Apa itu Influencer?

Influencer adalah orang yang memiliki kemampuan untuk memengaruhi perilaku orang lain (persuasif). Seorang influencer biasanya memiliki pengetahuan, otoritas, atau wawasan khusus tentang subjek tertentu.

Di zaman yang serba digital seperti saat ini, influencer menjadi profesi yang menarik dan sangat menguntungkan bagi para pebisnis. Pasalnya, pemasaran yang dilakukan oleh influencer sedang menjadi tren. Influencer juga menjadi strategi bisnis untuk promosi yang menjanjikan bagi suatu produk atau jasa.

Menurut Nielsen, pelanggan mempercayai ‘media yang diperoleh’, seperti ulasan dan rekomendasi, lebih dari jenis pemasaran lainnya. Di sinilah pemasaran influencer dapat berperan dalam memenuhi kebutuhan akan kepercayaan dan rekomendasi yang ingin dilihat konsumen.

Karena orang sudah mengikuti influencer dan menganggap mereka sebagai pemimpin industri, rekomendasi yang mereka buat tentang merek menjadi sangat penting. Selain itu, kehadiran influencer juga berguna bagi merek yang ingin menumbuhkan kredibilitas di kalangan masyarakat.

Sebuah laporan yang dikutip dari SproutSocial pun menunjukkan bahwa, sebesar 85% pemasar terlibat dalam pemasaran influencer pada tahun 2017 dan sebanyak 92% mengatakan kampanye yang dijalankan bisnis mereka efektif.

Jenis-jenis Influencer

Semakin maraknya media sosial telah membuat jenis influencer lain lebih populer. Saat ini, influencer dapat dibagi ke dalam beberapa kategori, antara lain:

  • Selebriti, yang terdiri dari artis, atlet, dan bintang budaya pop.
  • Pakar industri.
  • Mikro-influencer, yakni individu dengan dampak yang cukup besar pada media sosial.
  • Blogger dan pembuat konten digital lainnya.

Influencer Berdasarkan Platform

Secara umum, arti influencer dapat didefinisikan oleh saluran sosial dengan cara berikut:

Influencer Instagram

Saluran ini juga menjadi lebih populer dan serbaguna untuk mengunggah konten video dengan diluncurkannya Instagram Stories dan IGTV. Influencer yang berfokus pada bidang lifestyle, kebugaran, kecantikan, dan travel karena dapat menyajikan inspirasi visual menarik dan tips yang efektif.

Influencer YouTube

Dikenal juga dengan sebutan YouTubers, biasanya influencer jenis ini berfokus pada pembuatan konten video berdurasi panjang. Berbeda dengan Instagram, YouTube memiliki fungsi yang lebih mirip dengan industri hiburan. Platform ini dapat berfungsi dengan baik untuk alur cerita naratif, lelucon, panduan cara, video unboxing, vlogging pribadi, dan konten bergaya televisi.

Blog Influencer

Blog Influencer atau yang disebut juga dengan blogger umumnya menghasilkan konten tertulis dan visual dengan bentuk panjang dalam format naratif. Blogger yang paling banyak dikenal yaitu blogger kuliner, pakar gaya hidup, ahli mode, dan moms blogger.

Influencer Facebook

Meski Facebook kurang populer di kalangan influencer, platform ini juga dapat digunakan untuk membuat konten tertulis, fotografi, dan video dengan optimal karena fitur-fitur yang ada di dalamnya. Biasanya, influencer yang populer di Facebook berfokus pada industri gaya hidup, komedi, dan game.

Snapchat Influencer

Meski hampir pudar popularitasnya, Snapchat masih banyak digunakan oleh kaum muda. Kategori yang paling diminati dalam platform ini ialah musik, seni, komedi, dan kecantikan.

Manfaat Influencer dalam Bisnis

Influencer merupakan sosok yang berharga dalam bisnis karena mereka menawarkan akses instan ke kredibilitas yang dibutuhkan oleh perusahaan yang sedang berkembang. Ini karena sebesar 70% dari generasi millennial mengaku bahwa mereka mendapatkan banyak pengaruh dari influencer.

Influencer menyediakan titik koneksi antara perusahaan dan target pasar mereka. Jadi, akan sangat menguntungkan jika kamu menjalin kerja sama dengan influencer.

Share:

Facebook
Twitter
WhatsApp

Leave a Comment

Ilmu Bermanfaat

Lainnya

Apa Perbedaan Entrepreneur dan Intrapreneur?

Apa Itu Intrapreneur? Intrapreneur adalah pelaku utama dari kegiatan intrapreneurship, yaitu karyawan perusahaan dengan jiwa wirausaha. Seorang intrapreneur memiliki potensi untuk mengembangkan perusahaan seolah itu adalah

Mailketing by Regrow

PT. Digital Bertuah Nusantara
Jl. Mangga No. 94B
Pekanbaru - Riau
Indonesia

© 2022 mailketing.co.id All rights reserved. ‍

Dapatkan Materi Email Marketing Gratis !