedangkan, komunikasi di website bersifat satu arah saja.

Bagaimana Cara Membuat Blog Pribadi dengan Mudah?

Berikut adalah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk membuat blog yang menarik:

1. Tentukan Niche Blog

Niche blog adalah tema atau topik khusus untuk blog. Jadi, Anda hanya perlu fokus membuat konten-konten dengan tema yang sama.

Hal ini dianjurkan agar blog Anda dapat dikenal sebagai ahli dalam topik tertentu dan dijadikan referensi oleh banyak orang. Hasilnya, traffic blog meningkat dan lebih mudah dimonetisasi dengan iklan atau endorsement.

2. Pilih Layanan dan Jenis Hosting yang Tepat

Hosting adalah tempat di mana semua file blog kita akan disimpan dan dapat diakses melalui internet.

Dalam memilih layanan hosting tidak boleh sembarangan, karena akan berpengaruh pada performa blog. Jadi, sebisa mungkin pilih layanan jasa hosting yang terpercaya.

3. Tentukan Nama Domain

Selain hosting, Anda juga membutuhkan domain. Domain adalah alamat yang digunakan untuk mengakses blog Anda. Seperti WordPress.org, karena Anda bebas memilih nama domain.

Berbeda dengan WordPress.com dan Blogspot yang memiliki default ekstensi domain, seperti bloganda.wordpress.com atau bloganda.blogspot.com. Untuk upgrade domain pun biayanya lumayan menguras kantong.

4. Install platform pengelolaan blog

Sistem Manajemen Konten (CMS) adalah platform yang paling pas jika Anda ingin mencoba cara membuat blog baru. Dengan CMS, Anda bisa:

  • Membuat blog tanpa harus mempelajari coding dan bahasa pemrograman lainnya terlebih dulu.
  • Mempublikasikan konten dan membuat konten baru.
  • Mendedikasikan diri sepenuhnya untuk menulis konten, tanpa harus mengkhawatirkan aspek teknis.
  • Menambahkan fitur baru dengan bantuan plugin dan module.
  • Mengatur tampilan blog dengan menerapkan tema gratis yang ada di library CMS.
    Platform terbaik rekomendasi kami untuk cara buat blog adalah WordPress, karena kemudahan pengelolaannya dan semua fitur unggulan yang ditawarkannya.

5. Publikasikan konten dan kembangkan blog

Untuk mulai mengembangkan blog, Anda perlu membuat postingan dan beberapa halaman penting yang sebaiknya ada di blog Anda.

6. Promosikan blog

Karena munculnya postingan di halaman terdepan Google membutuhkan waktu yang lama, keberadaan blog Anda jadi sulit untuk diketahui. Salah satu cara agar blog Anda dikenal banyak orang dan menjangkau audiens yang tepat adalah dengan mempromosikannya. Sebarkan konten blog ke media sosial, buat mailing list, dan jalankan backlink. Cari tahu performa blog Anda di Google Analytics.

7. Mulai hasilkan uang melalui blog

Selain menjadi wadah untuk menyalurkan opini dan membagikan informasi, blog juga bisa jadi sumber pendapatan utama atau sampingan. Ya, Anda bisa mencoba cara mendapatkan uang dari internet melalui blog.

Share:

Facebook
Twitter
WhatsApp

Leave a Comment

Ilmu Bermanfaat

Lainnya

Apa Perbedaan Entrepreneur dan Intrapreneur?

Apa Itu Intrapreneur? Intrapreneur adalah pelaku utama dari kegiatan intrapreneurship, yaitu karyawan perusahaan dengan jiwa wirausaha. Seorang intrapreneur memiliki potensi untuk mengembangkan perusahaan seolah itu adalah

Mailketing by Regrow

PT. Digital Bertuah Nusantara
Jl. Mangga No. 94B
Pekanbaru - Riau
Indonesia

© 2022 mailketing.co.id All rights reserved. ‍

Dapatkan Materi Email Marketing Gratis !