Inspirasi Content Marketing di Instagram

Content marketing adalah strategi pemasaran yang terfokus kepada perencanaan, pembuatan, dan pendistribusian konten kepada target audiens untuk mendorong tindakan yang menghasilkan keuntungan.

Beberapa ahli menyebutkan bahwa content marketing diprediksi menjadi satu-satunya jenis marketing yang tersisa. Sebab jenis marketing ini memang otentik, berguna, dan sangat sesuai untuk generasi internet.

Lantas, pemasaran konten apa yang harus Anda perhatikan terlebih di dalam Instagram? Bagaimana sebaiknya Anda mengubah strategi pemasaran Anda untuk mengikuti perubahan ini? Berikut beberapa contoh tren content marketing di Instagram yang bisa Anda jadikan sebagai inspirasi.

Contoh Content Marketing di Instagram

Konten informatif

Contoh content marketing di Instagram yang bisa Anda terapkan adalah konten informatif. Konten ini memungkinkan pelanggan untuk mendapatkan informasi tentang berbagai macam hal tentang produk yang sedang dipasarkan.

Konten informatif ini bisa dikemas dengan berbagai macam cara, salah satunya adalah infografik. Sebagai informasi, infografik adalah representasi visual informasi, data atau ilmu pengetahuan secara grafis. Penggunaan infografik ini memungkinkan customer untuk memahami produk yang sedang dipromosikan.

Review produk

Review atau ulasan adalah kegiatan yang dilakukan oleh seseorang untuk memberikan beberapa ulasan terhadap suatu hal yang sudah pernah dicoba. Pada umumnya, hal-hal yang akan diulas, yakni makanan, baju, celana, gadget, dan lain sebagainya.

Konten review produk ini memang cukup populer digunakan di beberapa platform, terutama Instagram. Biasanya yang menggunakan contoh content marketing ini adalah selebgram atau public figure yang memang sudah disewa untuk mempromosikan produk yang diulasnya.

Mengunggah kembali video testimoni pelanggan

User Generated Content menyarankan agar para pebisnis mengunggah kembali video testimoni pelanggan yang membeli produknya. Inilah yang disebut User Generated Content yang dipercaya mampu meningkatkan penjualan sekaligus memperkuat branding.

Menurut data yang dikeluarkan oleh UGC, 55% calon pelanggan lebih percaya konten yang diberikan dari hasil testimoni daripada bentuk konten pemasaran lainnya. Terlebih jika video testimoni yang diunggah mendapatkan respon yang baik dari para penontonnya.

Memanfaatkan pencarian suara

Menurut prediksi, kita akan mulai masuk ke dunia pencarian tanpa layar. Hal ini terutama disebabkan oleh pencarian suara. Anda bahkan mungkin mengatakan bahwa ramalan ini konservatif. Pencarian suara sudah mencapai 20% dari semua pencarian Google di ponsel.

Yang lebih penting lagi, orang-orang muda lebih suka menggunakan penelusuran suara. Menurut sebuah penelitian, 71% anak usia 18-29 tahun menggunakan asisten suara dibandingkan dengan hanya 39% di kategori 44-53 tahun.

Gunakan video dalam membuat content

Video akan terus menjadi salah satu jenis konten yang paling menarik dan diminati. Di antara tahun 2011 dan 2015, konsumsi video bertumbuh dari 39 menit menjadi 115 menit setiap harinya. Selain itu, bagaimana orang-orang menonton video juga berubah. Beberapa tahun lagi video vertikal hampir tidak ada. Saat ini, 29% dari pengaksesan video viewing adalah video vertikal.

Mulailah dengan mengarahkan bagian yang lebih besar dari anggaran pemasaran konten Anda ke video. Video yang dimaksud disini tidak harus sebuah video yang diproduksi seperti film, tetapi video-video sederhana seperti behind the scene atau bahkan pemilik bisnis membahas suatu topik sudah bisa menjadi titik awal video marketing Anda.

Giveaway

Contoh content marketing lainnya yang dapat dilakukan di platform Instagram adalah giveaway. Konten ini efektif untuk membuat audiens tertarik dengan akun Instagram milikmu. Jadi, jangan heran apabila banyak bisnis yang menggunakan strategi ini.

Sebagai informasi, giveaway adalah sayembara yang dilakukan oleh beberapa orang maupun platform untuk memberikan syarat tertentu agar mendapatkan hadiah. Umumnya, pemenang akan dipilih berdasarkan syarat yang diberikan.

Salah satu syarat yang digunakan pada umumnya adalah follow atau like akun Instagram yang mengadakan giveaway. Dengan begitu, Instagram tersebut bisa lebih dikenal oleh banyak orang.

Share:

Facebook
Twitter
WhatsApp

Leave a Comment

Ilmu Bermanfaat

Lainnya

Apa Itu Web Service? Dan Apa Fungsinya?

Tingkat konsumsi internet penduduk Indonesia sangat tinggi. Mengingat hal tersebut, sudah selayaknya setiap website memiliki kapasitas, keamanan, dan kecepatan yang memadai. Salah satu caranya yaitu dengan

Apa itu Social Bookmarking?

Ketika berselancar internet, Anda mungkin pernah melihat fitur bookmark pada browser. Fitur browser ini berfungsi untuk menyimpan halaman situs web tertentu agar bisa dibuka kembali di masa mendatang tanpa

Cara Dapat Uang dari Travel Blog

Sebagaimana yang diketahui, internet sudah berkembang cukup pesat, ada berbagai macam blog yang bisa ditemukan. Jadi, tidak hanya travel blog saja, adapun blog-blog lainnya, seperti

Mailketing by Regrow

PT. Digital Bertuah Nusantara
Jl. Mangga No. 94B
Pekanbaru - Riau
Indonesia

© 2022 mailketing.co.id All rights reserved. ‍

Dapatkan Materi Email Marketing Gratis !