Bagaimana Cara Membuat Akun Instagram Bisnis yang Menarik?

Apakah Anda sudah tahu tentang Instagram Business yang dapat membantu promosi bisnis online? Lalu, bagaimana cara buat akun Instagram Bisnis untuk membantu penjualan bisnis yang Anda miliki?

Tentunya, dengan menggunakan Instagram Bisnis, banyak fitur yang tidak Anda temukan pada akun personal. Anda hanya perlu tahu cara buat akun Instagram Bisnis untuk menikmati semua manfaatnya. Mulai dari branding hingga menjangkau audiens lebih luas.

Bahkan jika Anda sudah memiliki website, Instagram Bisnis bisa menjadi platform pendukung untuk meningkatkan traffic dan leads. Apalagi, Instagram melayani komunitas global yang terdiri dari 1 miliar orang lebih yang aktif setiap bulannya.

FITUR INSTAGRAM BISNIS

Sebelum mencari tahu bagaimana cara membuatnya, Anda terlebih dahulu bisa mengetahui apa saja fitur yang disediakan di Instagram Bisnis.

Berikut ini adalah fitur Instagram Business yang bisa memaksimalkan brand online yang Anda miliki.

1. Instagram Insights

Instagram Insights adalah tool analytics yang otomatis muncul setelah Anda beralih ke versi bisnis. Ia menyajikan data lengkap tentang performa akun Instagram Anda.

Di dalamnya Anda bisa melihat statistik jumlah followers, impresi foto yang diunggah, jumlah post, jangkauan postingan, hingga berapa jumlah klik tautan di bio. Selain itu, Anda pun dapat menyimak data demografi pengikutmu secara mendetail. Mulai dari gender, umur, lokasi, sampai engagement.

2. Tombol Kontak

Di profil bisnis, Anda bisa memasang informasi kontak dengan lebih menarik. Tidak perlu lagi repot-repot menuliskan banyak informasi di kolom bio, sebab kini Anda akan punya tombol kontak secara terpisah.

Informasi semacam rute alamat, telepon, serta e-mail dapat dibuat tombolnya masing-masing.

3. Shopping dan Checkout

Fitur ini juga dapat menarik atensi pengguna untuk berkunjung ke akun Instagram Bisnis milik Anda. Ini fitur yang baru saja ditambahkan dan belum tersedia untuk semua akun. Nantinya Anda bisa buka toko langsung di Instagram.

Anda bisa melakukan tagging langsung foto produk di feeds dan kemudian mengarahkan ke halaman Shopping. Fitur ini akan memudahkan audiens untuk lihat-beli-checkout. Selain itu, pengguna juga bisa langsung melakukan transaksi tanpa repot.

4. Instagram Ads

Karena Instagram bagian dari Facebook, maka aplikasi inipun juga turut mendapatkan fitur iklan yang juga dimiliki oleh perusahaan induknya, yaitu Instagram Ads. Dengan profil bisnis, Anda bisa mengatur, menjalankan, dan melacak kampanye iklan secara real-time.

Anda juga bisa mempromosikan postingan yang diunggah jika butuh untuk meingkatkan jangkauan audiens.

5. Quick Replies

Apakah akun Instagram Bisnis Anda mendapat banyak dapat DM yang isi pesannya mirip-mirip? Nah, coba gunakan fitur Quick Replies yang emat waktu dan tenaga. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengatur jawaban pesan berdasarkan daftar pertanyaan yang sering masuk.

Jawabannya dapat diatur sepersonal mungkin. Jadi, followers pun tetap merasa dijawab oleh manusia, bukan robot. Untuk membuat quick replies, Anda tinggal membuka profilmu. Klik tombol tiga garis di pojok kanan atas. Di situ akan terbuka side bar di mana Anda bisa mengakses settingan Instagram.

Lalu scroll ke bawah sampai menemukan Business Settings. Nah, maka akan tampak Quick Replies. Tinggal tambahkan jawaban otomatis berapa pun jumlahnya dengan menekan tombol +.

6. Branded Content Approval

Sebagai pemilik akun bisnis, Anda pun bisa membatasi siapa saja yang bisa tag akunmu terkait konten brand. Dengan begitu, Anda dapat mencegah pengguna lain salah tag atau sengaja tag agar seolah-olah mendapatkan endorsement.

Lokasi setting-nya sama dengan Quick Replies. Di bagian Business Setting nanti akan ada pilihan Branded Content. Di sana tersedia tombol “Require Approvals” di mana Anda bisa menyetujui tag secara manual. Ada juga “Approved Accounts” untuk memperbolehkan akun-akun tertentu memberikan tag otomatis.

7. Later

Ini juga termasuk fitur terbaru di mana Anda bisa menjadwalkan postingan otomatis layaknya Schedule. Tinggal atur semuanya, lalu pilih kapan tanggal dan jam tayang unggahan Anda. Tidak perlu lagi khawatir kalau lupa posting atau sedang berada di lokasi tertentu yang kebetulan tidak ada sinyal.

Untuk bisnis, tentu saja fitur ini akan sangat bermanfaat. Tak hanya membuat bisa langsung menjadwal postingan tanpa perlu melihat hp terus-terusan. Tapi Anda juga dapat menyesuaikannya dengan kapan waktu terbaik untuk mengunggah foto baru.

CARA BUAT AKUN INSTAGRAM BISNIS YANG MENARIK

Cara membuat Instagram bisnis mirip dengan membuat akun pribadi. Letak perbedaannya ada pada perubahan status akun bisnis di Settings dengan langkah sebagai berikut.

1. Login Akun Instagram yang Sudah Terdaftar

Langkah pertama cara membuat Instagram Bisnis adalah melakukan login pada aplikasi Instagram yang sudah Anda unduh melalui Play Store atau App Store.

2. Buka Halaman Settings

Kemudian, klik ikon 3 baris yang terdapat di pojok kanan atas profil, lalu pilih Settings. Setelah itu, klik Switch to Professional Account.

3. Tentukan Kategori Bisnis

Berikutnya Anda akan diminta untuk menentukan jenis profil yang akan digunakan. Karena ingin menggunakan Instagram untuk berbisnis, maka Anda bisa pilih profil Business. Sedangkan, jika Anda merupakan seorang content creator atau influencer, bisa juga menggunakan profil Creator.

Setelah itu, tentukan kategori bisnis yang Anda miliki. Anda bisa langsung mengetik keyword kategori yang pas di kolom Search. Jika sudah, klik Next.

4. Mengisi Data Kontak dan Lokasi Bisnis

Selanjutnya, Anda akan melihat halaman review kontak. Di sana, Anda hanya perlu mengisi beberapa data yang belum lengkap seperti nomor telepon dan lokasi bisnis. Jika sudah, klik Next.

5. Menghubungkan ke Facebook Page (Opsional)

Di tahap berikutnya, Anda bisa menghubungkan akun Instagram dengan Facebook Page. Tujuannya adalah untuk mengatomisasi postingan di halaman Facebook setiap kali Anda mengupdate konten di Instagram bisnis.

Namun, bila tidak memiliki Facebook Page, Anda tetap bisa skip pengaturan ini dengan mengklik Don’t connect to Facebook Now.

6. Melengkapi Data Profil

Langkah terakhir dari cara membuat Instagram Bisnis adalah mengisi data profil bisnis. Mulai dari nama, username, alamat website (jika ada), bio, dan menambahkan foto profil.

Jika selesai, klik Done pada bagian ujung kanan atas halaman.

Share:

Facebook
Twitter
WhatsApp

Leave a Comment

Ilmu Bermanfaat

Lainnya

Apa Perbedaan Entrepreneur dan Intrapreneur?

Apa Itu Intrapreneur? Intrapreneur adalah pelaku utama dari kegiatan intrapreneurship, yaitu karyawan perusahaan dengan jiwa wirausaha. Seorang intrapreneur memiliki potensi untuk mengembangkan perusahaan seolah itu adalah

Mailketing by Regrow

PT. Digital Bertuah Nusantara
Jl. Mangga No. 94B
Pekanbaru - Riau
Indonesia

© 2022 mailketing.co.id All rights reserved. ‍

Dapatkan Materi Email Marketing Gratis !