Nah, kita bahas tentang beberapa keluhan rekan-rekan
tentang email masuk promotion tab.
Gimana sih rutin biar primary dengan tepat.
—
Kita ga bahas inboxing ya,
pada gmail : primary ( utama ), update, promotion dan lainnya itu adalah inboxing.
Di materi-materi sebelumnya sudah saya bahas
mulai dari whitelabel sender hingga pengaturan link biar inboxing.
Kalo belum, subscribe >> Belajar Email Marketing A sampai Z
—
Yang kita bahas tentang masuk promotion.
Bahkan sebetulnya tidak masalah apabila masuk promotion tab,
karena materi promosi, ya harus di promosi tab.
—
Tab Utama ( primary ) pada gmail, memang dikhususkan untuk pesan-pesan penting saja.
Pastinya kalo sering masuk primary, bahaya juga,
orang keganggu, dan kena report spam atau tinggi unsubscribe.
Tergantung dari kualitas konten dan ikatan dengan subscriber.
—
2 Hal Penyebab Umum masuk ke promotion tab
1. Engagement rate rendah
Engagement pada email itu ada 3 juga yaitu open, click dan reply
Sementara yang paling bagus itu dari reply, click dan open.
Untuk Cara meningkatkan open rate, bisa dari subject untuk segi kontennya
Untuk segi teknisnya adalah clean list
ya bisa cek fitur >> Auto Clean List Mailketing
Dimana membersihkan data dari orang-orang yang ga buka email anda, itu penting.
Karena bisa jadi email tidak dibuka karena anda sudah di report spam sebelumnya.
Semua email jadi masuk spam ke si dia
ataupun email sudah tidak dipakai lagi.
—
Kemudian konten yang memancing interaksi,
agar tidak terjadi komunikasi satu arah saja.
Dengan konten yang berujung dengan pertanyaan,
ataupun ajakan untuk reply email itu sangat baik.
—
Sehingga kalo mereka reply,
email kita selanjutnya biasanya jadi email penting.
Kecuali anda memang sengaja ngirim pesan satu arah terus menerus,
jangan mewek kalo masuk promotion tab.
—
2. Size Konten Gambar lebih Gede dari Size text
Dengan gambar, pastinya konten jadi lebih menarik,
Walaupun kadang, dengan text lebih jadi lebih menconversi. 😀
Ada beberapa orang yang full gambar isi emailnya
Ada yang lebih gede gambar, dari text emailnya
—
Ini umumnya dibaca sebagai pesan-pesan promosi oleh si gmail.
Usahakan membuat text yang lumayan panjang juga.
Karena juga menambah durasi orang membaca email.
Ketika mereka lihat hanya gambar, dibandingkan membaca text, lebih lamaan buka yang mana ?
—
Faktor Lain
Faktor lain tetap ada, seperti reputasi sender,
di email materi A – Z sudah dijelaskan, gunakan whitelabel sender.
Kemudian faktor reputasi smtp relay,
ada reputasi email server yang kebaca relay untuk marketing doank.
Biasanya lebih ke arah promotion tab.
Tapi karena saya pede bahwa anda pake Mailketing
Itu gak saya bahas. karena mailketing udah handle itu. 😀
—
Apabila ada pertanyaan, silahkan tinggal komentar 👇