Apa itu Redirect pada Website? Dan Apa Manfaatnya?

Redirect adalah istilah yang menandakan salah satu tindakan yang dilakukan untuk melakukan pengalihan dari satu alamat ke alamat yang lainnya. Jadi, URL tersebut akan berubah ketika halaman situs sudah dimuat.

Selain membantu para pembaca untuk mengakses website, redirect juga dimanfaatkan terhadap SEO agar website yang dimiliki bisa tetap bertahan pada halaman Google. Menurut beberapa sumber, tingkat efektifitas redirect mencapai sekitar 90 hingga 99%.

Apa itu Redirect

Redirect adalah teknik yang digunakan untuk mengarahkan pengunjung website ke alamat URL yang berbeda dari tujuan awalnya. Istilah redirect ini juga bisa diartikan sebagai pengalihan. Jadi, sebuah alamat website akan diatur untuk melakukan pengalihan ke halaman yang berbeda.

Sebagai gambaran, ada sebuah alamat blog yang bernama situs.website.com yang kemudian dialihkan, sehingga berubah menjadi website.com/situs. Sederhananya, redirect adalah pengalihan pengunjung dari URL yang dimiliki sebuah website ke situs lainnya.

Terjadinya pengalihan website tersebut dilakukan karena ada beberapa perubahan yang ingin dilakukan, seperti menghapus beberapa halaman, penyederhanaan struktur URL, beralih domain tanpa mengubah isinya sama sekali, dan lain sebagainya.

Manfaat Redirect

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, redirect memiliki manfaat yang cukup berarti untuk SEO pada website. Namun tidak hanya itu, redirect juga memiliki manfaat lainnya yang tidak kalah bermanfaat untuk website. Lebih jelasnya, berikut beberapa manfaat redirect di antaranya:

Membuat URL menjadi lebih singkat

Panjangnya URL yang dimiliki oleh suatu website dapat membuat beberapa orang menjadi tidak tertarik untuk mengkliknya. Nah, adanya redirect dapat membantu mempersiapkan URL yang akan digunakan.

Dengan URL yang mengalami perubahan atau dipersingkat, para pembaca tidak perlu merasa kebingungan lagi. Manfaat ini bukan tidak mungkin menyebabkan website lebih mudah diingat oleh beberapa orang.

Menghindari terjadinya kebingungan URL

Pengalihan URL juga berguna untuk menguburkan URl sumber. Jadi, penggunaan tautan afiliasi ini bisa dijadikan sebagai gobbledygook. Dengan begitu, para pengguna bisa menggunakan layanan pengalihan URL untuk tidak hanya mempersingkat dan membuatnya lebih bermakna.

Memastikan website dapat diakses

Ketika URL tidak bisa diakses dan menampilkan halaman kosong dengan teks ‘404 error’, biasanya seseorang memilih untuk tidak mencari alternatif URL lainnya. Guna menghindari terjadinya hal tersebut, dibutuhkan redirect untuk memastikan bahwa halaman error tersebut tidak kembali muncul di halaman pengunjung.

Mempertahankan ranking pada situs yang dimiliki

Redirect juga bermanfaat untuk mempertahankan ranking pada situs yang dimiliki. Jadi, Anda tidak perlu khawatir apabila website yang sudah dibangun dan mendapatkan ranking di halaman Google akan terbuang sia-sia.

Cara kerja redirect dalam mempertahankan ranking website yang dimiliki yani dengan memindahkan website tertentu di dalamnya ke sebuah alamat baru secara permanen. Maka itu, website akan tetap bertahan pada ranking yang dimiliki sebelumnya.

Share:

Facebook
Twitter
WhatsApp

Leave a Comment

Ilmu Bermanfaat

Lainnya

Cara Menjalankan Bisnis Dengan Otomatis

Email automation merupakan sebuah cara mengirim email secara otomatis. Sehingga Anda tak perlu lagi melakukan pengiriman satu per satu secara manual. Dengan email automation, dapat

Teknik Meningkatkan Penjualan Online

Sebagiaman kita tahu, cara berjualan offline dengan cara online sudah pasti berbeda. Anda yang sudah membuka toko online namun tidak kunjung menghasilkan konversi dan mendapat

Tips Cara Bisnis Jual Beli Nama Domain

Boleh dibilang, potensi bisnis jual beli domain cukup cerah. Mengingat, pertumbuhan jumlah website setiap tahunnya cenderung naik. Yang artinya, kebutuhan akan domain pasti selalu ada.

Mailketing by Regrow

PT. Digital Bertuah Nusantara
Jl. Mangga No. 94B
Pekanbaru - Riau
Indonesia

© 2022 mailketing.co.id All rights reserved. ‍

Dapatkan Materi Email Marketing Gratis !