Paid Promote dan Endorse, Apa Bedanya?

Tahukah Anda jenis promosi ini juga dilakukan melalui Instagram, tetapi memiliki perbedaan dengan endorsement. Jika Anda ingin menggunakan paid promote untuk meningkatkan penjualan produk atau layanan, Anda perlu menyiapkan konten sehingga influencer, selebgram, atau orang yang bekerja sama dengan Anda dapat mengunggahnya di akun mereka.

Orang yang diajak kerja sama tidak harus orang yang populer, bisa juga pengguna Instagram biasa, tetapi dengan jumlah followers dan engagement yang tinggi. Konten yang Anda buat bisa berupa foto atau video, tergantung kebutuhan. Nantinya, pihak yang bekerjasama untuk mempromosikan produk atau layanan akan mengikuti arahan yang Anda berikan.

Sementara itu, Anda tak perlu membuat konten jika memilih endorsement untuk mempromosikan produk atau layananmu. Anda hanya perlu memberikan briefing tentang produk atau layanan yang akan dipromosikan. Nantinya, merekalah yang bertanggungjawab untuk membuat dan mengunggah konten promosi sesuai dengan arahan Anda.

Selain menjelasakan deskripsi produk atau layanannya, mereka juga biasanya akan menjabarkan keunggulan yang ditawarkan dari merek Anda. Bahkan, mereka juga tak ragu untuk membagikan pengalaman saat menggunakan produk atau layanan milikmu. Jadi, audiens lebih percaya dan yakin untuk melakukan pembelian.

Sama seperti paid promote, promosi brand dengan endorsement juga biasanya dilakukan oleh selebgram, influencer, atau orang-orang yang berpengaruh di media sosial. Apapun jenis promosi media sosial yang akan Anda pilih, pastikan untuk selalu menyiapkan budget yang cukup dan sesuai kebutuhan.

Pilih influencer yang memang sesuai dengan brand kamu sehingga paid promote atau endorsement yang dilakukan memiliki hasil yang maksimal. Baik dalam hal brand awareness maupun penjualan.

Manfaat Paid Promote Bagi Bisnis

Apa saja manfaat paid promote yang bisa kamu dapatkan untuk keperluan bisnis? Simak selengkapnya.

1. Brand Awareness

Salah satu manfaat melakukan paid promote bagi bisnis adalah dapat meningkatkan brand awareness. Dengan meminta bantuan pihak ketiga untuk promosi, produk atau layanan yang Anda tawarkan pun akan lebih banyak dijangkau pengguna media sosial.

Oleh karena itu, para pengguna yang belum pernah mengetahui brand Anda sebelumnya pun menjadi tahu dan mengenalinya melalui konten paid promote tersebut. Semakin banyak pengakuan yang brand Anda dapatkan, maka hal tersebut juga bisa meningkatkan kredibilitas bisnis Anda.

2. Audiens Tertarget

Manfaat paid promote adalah Anda bisa menyampaikan pesan lebih efektif pada audiens yang lebih bertarget. Karena saat memilih influencer atau selebgram, pasti Anda sudah mengetahui jenis audiens seperti apa yang menjadi followers mereka.

Dengan target audiens yang tepat, Anda pun dapat menciptakan hubungan pelanggan menjadi lebih baik dan kuat. Hubungan tersebut bisa tercipta dari keterlibatan langsung dengan audiens, seperti menjawab pertanyaan dan mengatasi masalah apa pun yang mereka miliki.

3. Meningkatkan Engagement

Dengan paid promote, akun Instagram bisnis Anda bisa memiliki engagement yang lebih besar. Hal ini karena bantuan dari influencer atau selebgram memiliki pengaruh positif pada interaksi media sosialmu, seperti likes, comment, share, save, dan repost.

Pengaruh paid promote yang sukses juga bisa menambah jumlah followers Anda sehingga berpotensi meningkatkan penjualan. Jumlah followers yang besar juga bisa meningkatkan kredibilitas bisnis karena audiens menilai bahwa brand kamu telah dipercaya oleh banyak orang.

4. Media Promosi Efektif

Media sosial merupakan jenis promosi bisnis yang efektif. Oleh karena itu, paid promote bisa menjadi pilihan cara untuk memasarkan produk atau layanan Anda. Terlebih di era digital seperti saat ini, media sosial telah menjadi kebutuhan manusia untuk berkomunikasi.

Ada jutaan orang dari seluruh dunia yang mengakses media sosial. Instagram pun dinilai sebagai media sosial yang paling sering digunakan oleh masyarakat Indonesia. Instagram menempati posisi ketiga setelah YouTube dan WhatsApp. Jadi, memanfaatkannya sebagai media iklan memiliki peluang keberhasilan yang besar bagi bisnis Anda.

5. Menghemat Pengeluaran Iklan

Melalukan promosi di media sosial dinilai jauh lebih terjangkau dibanding jenis iklan lainnya. Hal ini tentu saja menguntungkan bagi bisnis karena bisa menghemat pengeluaran untuk iklan. Bagi bisnis kecil atau pemula, beriklan melalui media sosial merupakan salah satu solusi promosi yang tepat.

Share:

Facebook
Twitter
WhatsApp

Leave a Comment

Ilmu Bermanfaat

Lainnya

Cara Menjalankan Bisnis Dengan Otomatis

Email automation merupakan sebuah cara mengirim email secara otomatis. Sehingga Anda tak perlu lagi melakukan pengiriman satu per satu secara manual. Dengan email automation, dapat

Teknik Meningkatkan Penjualan Online

Sebagiaman kita tahu, cara berjualan offline dengan cara online sudah pasti berbeda. Anda yang sudah membuka toko online namun tidak kunjung menghasilkan konversi dan mendapat

Tips Cara Bisnis Jual Beli Nama Domain

Boleh dibilang, potensi bisnis jual beli domain cukup cerah. Mengingat, pertumbuhan jumlah website setiap tahunnya cenderung naik. Yang artinya, kebutuhan akan domain pasti selalu ada.

Mailketing by Regrow

PT. Digital Bertuah Nusantara
Jl. Mangga No. 94B
Pekanbaru - Riau
Indonesia

© 2022 mailketing.co.id All rights reserved. ‍

Dapatkan Materi Email Marketing Gratis !