Cara Dapat Uang dari Travel Blog

Sebagaimana yang diketahui, internet sudah berkembang cukup pesat, ada berbagai macam blog yang bisa ditemukan. Jadi, tidak hanya travel blog saja, adapun blog-blog lainnya, seperti lifestyle, food, fashion, dan lain sebagainya.

Berbicara tentang travel blog, pasti banyak di antara kalian yang pernah membaca blog yang membahas tentang perjalanan. Biasanya, blog tersebut berisikan tips, rekomendasi tempat wisata, ulasan tentang tempat-tempat yang dikunjungi, dan lain sebagainya yang berhubungan dengan perjalanan.

Nah, kali ini kami akan membahas bagaimana Anda bisa mendapatkan uang dari travel blog dan apa sih pengertian lebih lengkap tentang travel blogger.

Apa itu Travel Blogger?

Travel blogger adalah orang yang menghasilkan uang dari hobi travelingnya. Sebagai informasi, gaji atau penghasilan travel blogger bisa mencapai Rp 42 juta hingga Rp 127 juta untuk setiap publikasi yang dilakukan.Tak heran, travel blogger adalah salah satu pekerjaan yang menjanjikan untuk menghasilkan uang tambahan. Di Indonesia sendiri, ada berbagai travel blog besar, seperti Catperku, Lostpacker, Naked Traveler, Pergi Dulu, Tesyasblog, dan lain sebagainya.

Supaya bisa menjadi travel blog besar seperti yang disebutkan di atas, Anda perlu mengetahui beberapa tips untuk menjadi travel blogger. Sebab, menjadi travel blog bukan hal yang mudah, terlebih jika ingin menghasilkan uang dari travel blog tersebut. Lebih jelas, berikut ada tips-tips menjadi travel blogger, di antaranya:

  1. Gunakan platform blog terbaik, pastikan bahwa platform blog tersebut telah menyediakan berbagai macam fasilitas yang bermanfaat.
  2. Buat tulisan blog dengan ciri khas tersendiri, supaya Anda berbeda dengan para travel blogger lainnya.
  3. Sajikan konten foto dan video yang berkualitas guna menunjang tulisan yang Anda buat.
  4. Jalin hubungan yang baik dengan followers melalui menjawab komentar-komentar dan menggunakan teknik penulisan yang lebih dekat dengan para pembaca, seperti menggunakan ‘Anda’ daripada ‘Anda’ dan lainnya.
  5. Rutin mempromosikan blog dengan mencantumkan link blog di beberapa sosial media.

Cara Sukses Menghasilkan Uang Para Travel Blogger

Sebelum memulai membahas cara-caranya, ada satu nasihat yang selalu diberikan oleh para full-time blogger kepada orang-orang yang baru mau memulai memonetisasi blognya:

Jangan berharap Anda akan langsung mendapat penghasilan besar. Blogging membutuhkan waktu dan kesabaran untuk bisa sukses.

Lantas, bagaimana cara menghasilkan uang dari travel blog? Berikut informasi yang sudah kami rangkum untuk Anda. Semoga bermanfaat, ya.

Menjadi freelance writer

Seperti yang sudah disebutkan di atas, cara travel blogger menghasilkan uang adalah Anda harus mencari apa saja keterampilan Anda yang bisa Anda tawarkan kepada pembaca. Kebanyakan blogger tentunya memiliki keterampilan menulis. Oleh karena itu, freelance writer adalah pekerjaan yang bisa Anda lakukan untuk mendukung travel blog Anda.

Kebanyakan travel blogger menulis untuk publikasi online dan Anda akan dibayar untuk setiap tulisan Anda. Selain itu, jika Anda memiliki blog travel sendiri, publikasi lebih tertarik untuk memilih Anda sebagai freelance writer karena Anda memiliki jangkauan audiens yang bisa membantu mempromosikan publikasi tersebut.

Advertising di blog Anda

Anda pasti pernah melihat ads yang ada pada blog, bukan? Nah, advertising di blog adalah salah satu cara travel blogger mendapat pemasukan. Sebelum Anda meletakkan advertising di blog Anda, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan.

Jika Anda ingin mulai memasang ads di blog Anda, Anda harus memiliki website yang self-hosted dengan hosting terbaik.

Kalau Anda membuat blog di wordpress.com yang gratis, Anda tidak bisa memasang ads kecuali menggunakan system AdWords internal mereka. Jadi, sebaiknya Anda membuat website WordPress sendiri. Selain itu, Anda tentunya membutuhkan domain sendiri.

Salah satu tools yang bisa Anda gunakan untuk memasang ads di blog Anda adalah Google AdSense. Dengan Google AdSense, Anda bisa mendapatkan uang tanpa perlu susah-susah memilih ads apa yang ingin Anda pasang.

AdSense bekerja dengan cara memanfaatkan advertising yang ter-target dalam bentuk text, gambar, video, dan iklan interaktif yang berhubungan dengan konten blog Anda.

Membuat konten sponsor

Cara lain travel blogger mendapat uang adalah dengan membuat konten dan advertorials yang disponsori oleh brand atau perusahaan tertentu. Ini adalah salah satu jenis konten yang banyak dilakukan oleh travel blogger. Biasanya, Anda akan diminta untuk membahas brand mereka di salah satu tulisan Anda.

Affiliate Marketing

Affiliate marketing adalah cara mendapatkan pemasukan pasif yang banyak digunakan para travel blogger. Memang untuk mendapatkan penghasilan dari affiliate marketing, Anda membutuhkan traffic website dan audiens blog yang percaya pada Anda.

Kalau Anda bingung apa bentuk dari affiliate marketing, mungkin saat membaca blog, Anda pernah melihat link-link yang disertakan penulis blog ketika merekomendasikan sesuatu.

Biasanya link tersebut adalah link affiliate dan blogger akan mendapat komisi. Untuk meningkatkan kepercayaan audiens, sebaiknya Anda merekomendasikan produk atau layanan yang digunakan, suka, dan memang dipercaya.

Menjual hasil fotografi Anda selama traveling

Fotografi tentunya merupakan bagian besar dari travelling. Kalau jalan-jalan, Anda pasti mengambil banyak foto, bukan? Nah, dari foto-foto yang diambil mungkin ada yang Anda rasa bagus sehingga bisa untuk dijual.

Kalau Anda merasa sulit menjual foto-foto tersebut melalui sosial media, Anda bisa menggunakan platform stock photo. Ada banyak orang yang mendapatkan pemasukan pasif dengan cara ini.

Terkadang memang ada aturan-aturan yang harus diikuti agar foto Anda diterima, tetapi kalau foto Anda diterima, tentu ini adalah pendapatan yang lumayan.

Press Trips

Di luar sana, ada banyak perjalanan yang disponsori oleh tourism board. Biasanya, mereka akan membayar full perjalanan Anda, jadi Anda tidak perlu lagi mengeluarkan biaya transportasi atau akomodasi. Ini adalah salah satu cara travel blogger mendapat penghasilan tambahan.

Biasanya, dari perjalanan seperti ini, mereka mengharapkan Anda untuk menulis di blog Anda tentang perjalanan ini. Tentunya menulis blog bukanlah hal yang mudah; Anda perlu menulis, mengedit, mengambil foto, mengupload foto, dan mempromosikan konten ke sosial media. Tetapi, kalau Anda memang benar-benar suka menulis blog, ini terdengar seperti pekerjaan ideal bukan?

Share:

Facebook
Twitter
WhatsApp

Leave a Comment

Ilmu Bermanfaat

Lainnya

Cara Menjalankan Bisnis Dengan Otomatis

Email automation merupakan sebuah cara mengirim email secara otomatis. Sehingga Anda tak perlu lagi melakukan pengiriman satu per satu secara manual. Dengan email automation, dapat

Teknik Meningkatkan Penjualan Online

Sebagiaman kita tahu, cara berjualan offline dengan cara online sudah pasti berbeda. Anda yang sudah membuka toko online namun tidak kunjung menghasilkan konversi dan mendapat

Tips Cara Bisnis Jual Beli Nama Domain

Boleh dibilang, potensi bisnis jual beli domain cukup cerah. Mengingat, pertumbuhan jumlah website setiap tahunnya cenderung naik. Yang artinya, kebutuhan akan domain pasti selalu ada.

Mailketing by Regrow

PT. Digital Bertuah Nusantara
Jl. Mangga No. 94B
Pekanbaru - Riau
Indonesia

© 2022 mailketing.co.id All rights reserved. ‍

Dapatkan Materi Email Marketing Gratis !