Bisnis Tanpa Modal? Ini dia 5 Ide yang Bisa Anda Coba!

Mengajukan modal pinjaman ke bank atau lembaga keuangan lain juga biasanya perlu agunan dan persyaratannya tidak mudah. Apa Anda juga mengalami hal yang sama?

Namun, masih ada banyak kesempatan untuk memulai bisnis dengan modal sedikit atau bahkan bisnis tanpa modal sama sekali.

IDE BISNIS TANPA MODAL

Coba pertimbangkan beberapa ide di bawah ini sebagai inspirasi untuk memulai bisnis Anda sendiri tanpa memusingkan modal.

1. Membuat Produk Sendiri

Gunakan skill dan pengetahuan yang sudah Anda miliki untuk memulai bisnis tanpa modal sekarang juga. Banyak bisnis yang diawali dari hobi atau keterampilan sederhana dan menjadi sukses karena dijalankan dengan penuh passion.

Pikirkan apa yang bisa Anda buat atau lakukan untuk orang lain dengan bayaran tertentu, misalnya: Punya hobi merajut? Mulailah dengan membuat beberapa tas rajut dengan design yang sedang trend saat ini. Mahir merangkai bunga atau parsel? Anda bisa mulai dengan menawarkan jasa membuat rangkaian bunga atau hampers untuk hadiah ulang tahun, ataupun wisuda.

2. Menjual Produk Orang Lain

Apa Anda merasa kurang kreatif atau tidak mau repot membuat sesuatu? Jika iya, sudah banyak contoh bisnis besar yang dimulai dengan menjual produk yang dibuat oleh pihak lain. Coba pilih mana yang paling sesuai untuk Anda sebelum menjalani bisnis tanpa modal:

Dropship

Dengan cara ini, Anda bisa mulai berjualan berbagai jenis barang tanpa modal sedikit pun. Pada intinya, Anda akan bekerjasama dengan produsen atau supplier untuk menjual barang mereka dengan harga khusus. Yang harus Anda lakukan hanya mencari pembeli serta mengirimkan data pembeli dan melakukan pembayaran pada supplier.

Reseller

Selain dropship, Anda juga bisa mencoba untuk menjadi reseller jika ingin membuka usaha tanpa modal. Jadi, Anda hanya perlu menjual kembali produk dari toko lain (supplier) tanpa harus mengeluarkan uang untuk membeli produk tersebut. Anda pun terhindar dari risiko kerugian jika produk tak terjual.

Menjual produk dengan niche spesifik

Tertarik dengan segala hal berbau vintage? Coba cari berbagai barang atau baju vintage yang bisa dibeli dengan harga murah di toko antik, pasar loak, dan garage sale, lalu jual kembali dengan harga lebih tinggi.

3. Go Online

Sudah mendapat inspirasi untuk memulai bisnis tanpa modal tapi bingung cara promosi? Agar bisa cepat berkembang dan menjangkau lebih banyak calon customer potensial, manfaatkan berbagai platform online untuk melakukan promosi dan menjual produk.

Media Sosial

Anda bisa mulai dengan membuat akun khusus di Facebook, Instagram, atau keduanya. Sebagai awal, Anda bisa menampilkan beberapa foto berkualitas baik, lalu berikan caption menarik dan gunakan hashtag yang relevan dengan produk yang Anda tawarkan.

Marketplace

Cukup dengan membuat akun dan mengunggah foto serta deskripsi produk Anda sudah bisa mulai berjualan. Tapi harus diingat bahwa marketplace biasanya tidak mengakomodasi sistem pre-order.

Toko Online Gratis

Mempunyai toko online sendiri bisa meningkatkan kredibilitas bisnis Anda di mata customer. Penyedia jasa pembuatan website toko online murah biasanya menawarkan free trial.

4. Freelance

Bisnis tanpa modal berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan menjadi freelancer atau pekerja lepas. Di dunia yang serba digital saat ini, semakin banyak orang yang mencari penulis atau editor lepas. Anda yang memiliki skill menulis dan mengedit pun punya peluang yang besar untuk menghasilkan uang dari cara ini.

Anda bisa mencari peluang penghasilan dengan layanan jasa tersebut melalui berbagai situs freelance. Selain menulis atau mengedit, Anda juga bisa mencoba peruntungan menjadi penerjemah bahasa. Biasanya, banyak perusahaan yang membutuhkan penerjemah Bahasa Inggris, Bahasa Korea, atau Bahasa Mandarin.

Meski tanpa mengeluarkan biaya, Anda bisa memeroleh keuntungan sebanyak-banyaknya jika mencoba menjadi freelancer. Anda pun bisa menghandle lebih dari satu freelance sehingga lebih banyak uang yang diperoleh.

5. Blogging/Vlogging

Banyaknya tren yang bermunculan di media sosial bisa menjadi peluang yang bagus untuk Anda jika ingin menjalani bisnis tanpa modal. Misalnya, dengan menjadi blogger atau vlogger. Anda bisa membuat website sendiri untuk menulis berbagai konten kekinian. Jika jumlah pengunjung websitemu banyak, potensi untuk memasang iklan internet pun semakin besar.

Dengan demikian, website Anda bisa menghasilkan uang. Sementara itu, bagi Anda yang memiliki skill public speaking yang bagus dan percaya diri untuk tampil di depan kamera, bisa mencoba menjadi vlogger.

Pilihlah tema vlog yang sesuai dengan passion Anda. Misalnya, membagikan tips dan trik seputar pendidikan, kecantikan, memasak, fashion, dan lainnya. Semakin menarik video atau konten yang Anda sajikan, akan semakin banyak pula audiens yang menonton video Anda.

Share:

Facebook
Twitter
WhatsApp

Leave a Comment

Ilmu Bermanfaat

Lainnya

Cara Menjalankan Bisnis Dengan Otomatis

Email automation merupakan sebuah cara mengirim email secara otomatis. Sehingga Anda tak perlu lagi melakukan pengiriman satu per satu secara manual. Dengan email automation, dapat

Teknik Meningkatkan Penjualan Online

Sebagiaman kita tahu, cara berjualan offline dengan cara online sudah pasti berbeda. Anda yang sudah membuka toko online namun tidak kunjung menghasilkan konversi dan mendapat

Tips Cara Bisnis Jual Beli Nama Domain

Boleh dibilang, potensi bisnis jual beli domain cukup cerah. Mengingat, pertumbuhan jumlah website setiap tahunnya cenderung naik. Yang artinya, kebutuhan akan domain pasti selalu ada.

Mailketing by Regrow

PT. Digital Bertuah Nusantara
Jl. Mangga No. 94B
Pekanbaru - Riau
Indonesia

© 2022 mailketing.co.id All rights reserved. ‍

Dapatkan Materi Email Marketing Gratis !