Bisnis Sambil Bekerja

Kini banyak karyawan yang memiliki bisnis sampingan. Karena pada zaman sekarang memiliki sebuah bisnis menjadi semakin mudah. Namun yang menjadi permasalahan, banyak karyawan yang juga ingin memiliki bisnis tetapi belum tahu bagaimana cara mengatur waktu yang baik.

Sebagaimana kita tahu menjadi seorang karyawan mulai bekerja dari pagi hingga sore apalagi jika ditambah memiliki bisnis tambahan tentu akan banyak menyita waktu. Namun jika banyak yang berhasil, mengapa Anda tidak mencobanya. Anda bisa memulai dengan bisnis kecil-kecilan yang modal dan mempunyai resikonya kecil. Lalu, bagaimana cara mengatur waktu agar bisa menjalankan bisnis sambil bekerja? Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan.

Buat Target Harian

Buat target harian untuk menyelesaikan setiap pekerjaan di kantor dan juga untuk bisnis yang sedang Anda rintis. Memiliki target yang jelas bisa membuat Anda mengerjakan pekerjaan yang jelas juga, sehingga ini adalah cara mengatur waktu yang terbilang cukup efektif.

Usahakan terus bisa mencapai target harian. Penuhi setiap target harian yang Anda buat agar ada progres yang terlihat. Jangan sampai terlalu fleksibel dengan target yang Anda buat dan justru nantinya malah tidak membuat kemajuan sedikitpun. Target juga harus ditentukan dengan kemampuan Anda, jangan asal menentukan target.

Buat Jadwal yang Teratur

Membuat jadwal yang teratur bisa membantu Anda lebih disiplin dalam mengerjakan pekerjaan. Meski berambisi untuk memiliki bisnis, jangan sampai abaikan pekerjaan kantor. Hal ini tentu tidak baik jika bisnis Anda justru mengganggu pekerjaan utama Anda.

Kuncinya Anda harus disiplin, percuma jika sudah membuat jadwal tetapi Anda masih bekerja sesuai mood tanpa menghiraukan jadwal. Ketika Anda memiliki jadwal, pekerjaan kantor dan pekerjaan yang berkaitan dengan bisnis bisa tidak tercampur.

Kerja Efektif dan Efisien

Usahakan untuk selalu bekerja efektif dan efisien. Cari cara untuk menyelesaikan pekerjaan dengan hasil maksimal tetapi dengan lebih cepat. Jika bisa cari tools-tools yang sekiranya bisa membantu pekerjaan Anda baik pekerjaan kantor atau untuk membantu menjalankan bisnis Anda.

Jika bisnis sudah berkembang, mulai mencari orang untuk membantu mengurus hal-hal teknis dalam bisnis Anda. Jangan sampai semua Anda kerjakan tetapi bisnis tidak mengalami kemajuan yang pesat.

Jangan Suka Menunda-Nunda Pekerjaan

Menunda pekerjaan akan memperlambat kemajuan bisnis Anda. Menunda pekerjaan adalah musuh bersama. Jika sudah memutuskan untuk menjadi karyawan yang memiliki bisnis, pekerjaan Anda tentu menjadi berlipat tetapi disisi lain, pemasukan juga menjadi berlipat.

Jika beban pekerjaan makin banyak, sekali menunda Anda justru menabung pekerjaan yang jauh lebih banyak untuk esok hari. Biasakan disiplin, bekerja sesuai jadwal dan mencapai target harian tanpa menunda-nunda pekerjaan.

Skala Prioritas

Hal ini penting dilakukan jika Anda harus memikirkan dua hal penting sekaligus. Prioritaskan lebih dulu pekerjaan kantor selama jam kantor, jangan sampai Anda sesekali mengurus bisnis saat jam kantor. Begitu pun sebaliknya, usahakan jangan mengerjakan pekerjaan kantor selama berada di rumah.

Prioritaskan juga hal-hal yang lebih penting dan dampaknya jauh lebih besar pada pekerjaan atau bisnis Anda. Fokus juga mengerjakan hal-hal yang Anda bisa, jangan terlalu lama berkutat pada hal yang sulit sehingga membuat banyak waktu terbuang.

Semoga tips diatas bisa membantu Anda dalam menjalankan bisnis sambil bekerja. Anda bisa mengatur waktu dan tetap disiplin dalam mengejar target, sehingga Anda bisa sukses berbisnis dan tetap bekerja sebagai karyawan.

Share:

Facebook
Twitter
WhatsApp

Leave a Comment

Ilmu Bermanfaat

Lainnya

Apa Perbedaan Entrepreneur dan Intrapreneur?

Apa Itu Intrapreneur? Intrapreneur adalah pelaku utama dari kegiatan intrapreneurship, yaitu karyawan perusahaan dengan jiwa wirausaha. Seorang intrapreneur memiliki potensi untuk mengembangkan perusahaan seolah itu adalah

Mailketing by Regrow

PT. Digital Bertuah Nusantara
Jl. Mangga No. 94B
Pekanbaru - Riau
Indonesia

© 2022 mailketing.co.id All rights reserved. ‍

Dapatkan Materi Email Marketing Gratis !