Cara Mengatur Keuangan Bisnis untuk Pemula

Banyak para pelaku usaha pemula harus gulung tikar karena tidak bisa mengatur keuangan bisnis. Padahal jualan tak pernah sepi, orderan selalu ada, tapi profit bisnis tak kunjung juga terkumpul.

Salah satu aspek penting yang bisa menentukan maju atau tidaknya sebuah bisnis adalah bagaimana tata cara mengatur keuangan usaha. Sayangnya, bagian ini sering disepelekan oleh para pengusaha pemula. Dengan alasan bahwa bisnis yang dijalankan merupakan usaha sampingan, dan orderannya pun masih sangat sedikit.

Apapun jenis bisnis yang dijalankan, baik itu skala rumahan, kecil dan menengah, bukan berarti tidak memerlukan pengelolaan keuangan. Ketika Anda bisa mengatur keuangan, bisnis yang dijalankan pun akan maju.

Cara Mengatur Keuangan Bisnis

Dalam bisnis, ada yang namanya kebocoran keuagan yaitu kasus dimana uang habis tak menentu, tanpa disadari. Jika Anda membiarkannya begitu saja, tanpa mencari solusi terbaik. Bukan hal yang tidak mungkin jika bisnis yang dijalankan akan mengalami kebangkrutan. Salah satu cara mencegahnya adalah dengan mengatahui apa saja penyebab yang dapat membuat keuangan bisnis Anda bocor.

Kebocoran Pengeluaran dalam Bisnis

Kebocoran ini bisa terjadi karena banyak pengeluaran yang tidak direncanakan. Seperti halnya kesalahan-kesalahan berikut yang masih banyak dilakukan oleh pengusaha pemula:

  • Penggunaan waktu dan beban kerja yang tidak efektif
  • Pemborosan dalam proses operasional dan produksi
  • Tidak memandang stok barang sebagai uang
  • Menempatkan orang dengan jobsdes yang salah
  • Tidak memisahkan antara keuangan pribadi dan keuangan bisnis, dsb

Untuk itu teliti kembali, apa saja pengeluarannya. Lalu amati dan pelajari setiap pengeluaran, dimana saja yang berpeluang terjadi kebocoran. Semoga dengan tips diatas bisa membantu bisnis Anda menjadi lebih sukses dan maju karena bisa mengatur keuangan dengan baik.

Share:

Facebook
Twitter
WhatsApp

Leave a Comment

Ilmu Bermanfaat

Lainnya

Apa Perbedaan Entrepreneur dan Intrapreneur?

Apa Itu Intrapreneur? Intrapreneur adalah pelaku utama dari kegiatan intrapreneurship, yaitu karyawan perusahaan dengan jiwa wirausaha. Seorang intrapreneur memiliki potensi untuk mengembangkan perusahaan seolah itu adalah

Mailketing by Regrow

PT. Digital Bertuah Nusantara
Jl. Mangga No. 94B
Pekanbaru - Riau
Indonesia

© 2022 mailketing.co.id All rights reserved. ‍

Dapatkan Materi Email Marketing Gratis !