Cara Cek Kecepatan Internet di HP dan PC

Di era digital saat ini, kebutuhan akan internet memang sangat dibutuhkan. Kecepatan koneksi internet menjadi hal penting untuk mencegah terjadinya kendala saat mengaksesnya. Untuk itu kami akan berikan cara mudah untuk mengetahui kecepatan internet di HP maupun PC.

Istilah-istilah Berkaitan dengan Kecepatan Koneksi Internet

Sebelum itu, kami akan menjelaskan beberapa istilah berkaitan dengan hasil pengecekan kecepatan internet, di antaranya:

  • Download Speed

Angka yang tercantum dalam download speed menunjukkan seberapa cepat koneksi internet pada perangkat yang kita pakai saat mengunduh data. Semakin besar angkanya, semakin baik. Itu berarti waktu yang dibutuhkan perangkat Anda untuk mengunduh data semakin cepat.

  • Upload Speed

Angka dalam upload speed menunjukkan seberapa cepat waktu yang dibutuhkan perangkat untuk mengunggah data ke internet. Sama seperti download speed, semakin besar angkanya, semakin baik. Itu berarti waktu yang dibutuhkan perangkat Anda untuk mengunggah data semakin cepat.

  • Ping

Angka pada Ping menunjukkan jeda waktu yang dibutuhkan data untuk dikirim dari satu host ke komputer tujuan dan kembali lagi. Kalau dalam Ping, semakin rendah angkanya maka koneksi yang dimiliki semakin bagus. 0 – 10 ms dianggap hasil yang sangat bagus.

  • Jitter

Jitter mengindikasikan fluktuasi nilai Ping. Artinya, angka dalam Jitter menunjukkan ke-stabilitas koneksi internet. Angka dalam Jitter diukur dalam ms (milliseconds). Maka dari itu semakin rendah angkanya, semakin bagus koneksi internet yang dimiliki.

Cara Cek Kecepatan Internet di HP dan PC

1. Speedtest.net

Anda mengalami kendala saat mengakses internet? Coba cek kecepatan internet melalui situs Speedtest.net. Cara ini bisa Anda lakukan baik melalui HP atau di PC. Kunjungi situs Speedtest.net kemudian langsung klik ‘Mulai’. Setelah itu tunggu beberapa saat dan hasil pengujian kecepatan internet Anda akan segera muncul di layar.

Angka yang muncul di layar menunjukkan internet speed yang Anda gunakan. Semakin besar angkanya, semakin cepat koneksi internetmu. Speedtest juga tersedia di Google Play Store dan App Store, Anda bisa download di HP langsung secara gratis.

2. Fast.com

Selain Speedtest, ada situs lain yang bisa Anda gunakan untuk tes kecepatan internet, Fast.com salah satunya. Situs pengecek internet speed dari Netflix ini akan otomatis melakukan pengecekan saat Anda mengunjungi situsnya, tanpa harus meng-klik tombol apa pun. Hasil pengecekan akan langsung muncul untuk menunjukkan seberapa cepat koneksi internetmu.

Untuk mengetahui info selengkapnya, Anda bisa klik ‘Show More Info’ di bagian bawah angka hasil pengecekan. Hal tersebut akan menunjukkan informasi lebih lanjut mengenai upload speed jaringan internetmu.

3. Meter.net

Cara cek kecepatan internet wifi juga dapat dilakukan dengan situs Meter. Caranya mudah, kunjungi situs tersebut dan pengecekan akan dimulai setelah Anda mengklik ‘Start’. Tunggu beberapa saat dan situs akan menampilkan informasi berupa kecepatan DownloadUpload, juga Ping dari koneksi internet yang Anda gunakan.

Cara ini bisa Anda lakukan dengan mudah di HP dan PC. Meter.net juga dapat menampilkan informasi lebih detail mengenai koneksi internet dengan mengklik ‘Show Details of This Test’. Di dalamnya terdapat informasi keterangan IP Hostname, rata-rata kecepatan downloadupload, dan ping jaringan internet, juga grafik pengecekan kecepatan internet yang pernah dilakukan di negara tempat Anda berada.

4. Internet Speed Meter Lite

Internet Speed Meter Lite merupakan aplikasi yang berfungsi untuk mengecek kecepatan internet, terutama WiFi secara real time. Untuk menggunakannya, Anda bisa langsung mengunduh aplikasi tersebut. Kemudian, secara otomatis data kecepatan internet akan muncul pada bar notifikasi.

5. MyRepublic

Situs MyRepublic.co.id juga bisa Anda pakai untuk mengetes kecepatan koneksi internetmu loh! Caranya, kunjungi website speed test MyRepublic. Saat laman Speed Test muncul, langsung klik ‘GO’ pada layar. Situs akan melakukan pengecekan selama kurang lebih 30 detik dan akan segera menampilkan hasilnya.

Setelah pengecekan dilakukan, pada layar akan ditampilkan informasi Hostname, hasil cek kecepatan downloaduploadping dan jitter dari koneksi internet. Untuk mengulangi proses pengecekan, Anda tinggal klik ‘AGAIN’ di samping tampilan hasil sebelumnya.

Share:

Facebook
Twitter
WhatsApp

Leave a Comment

Ilmu Bermanfaat

Lainnya

Cara Menjalankan Bisnis Dengan Otomatis

Email automation merupakan sebuah cara mengirim email secara otomatis. Sehingga Anda tak perlu lagi melakukan pengiriman satu per satu secara manual. Dengan email automation, dapat

Teknik Meningkatkan Penjualan Online

Sebagiaman kita tahu, cara berjualan offline dengan cara online sudah pasti berbeda. Anda yang sudah membuka toko online namun tidak kunjung menghasilkan konversi dan mendapat

Tips Cara Bisnis Jual Beli Nama Domain

Boleh dibilang, potensi bisnis jual beli domain cukup cerah. Mengingat, pertumbuhan jumlah website setiap tahunnya cenderung naik. Yang artinya, kebutuhan akan domain pasti selalu ada.

Mailketing by Regrow

PT. Digital Bertuah Nusantara
Jl. Mangga No. 94B
Pekanbaru - Riau
Indonesia

© 2022 mailketing.co.id All rights reserved. ‍

Dapatkan Materi Email Marketing Gratis !