Cara Mendapat Penghasilan Tambahan dari HP

Cara menghasilkan uang dari HP bukanlah hal yang sulit. Banyak program di berbagai platform yang menawarkan cuan untuk Anda yang mau mengikutinya. Tapi tidak sedikit juga platform yang menjanjikan uang yang ternyata isinya hanya tipu-tipu semata. Nah, daripada nantinya usaha Anda sia-sia, Anda bisa simak rekomendasi yang kami bagikan tentang cara mendapatkan uang dari HP.

1. Mengisi Survei Online

Estimasi pendapatan: Rp14-70 ribu per hari

Cara pertama untuk mendapatkan uang tanpa modal lewat hp yaitu dengan mengisi survei online.

Survei online merupakan program yang meminta pendapat publik mengenai suatu produk atau topik tertentu. Seluruh partisipan akan dibayar selepas mengisi survei yang ada. Survei-survei ini biasanya diadakan oleh beberapa perusahaan dan organisasi melalui beberapa platform.

Imbalan dari pengisian survei sangat beragam. Mulai dari voucher belanja, tiket nonton bioskop, saldo ewallet (Paypal Gopay, OVO), pulsa, dan lain sebagainya. Besaran rewards bergantung pada jenis surveinya, tapi rata-rata partisipan akan mendapat saldo $1-$5 per survei yang dikerjakannya.

Lantas, bagaimana supaya bisa mengikuti survei-survei online tersebut? Sebenarnya tidak ada syarat khusus, karena Anda hanya perlu mengunjungi aplikasi atau situsnya. Setelah itu Anda diharuskan membuat akun dan verifikasi data diri. Selepas verifikasi diterima, Anda bisa mulai mengerjakan survei yang diberikan atau dapat pula memilihnya sendiri. Biasanya rewards akan diberitahu di awal.

Apa saja contoh platform survei online tersebut? Sebenarnya ada banyak sekali, tapi kami merekomendasikan JakPatNusaresearch, dan YouGov. Masing-masing aplikasinya Anda bisa download di app market Android dan iOS.

2. Menjadi Dropshipper

Estimasi pendapatan: Rp1-3 jutaan per bulan

Cara mendapatkan uang tanpa modal lewat hp? Maka pilihan menjadi dropshipper adalah jawabannya.

Dropship adalah model bisnis di mana seseorang menjual produk yang dibuat oleh pihak lain. Namun, untuk menjual produk tersebut, orang ini tak perlu menyetok dan mengirimkannya secara manual. Lewat bisnis dropship, produsen juga lah yang mengirimkan produknya ke konsumen.

Untuk memulai bisnis dropship, Anda perlu berkomunikasi terlebih dahulu dengan pemilik barang atau produk. Perjanjian akan dilakukan, seperti terkait komisi, distribusi foto-foto produk, update produk baru, dan lain sebagainya.

Meskipun bisa dikatakan margin keuntungannya tidak sebesar berjualan produk sendiri, tapi hasilnya cukup menjanjikan. Salah satu contoh populernya yaitu Marc Chapon, yang bisa mendapatkan penghasilan tambahan lebih $150.000 atau setara dengan Rp. 2,1 miliar dalam waktu tiga bulan. Caranya, dengan dropship beragam produk kebutuhan sehari-hari.

Luar biasa ya? Selain itu, ada juga contoh kesuksesan dari bisnis dropship lainnyayaitu Budi Irawan pemilik Elira yang memulai bisnis dropship hingga sukses memiliki brand sepatu dan toko online sendiri.

3. Membuka Paid Promote di Sosial Media

Estimasi pendapatan: Rp25-100 ribu per hari

Cara mendapatkan uang tanpa modal lewat HP selanjutnya, yaitu membuka paid promote di sosial media. Sosial media saat ini merupakan platform yang paling berpengaruh. Bukan tanpa alasan, berdasarkan laporan We Are Social, ada 191 juta orang pengguna aktif media sosial di Indonesia pada Januari 2022.

Melihat hal ini, maka tidak sedikit brand-brand besar melakukan promosi lewat sosial media. Salah satunya dengan menawarkan kerja sama paid promote ke pengguna sosial media yang memiliki banyak pengikut atau istilah umumnya yaitu influencer.

Kunci untuk bisa mendapat paid promote ialah akun sosial media harus memiliki postingan menarik, jumlah pengikut yang banyak, dan insight yang tinggi.

Jika Anda memiliki poin-poin tersebut, Anda bisa langsung menawarkan akun Anda untuk bersedia open paid promote. Caranya seperti melalui bio, mengajukan diri langsung, bergabung ke grup, dan lain sebagainya.

Bayaran paid promote untuk setiap akun tentu berbeda, dan ini mengacu pada kesepakatan. Misalnya tergantung pada jumlah followers, jumlah insight, jumlah rata-rata like pada setiap postingan, dan lain sebagainya.

Namun rata-rata buka harga untuk Instagram yang masih memiliki followers ribuan yaitu Rp25-100 ribuan. Cari uang lewat HP ini cukup mudah dilakukan, bukan?

4. Bekerja Lewat Aplikasi Freelance

Estimasi pendapatan: Rp50 ribu-Rp3 juta per hari

Cara mendapatkan uang lewat Android lainnya yaitu bekerja lewat aplikasi freelance. Saat ini, untuk menjadi freelancer sangat mudah lho berkat adanya platform-platform freelance, seperti FiverrUpworkToptal, dan Fastwork.

Di beberapa platform ini Anda bisa menawarkan keahlian Anda. Apapun itu, seperti desain, menulis artikel, editing foto, editing video, dan lain sebagainya. Cara menghasilkan uang dari HP lewat berjualan jasa di aplikasi tersebut bisa dibilang tanpa memerlukan modal apapun.

Anda hanya perlu meng-install aplikasinya, daftar akun, menginput jenis keahlian yang Anda miliki, dan menunggu verifikasi. Setelah verifikasi berhasil, maka penawaran kerja freelance Anda akan muncul di beranda dan pencarian. Anda tinggal menunggu orderan datang, lakukan kesepakatan, dan Anda akan menerima uang.

Penghasilan freelance bergantung pada orderan yang datang. Namun jika setiap hari orderan proyek Anda terima, Anda bisa mendapatkan belasan hingga puluhan juta rupiah dari proyek-proyek tersebut.

5. Jadi Kontributor Foto dan Video

Estimasi pendapatan: Rp50-500 ribu per bulan

Cara menghasilkan uang dari hp untuk pelajar? Mungkin Anda bisa mencoba jadi kontributor karya. Sayang sekali rasanya jika kumpulan foto dan video aesthetic di galeri HP Anda cuma dijadikan pajangan saja, bukan? Jangan salah, Anda bisa mendapatkan uang dari menjual foto dan video tersebut, lho!

Lantas bagaimana caranya? Nah, Anda bisa mengunjungi platform kontributor foto dan video. Anda akan diwajibkan untuk membuat akun. Setelah itu, Anda bisa mulai mengunggah foto dan footage milik Anda serta mengisi data yang diperlukan.

Jika nantinya foto atau video Anda accept oleh pihak manajemen platform, tandanya karya Anda sudah berhasil masuk ke beranda mereka. Jika suatu waktu ada pengguna yang mengunduh karya Anda, maka Anda akan mendapatkan copyright fee dari platform tersebut.

Penghasilan dihitung berdasarkan jumlah unduhan. Tiap unduhan juga berbeda tergantung pada kualitas karya Anda. Ada kontributor yang menghasilkan $1000-an per bulan, ada juga yang sama sekali tidak dapat untung karena karya mereka belum diunduh.

Mau mencoba cara mendapatkan uang tanpa modal lewat HP ini?

Jangan khawatir, bagi Anda yang ingin menjadi kontributor tapi bingung lewat platform apa, Anda bisa mengunjungi situs Shutterstock, Twenty20, iStockPhoto, Canva, dan Freepik. Selain itu bagi Anda yang hobi merekam dan banyak memiliki footage hasil karya sendirimaka Anda bisa menjualnya di situs VideoHive, Pond5, VideoBlocks, dan Dissolve.

7. Membaca Artikel

Estimasi pendapatan: Rp5-10 ribu per hari

Untuk Anda yang senang membaca, Anda dapat memanfaatkan hobi membaca Anda ini untuk menambah uang jajan hanya dengan bermodalkan HP saja.

Bagaimana caranya? Anda bisa menjalankan misi tertentu yang tersedia di dalam aplikasi. Adapun beberapa aplikasi pendukung yang bisa Anda coba, yaitu BacaPlusCashZineNewsPie, dan lain sebagainya.

Untuk mendapatkan dari HP ini, Anda bisa install aplikasinya, dan buat akun. Setelah itu Anda akan diberi tugas membaca beberapa artikel. Tidak jarang juga ada misi yang mengharuskan untuk mengunduh aplikasi tertentu.

Besaran poin artikel tentu berbeda-beda. Bagaimana, menarik bukan? Selain mendapatkan informasi dan wawasan, sekarang membaca artikel juga bisa menghasilkan uang. Silakan Anda coba cara mendapatkan uang tanpa modal lewat HP ini.

8. Menjual Barang Preloved / Thrif

Estimasi pendapatan: Rp400 ribu-Rp1 jutaan per bulan

Punya baju, jaket, atau sepatu bekas yang masih layak pakai? Jual saja secara online.

Anda bisa menjualnya di beberapa platform seperti website Prelo, Carousell, OLX, Jualo, dan sosial media seperti Instagram, Facebook, dan Twitter.

Namun, lebih bagusnya lagi jika Anda membuat website toko online sendiri. Soalnya, Anda bisa jual dengan harga yang Anda tentukan sendiri. Selain itu, Anda bisa mempromosikan website Anda sendiri dengan SEM atau SEO agar website Anda bisa bertengger di peringkat teatas laman Google pencarian.

Jangan lupa, Anda buat foto dan narasi yang menarik agar orang lebih melirik dan yakin bahwa barang Anda akan worth it dibeli meski bukan barang baru.

Share:

Facebook
Twitter
WhatsApp

Leave a Comment

Ilmu Bermanfaat

Lainnya

Apa Perbedaan Entrepreneur dan Intrapreneur?

Apa Itu Intrapreneur? Intrapreneur adalah pelaku utama dari kegiatan intrapreneurship, yaitu karyawan perusahaan dengan jiwa wirausaha. Seorang intrapreneur memiliki potensi untuk mengembangkan perusahaan seolah itu adalah

Mailketing by Regrow

PT. Digital Bertuah Nusantara
Jl. Mangga No. 94B
Pekanbaru - Riau
Indonesia

© 2022 mailketing.co.id All rights reserved. ‍

Dapatkan Materi Email Marketing Gratis !