Apa itu Social Bookmarking?

Ketika berselancar internet, Anda mungkin pernah melihat fitur bookmark pada browser. Fitur browser ini berfungsi untuk menyimpan halaman situs web tertentu agar bisa dibuka kembali di masa mendatang tanpa perlu menghafal alamat URL-nya. Konsep social bookmarking hampir mirip dengan bookmark. Perbedaannya terletak dimana social bookmarking bisa diakses oleh siapapun dan kapanpun, sementara bookmark hanya di satu perangkat saja.

Apa itu Social Bookmarking?

Melansir Sprout Social, social bookmarking adalah proses penandaan halaman website dengan memanfaat fitur atau tools berbasis browser untuk memudahkan pengguna mengunjunginya kembali nanti. Social bookmarking bisa dibilang sebagai sebuah platform yang menyimpan sejumlah informasi dari berbagai sumber. Selain itu, bookmark ini bersifat online sehingga bisa diakses dimanapun, kapanpun, dan perangkat apapun.

Adapun sumber lain mendefinisikan social bookmarking sebagai sebuah aktivitas yang dilakukan pengguna internet dalam menyimpan, mengelola, dan mengunggah konten pada platform. Tujuannya beragam, namun yang paling umum adalah untuk berbagi informasi ke pengguna lain. Lalu apa hubungannya dengan search engine optimization (SEO)?

Ketika mengunggah konten, para praktisi SEO biasanya menaruh beberapa link khusus yang mengarah ke blog atau website mereka. Metode ini bertujuan untuk meningkatkan trafik situs web rujukan seiring banyaknya pembaca dari platform social bookmark tersebut. Jika pembuatan backlink dilakukan dengan benar, aktivitas social bookmarking mampu meningkatkan ranking situs web.

Pada prosesnya, Anda hanya perlu membuat konten artikel yang ditanami backlink menuju website atau blog pada platform social bookmarking. Robot Google akan bekerja secara otomatis mengecek validasi konten beserta backlink yang telah dibuat. Semakin bagus kualitas isi blog, semakin tinggi kemungkinan mesin telusur merekomendasikan dan menaikan peringkat pencarian.

Manfaat Social Bookmarking

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, social bookmarking sering digunakan sebagai salah satu metode untuk mengoptimalkan SEO blog atau website. Hal tersebut tak lepas dari sejumlah manfaat yang secara langsung berkaitan dengan praktik-praktik SEO. Berikut ini adalah manfaat social bookmarking:

  • Lebih mudah terindeks search engine: Ada perbedaan waktu lamanya indexing antara memposting konten di blog sendiri dan di platform social bookmarking. Robot search engine Google umumnya memerlukan waktu relatif lama untuk mengindeks konten baru pada situs web. Sedangkan, konten di social bookmark hanya membutuhkan waktu singkat, bahkan dalam hitungan menit.
  • Backlink gratis: Anda dapat meningkatkan kredibilitas website di mata Google secara free alias gratis. Caranya yaitu membuat artikel di situs social bookmark dan menyisipkan link menuju situs web milikmu. Dengan begitu, website memiliki peluang lebih besar mengalami peningkatan peringkat hasil penelusuran.
  • Meningkatkan trafik: Jika Anda ingin meningkatkan trafik, maka social bookmarking bisa menjadi salah satu metode yang tepat. Anda hanya perlu memposting artikel dan menambahkan backlink yang diarahkan langsung ke halaman website. Cara ini cukup ampuh dan sering digunakan praktisi SEO untuk menaikkan trafik kunjungan.
  • Membangun reputasi: Dengan social bookmarking, memungkinkan Anda membangun reputasi yang baik untuk brand atau bisnis. Apalagi jika isi konten relevan dengan minat pembaca, membangun sebuah komunitas bukanlah hal yang mustahil.
  • Media promosi: Situs social bookmark umumnya bisa diakses secara gratis. Anda dapat memanfaatkannya sebagai media promosi tanpa mengeluarkan biaya sama sekali. Ada banyak hal yang bisa Anda tulis dalam konten promosi, misalnya pengenalan dan kelebihan produk. Dalam promosi, social bookmarking berperan untuk meningkatkan brand awareness produk.

Share:

Facebook
Twitter
WhatsApp

Leave a Comment

Ilmu Bermanfaat

Lainnya

Cara Menjalankan Bisnis Dengan Otomatis

Email automation merupakan sebuah cara mengirim email secara otomatis. Sehingga Anda tak perlu lagi melakukan pengiriman satu per satu secara manual. Dengan email automation, dapat

Teknik Meningkatkan Penjualan Online

Sebagiaman kita tahu, cara berjualan offline dengan cara online sudah pasti berbeda. Anda yang sudah membuka toko online namun tidak kunjung menghasilkan konversi dan mendapat

Tips Cara Bisnis Jual Beli Nama Domain

Boleh dibilang, potensi bisnis jual beli domain cukup cerah. Mengingat, pertumbuhan jumlah website setiap tahunnya cenderung naik. Yang artinya, kebutuhan akan domain pasti selalu ada.

Mailketing by Regrow

PT. Digital Bertuah Nusantara
Jl. Mangga No. 94B
Pekanbaru - Riau
Indonesia

© 2022 mailketing.co.id All rights reserved. ‍

Dapatkan Materi Email Marketing Gratis !