Keyword Tools Terbaik untuk Riset Kata Kunci

Pemilihan keywords atau kata kunci yang tepat merupakan salah satu langkah dasar untuk search engine optimization (SEO). Dengan memilih kata kunci yang tepat, Anda dapat meningkatkan kemungkinan konten Anda untuk dapat memasuki peringkat teratas di search engine.

Namun sayangnya, sebagian besar keyword tools dipatok dengan harga yang cukup mahal, terutama untuk blogger pemula atau UMKM yang baru saja merambah pasar digital.

Daftar Keyword Tools Gratis Terbaik

Jika Anda sedang merintis sebuah website atau menulis artikel untuk blog, riset kata kunci adalah hal yang tak dapat dipandang remeh.

Berikut ini adalah daftar keyword tools gratis yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan SEO dan traffic website Anda:

1. Google Trends

Google Trends merupakan sebuah keyword tool buatan yang dapat digunakan untuk memantau topik pencarian beserta pola naik/turunnya popularitas topik tersebut di Google. Anda dapat menggunakan Google Trends untuk mengetahui:

  • Volume pencarian keyword
  • Keyword yang sedang trending di Google
  • Area di mana kata kunci tersebut sering dicari
  • Topik terkait untuk kata kunci tersebut

Anda juga dapat menggunakan Google Trends untuk menemukan keyword musiman. Mari kita coba untuk telusuri tren untuk pencarian “cuti lebaran” — dari visualisasi yang terlihat, pencarian ini sangat populer di bulan Juni – Juli dari tahun ke tahunnya.

Dengan mengetahui tren ini, Anda dapat menyusun content calendar Anda dan meluncurkan konten baru tentang cuti lebaran pada periode tersebut.

Selain itu, Anda juga dapat mengetahui tren popularitas untuk setiap kata kunci mulai tahun 2004 hingga sekarang. Anda juga dapat membandingkan dua keyword atau lebih untuk menemukan mana yang lebih populer dan berpotensi.

Dengan fitur ini, Anda akan lebih mudah menemukan keyword dengan popularitas tinggi dan tren yang sedang naik. Cukup membantu, ‘kan?

Setelah menemukan keyword yang tepat, maka Anda dapat mulai menyusun konten dan mempublikasikannya pada tanggal yang tepat.

2. Google Search Console

Google Search Console merupakan salah satu alat terbaik untuk riset keyword dan meningkatkan SEO website. Melalui Google Search Console, Anda dapat melihat:

  • Peringkat website untuk keyword tertentu
  • Jumlah penayangan website untuk keyword tertentu
  • Jumlah klik ke website untuk keyword tertentu
  • Persentase penayangan dan jumlah klik

Meskipun Google Search Console tidak memiliki data tentang search volume dan keyword difficulty, namun data yang digunakan adalah data dari pengguna Google. Jadi, informasi yang Anda dapat sudah tidak perlu diragukan akurasinya.

Anda dapat melihat berbagai keyword di mana website Anda muncul di halaman pencarian beserta jumlah penayangan, klik, dan rata-rata peringkatnya. Dengan mengetahui informasi ini, maka Anda dapat menentukan keyword apa yang sebaiknya diincar.

Sebagai contoh, jika halaman Anda memiliki jumlah penayangan besar dan jumlah klik yang kecil seperti gambar di atas, Anda dapat menggunakan judul yang lebih persuasif agar orang tertarik meng-klik link Anda.

Selain untuk riset kata kunci, GSC juga menyediakan berbagai fitur lain seperti Mobile Usability, URL Inspection, Core Web Vitals, dan masih banyak lagi. Jika Anda berniat untuk membuat website atau blog sendiri, GSC adalah tool yang wajib untuk Anda pelajari.

3. Google Keyword Planner

Google Keyword Planner merupakan bagian dari Google Ads yang berguna untuk melakukan keyword research sebelum meluncurkan iklan di Google.

Maka dari itu, penggunaan Google Keyword Planner akan lebih maksimal jika Anda berniat untuk memasang iklan di Google. Pada dasarnya, Anda dapat menggunakan Keyword Planner untuk mengetahui:

  • Volume pencarian kata kunci
  • Tingkat kompetisi untuk beriklan
  • Biaya untuk beriklan di kata kunci tersebut

Dalam Google Keyword Planner, Anda dapat memilih di antara dua opsi riset keyword, yaitu Discover New Keywords (mencari kata kunci baru) atau Get Search Volumes and Forecast (mencari volume pencarian dan prediksi).

Namun seperti yang dijelaskan sebelumnya, Keyword Planner akan lebih optimal jika digabungkan dengan penggunaan Google Ads. Jika Anda ingin menunjang SEO dengan memasang iklan berbayar, maka Google Keyword Planner bisa jadi pilihan yang tepat.

Meskipun begitu, volume pencarian yang diberikan oleh Keyword Planner merupakan jumlah pencarian organik. Artinya, data tersebut dapat Anda gunakan sebagai patokan pemilihan keyword untuk konten Anda.

4. Google Search

Google Search adalah sebuah keyword tool yang paling sering dianggap remeh. Padahal dengan Google Search, Anda sudah dapat memperoleh puluhan ide keyword yang dapat Anda gunakan.

Misalnya, Anda sedang mencari alternatif untuk kata kunci “cara membuat website”. Anda dapat mengetikkan kata kunci tersebut di Google Search, dan Google akan memberikan berbagai kata kunci turunan yang dapat Anda gunakan.

Google menyarankan kata kunci turunan di atas berdasarkan popularitas dan volume pencarian. Jadi, seluruh opsi di atas merupakan kata kunci yang sedang diminati banyak orang.

Artinya, Anda dapat menjadikan seluruh kata kunci turunan di atas menjadi ide konten dengan potensi traffic tinggi.

Selain itu, Anda juga bisa memperoleh ide baru dari berbagai rekomendasi Google setelah melakukan pencarian. Rekomendasi ini ada pada bagian pertanyaan serupa dan pencarian terkait kata kunci yang Anda gunakan.

Lakukan pencarian di Google Search menggunakan mode incognito. Dengan demikian, data pencarian tidak akan terpengaruh oleh konten yang sudah dipersonalisasi untukmu.

5. Keywordtool.io

Keywordtool.io merupakan salah satu tool gratis untuk menemukan variasi kata kunci beserta turunannya. Tool ini memiliki fitur untuk mencari ratusan ide kata kunci yang dapat Anda jelajahi dan gunakan sebagai konten.

Namun sayangnya, Anda hanya dapat melihat volume pencarian, tren, dan tingkat kompetisi keyword jika Anda memiliki akun berbayar.

Keywordtool.io menggunakan data dari Google Search, jadi sudah dapat dipastikan bahwa variasi kata kunci yang Anda dapatkan akurat. Selain variasi, Anda juga dapat menemukan versi pertanyaan dari kata kunci yang Anda jelajahi.

Selain riset kata kunci untuk Google, Keywordtoo.io juga menyediakan keyword tool untuk beberapa platform lain seperti YouTube, Instagram, Twitter, dan Bing.

6. Ahrefs Keyword Generator

Ahrefs Keyword Generator adalah sebuah keyword tool gratis yang memberikan hasil penelitian kata kunci yang sangat lengkap jika dibandingkan tool lain di daftar ini.

Anda akan mendapatkan beberapa informasi penting terkait keyword yang Anda jelajahi seperti:

  • Volume pencarian
  • Tingkat kompetisi
  • Tanggal update hasil pencarian
  • Daftar pertanyaan terkait keyword tersebut

Keyword tool ini sangat bermanfaat untuk menemukan long-tail keyword atau kata kunci turunan dan menemukan keyword dengan tingkat kompetisi yang rendah.

Anda dapat menemukan hingga 150 ide keyword untuk setiap ide dasar yang Anda miliki.

Selain itu, Anda juga dapat memfilter ide yang berupa pertanyaan dengan informasi serupa. Anda dapat menggunakan pertanyaan-pertanyaan ini untuk menyusun header di artikel-artikel Anda.

7. SEMrush Keyword Magic Tool

SEMrush Keyword Magic Tool merupakan salah satu dari beberapa tools SEO yang ditawarkan perusahaan ini. Untuk mengakses tool gratis ini, Anda perlu membuat akun SEMrush terlebih dahulu.

Dengan Keyword Magic Tool, Anda dapat mengetahui beberapa data penting tentang kata kunci yang sedang Anda telusuri, seperti:

  • Volume pencarian bulanan
  • Tingkat kepadatan kompetisi (untuk iklan)
  • Tingkat kompetisi keyword (untuk pencarian organik)

Keyword Magic Tool juga memiliki beberapa fitur penyortiran hasil yang sangat berguna dalam menyaring rekomendasi kata kunci berdasarkan metrik tertentu.

Anda juga dapat melihat hasil pencarian di halaman pertama Google dengan meng-klik masing-masing variasi keyword. Fitur ini akan menunjukkan analisa lebih dalam terhadap sebuah keyword.

Mengingat SEMrush menyediakan tool ini secara gratis, data yang dapat Anda peroleh sangatlah lengkap dan mendalam. Mulai dari volume hingga tren pencarian, Anda dapat menggunakan seluruh data ini untuk meningkatkan performa konten Anda.

8. Ubersuggest

Ubersuggest merupakan salah satu pendatang baru di dalam dunia SEO, namun keyword tool mereka menawarkan fitur yang tak kalah menariknya dengan kompetitor. Tool milik Neil Patel ini menawarkan berbagai fitur riset kata kunci yang memudahkan Anda dalam menemukan ide-ide baru.

Ubersuggest dapat menunjukan beberapa informasi penting seperti:

  • Volume pencarian
  • Tren popularitas keyword
  • Cost Per Click (untuk iklan)
  • Tingkat kompetisi berbayar
  • Tingkat kompetisi organik
  • Rekomendasi judul konten

Anda dapat menggunakan keyword tool Ubersuggest sebanyak 3x dalam satu hari. Namun mengingat tool ini dapat digunakan secara cuma-cuma, batasan tersebut merupakan sesuatu yang wajar.

Hal pertama yang dapat Anda temukan dari Ubersuggest adalah volume pencarian keyword yang sedang ditelusuri beserta estimasi kesulitan dan cost-per-click.

Jika Anda scroll ke bawah sedikit, maka Anda akan menemukan ide-ide keyword turunan beserta tren pencarian, tingkat kompetisi, dan volume pencarian.

Selain itu, Anda juga akan menemukan referensi konten yang memiliki peringkat tinggi untuk keyword tersebut

9. MOZ Keyword Explorer

Moz Keyword Explorer adalah sebuah tool riset kata kunci yang memiliki tampilan menarik dan mudah untuk dimengerti, bahkan bagi pemula. Alat ini akan menampilkan beberapa informasi terkait kata kunci, seperti:

  • Volume pencarian bulanan
  • Kesulitan kompetisi organik
  • Tingkat click-through rate untuk konten organik
  • Skor prioritas untuk setiap kata kunci pencarian

Metrik CTR yang ditawarkan oleh Moz Keyword Explorer adalah hal unik yang tidak dapat ditemukan pada keyword tool lainnya. Angka CTR ini menunjukkan berapa banyak pencari dengan kata kunci tersebut meng-klik sebuah link yang ia temukan.

Skor prioritas (Priority Score) merupakan sebuah metrik untuk mengukur kesulitan, peluang, dan volume pencarian. Artinya, Anda dapat menggunakan Priority Score untuk menemukan keyword mana yang memiliki peluang sukses terbesar.

Moz menawarkan berbagai fitur menarik dari Keyword Explorer mereka dengan limit penggunaan yang cukup besar (10x pencarian). Namun sayangnya, database Moz untuk hasil pencarian di Indonesia bisa dibilang terbatas.

Sebagian besar ide keyword dalam bahasa Indonesia yang diberikan oleh Moz tidak memiliki data yang relevan terkait volume pencarian per bulan. Jadi, Anda tidak dapat mengestimasi traffic yang akan didapat berdasarkan volume pencarian.

10. Keyword Sheeter

Keyword Sheeter merupakan sebuah tool yang akan mencari ribuan ide turunan untuk setiap keyword yang Anda telusuri. Jika Anda ingin mengumpulkan ide keyword dalam waktu yang singkat, tool yang satu ini adalah pilihan yang cocok.

Tool ini dapat mengumpulkan hingga 1,000 keyword dalam satu menit. Anda dapat mengunduh seluruh ide kata kunci tersebut secara gratis dengan satu klik saja.

Anda juga dapat menggunakan filter untuk mengeluarkan atau memasukkan ide yang mengandung kata tertentu ke dalam daftar keyword milikmu.

Namun sayangnya, Keyword Sheeter tidak menunjukkan volume pencarian atau mengelompokkan kata kunci seperti Keyword Planner atau tool lainnya. Jika Anda menginginkan data seperti volume pencarian, tingkat kompetisi, dan sebagainya, Anda perlu ‘membeli’ laporan tersebut.

Share:

Facebook
Twitter
WhatsApp

Leave a Comment

Ilmu Bermanfaat

Lainnya

Apa Perbedaan Entrepreneur dan Intrapreneur?

Apa Itu Intrapreneur? Intrapreneur adalah pelaku utama dari kegiatan intrapreneurship, yaitu karyawan perusahaan dengan jiwa wirausaha. Seorang intrapreneur memiliki potensi untuk mengembangkan perusahaan seolah itu adalah

Mailketing by Regrow

PT. Digital Bertuah Nusantara
Jl. Mangga No. 94B
Pekanbaru - Riau
Indonesia

© 2022 mailketing.co.id All rights reserved. ‍