Pentingnya Membuat Laporan Keuangan

Ternyata, ada banyak manfaat laporan keuangan yang akan Anda dapatkan, terutama untuk perihal bisnis. Sebuah laporan yang tidak rapi akan menimbulkan beberapa masalah, misalnya kebocoran aset yang sangat merugikan.

Karena itu, pembukuan atau laporan tersebut merupakan salah satu acuan untuk mengetahui seberapa besar perkembangan usaha tersebut. Tanpa laporan keuangan yang baik, Anda tidak dapat mengontrol uang yang keluar dan masuk.

Alhasil, rata-rata pengeluaran dan pemasukan keuangan akan sulit untuk di ketahui secara rinci dan pasti. Namun, hal ini dapat di atasi apabila pemegang kendali keuangan menggunakan laporan keuangan. Lantas, apa saja manfaat laporan keuangan lainnya?

1. Laba Rugi

Manfaat laporan keuangan yang pertama adalah menilai kinerja perusahaan dengan menunjukkan keuntungan dan kerugian yang didapat perusahaan atau sebuah bisnis. Umumnya ini dikeluarkan pada periode tertentu dengan perhitungan sederhana yaitu jumlah pendapatan dikurang dengan beban biaya. Laporan laba rugi juga merupakan dasar untuk mengevaluasi kinerja perusahaan di bulan atau periode sebelumnya.

Sehingga perusahaan dapat meningkatkan pendapatan dan meminimalkan risiko kerugian yang akan dialami. Pada laporan laba rugi, kamu dapat melihat risiko yang bisa saja terjadi ke depannya. Selain itu, laporan laba rugi juga bisa menjadi tolak ukur perusahaan atau bisnis untuk bekerja lebih baik sehingga perusahaan dapat berkembang.

2. Evaluasi

Setelah tahu laba dan rugi perusahaan, manfaat laporan keuangan berikutnya adalah sebagai dasar evaluasi. Anda bisa mengetahui apakah sebuah usaha telah mendapatkan keuntungan sesuai target yang ditentukan atau malah merugi lewat pembukuan.

Besarnya laba dan kerugian yang mungkin dialami oleh sebuah perusahaan dapat secara jelas dan gamblang dilihat dari pembukuan keuangan. Saat laporan dan pembukuan keuangan kurang baik, maka perusahaan bisa sesegera mungkin melakukan evaluasi terkait kebijakan usaha. Dengan begitu perusahaan bisa menghindari kerugian lebih besar lagi. Begitu juga sebaliknya ketika pembukuan bagus kebijakan bisa diteruskan.

3. Inovasi

Usaha yang semakin ketat bisa menuntut Anda untuk terus melakukan perubahan agar tidak kalah saing dengan pebisnis lainnya. Salah satu cara untuk bertahan adalah melakukan inovasi di dalam usaha. Manfaat laporan keuangan yang lengkap dan detail sangat membantu untuk mempelajari bagian mana yang perlu dilakukan perubahan. Bahkan, ketika misalnya target penjualan sudah terlampaui, itu bukanlah jaminan hal yang sama akan terjadi tahun depan.

Agar target penjualan dan keuntungan bisa tetap dicapai sebaiknya lakukan inovasi dalam usaha. Dari apa yang tertulis di dalam pembukuan, kamu bisa melihat mana yang akan berpeluang lebih bagus jika dikembangkan.

4. Bentuk Tanggung Jawab

Pada dasarnya, membuat laporan keuangan juga sebagai bentuk pertanggungjawaban atas seluruh transaksi keuangan yang dilakukan. Mengingat sebagai pelaku bisnis, dalam membuat laporan keuangan ini sudah menjadi tanggung jawab Anda, di mana hal tersebut terkait dengan cara dan untuk apa dana tersebut digunakan.

5. Memperkecil Anggaran Utang

Keuangan yang terencana akan membuat seseorang bisa menyiapkan anggaran untuk masa depan perusahaan sekarang dan yang akan datang. Jadi, saat ada kebutuhan mendesak, Anda sudah punya tabungan yang siap di pakai sehingga mengurangi risiko panik hingga utang.

Tentunya dengan tidak memiliki utang akan menjadikan keuangan semakin tertata dengan baik dan pikiran menjadi tenang.

Share:

Facebook
Twitter
WhatsApp

Leave a Comment

Ilmu Bermanfaat

Lainnya

Apa Perbedaan Entrepreneur dan Intrapreneur?

Apa Itu Intrapreneur? Intrapreneur adalah pelaku utama dari kegiatan intrapreneurship, yaitu karyawan perusahaan dengan jiwa wirausaha. Seorang intrapreneur memiliki potensi untuk mengembangkan perusahaan seolah itu adalah

Mailketing by Regrow

PT. Digital Bertuah Nusantara
Jl. Mangga No. 94B
Pekanbaru - Riau
Indonesia

© 2022 mailketing.co.id All rights reserved. ‍