Apa Itu CRM?

Apa itu CRM? Jika dijabarkan, CRM merupakan singkatan dari customer relationship management atau manajemen hubungan dengan pelanggan. CRM berfungsi untuk meningkatkan pengalaman pelanggan secara keseluruhan. Dengan CRM, perusahaan membangun pengalaman positif dengan pelanggan agar mereka datang kembali.

Hal ini agar perusahaan dapat meciptakan basis pelanggan, sekaligus melakukan retensi pelanggan. Praktik mempertahankan hubungan dengan pelanggan merupakan dasar dari CRM. Namun, seiring berjalannya waktu, istilah CRM lebih digunakan untuk merujuk pada software atau sistem teknologi yang terkomputerisasi.

Software CRM

Setelah tahu apa itu CRM, terutama terkait fungsi dasarnya, kini Anda perlu tahu tentang CRM sebagai sebuah software atau perangkat lunak. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, CRM mengalami pergeseran makna.

Kini CRM lebih dikenal sebagai kategori produk software yang digunakan untuk manajemen hubungan dengan pelanggan. Tentunya, software CRM dapat membantu manajemen hubungan dengan pelanggan jadi lebih efektif dan efisien.

Hal terpenting dari CRM yaitu pelanggan. Perangkat CRM dapat membantumu memahami pelanggan dengan lebih baik dan menggunakan informasi mengenai pelanggan untuk memberikan customer experience (CX) yang terbaik.

Kategori produk CRM pun tumbuh dari kebutuhan untuk mengatasi tantangan tersebut. Hal ini menjadikan produk CRM sebagai layanan B2B (business to business).

Keunggulan Sistem CRM Untuk Bisnis

Apa itu CRM sudah terpaparkan dengan baik, mulai dari konsep dasarnya hingga pergeseran maknanya menjadi kategori produk digital. Namun, intinya sama yakni membantu perusahaan memanajemen hubungan dengan pelanggan.

Sistem CRM juga memiliki sejumlah kategori. Namun bagaimana dengan manfaat sistem CRM itu sendiri? Berikut ini daftarnya.

1. Meningkatkan Pelayanan

Sistem CRM mengelola semua data pelanggan. Dengan memahami informasi pelanggan, pelanggan tidak perlu mengulang cerita mereka kepada perusahaanmu. Tim kamu pun dapat melayani mereka secara maksimal.

2. Meningkatkan Penjualan

CRM dapat menyederhanakan dan meningkatkan proses penjualan, membangun jalur penjualan, mengotomatiskan tugas tim sales, dan menganalisis data penjualan perusahaanmu. Semua ini tentunya mengarah pada peningkatan penjualan.

3. Meretensi Pelanggan Lebih Banyak

Tingkat retensi pelanggan merupakan faktor penentu kesuksesan perusahaan. Sejumlah alat dalam CRM, seperti analisis sentimen, dukungan pelanggan, hingga otomatisasi layanan pelanggan dapat meningkatkan retensi pelanggan.

4. Analisis yang Lebih Baik

Sistem CRM analiitik membuat data pelanggan yang kamu miliki dapat dipahami dengan mudah dan bisa digunakan untuk melakukan evaluasi serta perbaikan. Manfaatnya, kamu dapat melakukan akuisisi pelanggan, retensi pelanggan, dan manajemen data dengan lebih baik.

5. Efisiensi Tinggi

Semua fungsi bisnis sehari-hari berjalan di satu tempat dengan menggunakan sistem CRM. Hal ini membuat alur kerja jadi lebih baik, kolaborasi antardivisi lebih mudah, dan manajemen proyek jadi lebih baik.

Apalagi dengan fungsi otomatisasi yang menghemat waktu dan tenaga, pegawaimu bisa fokus pada hal yang lebih penting dalam menjalankan pekerjaannya.

6. Transfer Informasi

Sistem CRM meminimalkan terjadinya miskomunikasi antardivisi ataupun antartim. Selain itu, sistem CRM kolaboratif dapat merampingkan kerja tim dan mentransfer informasi mengenai pelanggan ke tim lain dengan lebih baik.

7. Transparan

Sistem CRM memungkinkanmu untuk mendorong tranparansi dalam perusahaanmu. Semua orang di perusahaanmu dapat memantau proses bisnis dan mendorong kolaborasi dan pengertian satu sama lain.

Share:

Facebook
Twitter
WhatsApp

Leave a Comment

Ilmu Bermanfaat

Lainnya

Apa Perbedaan Entrepreneur dan Intrapreneur?

Apa Itu Intrapreneur? Intrapreneur adalah pelaku utama dari kegiatan intrapreneurship, yaitu karyawan perusahaan dengan jiwa wirausaha. Seorang intrapreneur memiliki potensi untuk mengembangkan perusahaan seolah itu adalah

Mailketing by Regrow

PT. Digital Bertuah Nusantara
Jl. Mangga No. 94B
Pekanbaru - Riau
Indonesia

© 2022 mailketing.co.id All rights reserved. ‍

Dapatkan Materi Email Marketing Gratis !