7 Manfaat Reels Instagram untuk Marketing Produk

Reels Instagram adalah fitur terbaru dari salah satu media sosial ternama, Instagram.

Pada Reels Instagram, Anda dapat menampilkan video dengan durasi tertentu.

Di Reels Instagram, Anda bisa mengedit video, memasang audio, efek, dan berbagai filter. Konten dalam Reels Instagram kemudian dibagikan kepada pengikut di feed akun Anda.

Jika akun Anda di-set agar bisa ditemukan oleh publik, maka video Reels Instagram milik Anda bisa ditemukan di menu “Explore”.

Hal ini memungkinkan Anda untuk menjangkau audiens lebih luas, bahkan global.

Merupakan keuntungan bagi bisnis jika konten Reels Instagram Anda bisa masuk menu “Explore”. Apalagi jika konten Anda masuk ke jajaran featured reels, yang dipilih oleh Instagram berdasarkan preferensi pengguna.

Kelebihan Reels Instagram

Kelebihan Reels Instagram adalah Anda dapat secara cepat menyampaikan pesan Anda kepada pengguna, sesuai karakteristik fitur ini.

Dengan membuka Reels Instagram, para pengguna pun cenderung mencari konten yang to the point.

Menurut Blue Steak, setidaknya ada tiga kelebihan Reels Instagram.

Pertama, visibilitas konten Anda lebih baik. Reels Instagram menyediakan cara lain untuk menjangkau audiens target Anda.

Cara lain yang dimaksud yaitu ia memiliki karakteristik yang berbeda dari IGTV, IG Live, dan Stories.

Kedua, kemampuan berbagi yang lebih baik. Tidak seperti Stories yang hilang setelah 24 jam, Reels Instagram dapat dilihat dan dibagikan kapan pun.

Ketiga, lebih mudah ditemukan. Video Reels Instagram muncul di menu “Explore” dan menyebarkan konten Anda ke banyak pengguna.

Konten Reels juga muncul pada laman khusus yang didedikasikan untuk lagu, tagar, atau efek yang digunakan di dalam video.

Manfaat Reels Instagram Bagi Bisnis

Instagram bisa dibilang salah satu media sosial yang wajib dipunya bagi pelaku e-commerce.

Media sosial ini memudahkan Anda untuk mempromosikan hingga menjual produk melalui fitur Instagram Shopping.

Yang penting, Anda sudah punya toko online. Jadi, jika pengguna hendak melakukan transaksi, Instagram akan menyambungkannya ke toko online Anda.

Dengan bertambahnya fitur Reels, bertambah pula peluang bagi bisnis Anda untuk mempromosikan produk dengan cara baru.

Berikut ini sejumlah manfaat Reels Instagram bagi bisnis.

1. Memamerkan Produk Baru

Anda bisa mempromosikan produk dan layanan baru melalui Reels Instagram. Caranya, bisa dengan memadukan video dengan teks serta efek menarik.

Dari segi konten, Anda bisa membahas kegunaan, kelebihan, cara kerja, hingga cara pakai produk Anda.

Gunakan kombinasi foto dan cuplikan video, jadi Anda bisa memberikan informasi detail tentang produk Anda dalam konten Reels yang berdurasi 15 detik.

2. Meningkatkan Lebih Banyak Audiens

Algoritma Instagram memang cukup rumit untuk dihadapi ketika Anda menggunakan platform ini. Namun Reels Instagram masih terhitung sebagai fitur baru.

Instagram pun sedang gencar mempromosikan fitur barunya ini kepada jutaan pengguna.

Jadi, apa pun yang Anda unggah ke dalam Reels, kemungkinan besar akan didorong Instagram untuk masuk ke menu “Explore”.

Ini menjadi peluang Anda untuk menjangkau lebih banyak audiens. Jika kontennya menarik, Anda pun berpeluang menambah pengikut untuk akun bisnis.

3. Menghemat Lebih Banyak Waktu Ketika Membuat Konten

Ketika membuat konten untuk feed Instagram, Anda harus bersusah payah mendesain gambar atau infografik mengenai produk di aplikasi lain.

Setelah itu, Anda harus mengunggahnya ke Instagram.

Dengan Reels, Anda bisa membuat videonya langsung di aplikasi Instagram dan langsung menyematkan teks. Tahapan yang Anda lalui saat membuat konten pun menjadi berkurang.

4. Menampilkan Kepribadian Merek

Ketika Anda membuat Reels Instagram, Anda kemungkinan besar akan menunjukkan wajah atau tim kerja Anda. Hal ini tak menjadi masalah, justru bisa menjadi keuntungan bagi Anda.

Dengan mengetahui bagaimana wajah-wajah di balik produk yang dibelinya, para pengikut bisa merasakan kedekatan dengan merek produk Anda.

Para konsumen pun ingin diperlakukan seperti manusia, bukan massa yang digerakkan untuk dimonetisasi atau dijadikan ladang penjualan semata.

Bisnis Anda harus bisa menciptakan hubungan dan komunitas di ruang digital untuk memenuhi permintaan ini.

5. Memberi Edukasi kepada Pengikut

Manfaat selanjutnya dari Reels Instagram adalah Anda bisa memberi edukasi kepada pengikut mengenai cara kerja atau cara pakai produk Anda melalui fitur ini.

Anda juga bisa menceritakan filosofi bisnis Anda secara singkat dalam video berdurasi 15 detik. Jika 15 detik terlalu singkat, Anda bisa memecahnya dalam beberapa bagian.

Jika mau lebih dramatis, Anda bisa menceritakan perjuangan mendirikan bisnis dari nol.

Selain memberi inspirasi, konten semacam ini bisa menumbuhkan rasa empati pengikut terhadap bisnis Anda.

6. Menunjukkan Proses di Balik Layar

Proses di balik layar pembuatan suatu produk mampu menarik perhatian pengikut Anda. Mereka pun jadi tahu kesulitan yang Anda hadapi dalam membuat suatu produk.

Hal ini bisa berdampak positif. Karena memahami bagaimana prosesnya, pengikut Anda mungkin akan sabar menunggu Anda melakukan stok ulang produk.

7. Ikuti Tren

Jangan terlalu serius dalam membuat konten Reels Instagram. Jika sedang ada konten, tarian, atau lagu yang sedang viral, lakukanlah.

Anda tidak perlu melulu mempromosikan produk Anda dalam setiap konten. Tunjukkan kepada para pengikut bahwa bisnis Anda fleksibel dan selalu mengikuti tren terkini.

Setelah mengetahui kelebihan dan manfaatnya, Anda tidak perlu ragu lagi tentang fitur terbaru dari Instagram ini.

Reels Instagram adalah fitur yang memungkinkanmu untuk mengembangkan bisnis. Selain itu, Anda juga bisa mencoba melakukan beberapa teknik marketing di Instagram untuk mengembangkan bisnis Anda.

Share:

Facebook
Twitter
WhatsApp

Leave a Comment

Ilmu Bermanfaat

Lainnya

Cara Menjalankan Bisnis Dengan Otomatis

Email automation merupakan sebuah cara mengirim email secara otomatis. Sehingga Anda tak perlu lagi melakukan pengiriman satu per satu secara manual. Dengan email automation, dapat

Teknik Meningkatkan Penjualan Online

Sebagiaman kita tahu, cara berjualan offline dengan cara online sudah pasti berbeda. Anda yang sudah membuka toko online namun tidak kunjung menghasilkan konversi dan mendapat

Tips Cara Bisnis Jual Beli Nama Domain

Boleh dibilang, potensi bisnis jual beli domain cukup cerah. Mengingat, pertumbuhan jumlah website setiap tahunnya cenderung naik. Yang artinya, kebutuhan akan domain pasti selalu ada.

Mailketing by Regrow

PT. Digital Bertuah Nusantara
Jl. Mangga No. 94B
Pekanbaru - Riau
Indonesia

© 2022 mailketing.co.id All rights reserved. ‍

Dapatkan Materi Email Marketing Gratis !