6 Aplikasi Video Conference Terbaik

Kami telah memilihkan aplikasi video conference terbaik untuk Anda berdasarkan fitur unggulan, jumlah peserta, dan harganya. Langsung saja simak penjelasannya di bawah ini.

1. Zoom Meeting (Gratis dan Berbayar)

Bicara aplikasi vicon, Zoom meeting sangat bisa dijadikan opsi untuk meeting online Anda. Apalagi Zoom menyediakan layanan gratis untuk Anda. Di layanan gratis ini, Zoom bisa menampung 100 pengguna dengan batasan durasi 40 menit.

Namun, jika jumlah partisipan meeting online Anda lebih dari itu, Anda bisa menggunakan layanan yang berbayar.

Zoom bahkan bisa menampung hingga 1000 partisipan dalam satu waktu. Layanan ini bisa Anda dapatkan dengan harga mulai dari $19.90 per bulan. Paket tersebut termasuk bebas waktu penggunaan selama meeting alias unlimited meeting.

Nah, mungkin Anda bertanya-tanya, jika menampung partisipan sebanyak itu, apakah kualitas video tetap oke? Tenang saja. Video Zoom memiliki kualitas HD 720p walaupun menampung banyak pengguna. Ditambah lagi, Zoom dapat menayangkan 49 video sekaligus dalam satu tampilan.

2. Google Meet (Berbayar)

Kalau Anda mencari aplikasi yang sederhana dan mudah digunakan untuk video conference, Google Meet bisa jadi pilihannya. Aplikasi keluaran Google ini bisa digunakan hanya dengan login melalui browser, tanpa perlu install aplikasi. Selain melalui browser, Google Meet juga tersedia versi aplikasi untuk digunakan di perangkat mobile.

Tak cuma mudah digunakan, Google Meet juga menawarkan fitur menarik untuk Anda. Misalnya fitur merekam video meeting dan otomatis tersimpan di Google Drive Anda. Menariknya, Anda juga sekaligus akan mendapatkan subtitle videonya seperti menonton film.

Karena keluaran Google, Google Meet telah terintegrasi dengan berbagai aplikasi dari Google. Tak hanya Gmail, tetapi juga Google Calendar, Drive, Google Docs, Spreadsheet, Slide, Google Form, dan Cloud Search.

Untuk bisa menggunakan semua layanan Google Meet, Anda cukup membayar mulai $6 per bulan. Harga yang cukup murah, untuk aplikasi yang kaya fitur dan mudah digunakan seperti ini.

3. Microsoft Teams (Gratis dan Berbayar)

Microsoft Teams ini sebenarnya adalah pembaharuan dari Aplikasi Skype for Business. Saat ini adalah masa transisi dari Skype for Business ke Microsoft Teams. Pada 2021 mendatang Skype for Business akan resmi menjadi Microsoft Teams.

Adanya perubahan ini termasuk adanya penambahan fitur-fitur pendukung video conference, seperti upsize jumlah kapasitas dan terintegrasi dengan Microsoft office 365.

Seperti diketahui, office 365 meliputi semua office dari Microsoft seperti Word, Excell, Power Point, OneNote, dan Outlook. Dengan terintegrasi office 365, semua orang dalam grup Conversation Channels sehingga  dapat langsung membagikan dan mengakses seluruh aplikasi yang diperlukan.

4. Zoho Meeting (Berbayar)

Jika Anda mencari aplikasi video conference dengan harga miring, kami rekomendasikan Zoho Meeting. Hanya dengan membayar $8 per bulan Anda bisa mengadakan meeting online dengan kapasitas 100 orang.

Meskipun murah, fitur yang disediakan oleh Zoho Meeting terbilang cukup lengkap. Mulai dari screen sharing, chat group, manajemen meeting, rekaman meeting dan terintegrasi dengan email.

Selain kaya fitur, Zoho Meeting disebut-sebut dengan layanan video conference yang mudah digunakan. Jika Anda ingin membuat meeting, Anda cukup login melalui browser. Sementara jika Anda ingin bergabung dengan meeting, Anda cukup sekali klik pada link undangan untuk langsung diarahkan menuju meeting online Anda.

5. RingCentral Meetings (Gratis dan Berbayar)

Kalau Anda terbiasa menggunakan aplikasi Zoom, Anda juga akan terbiasa dengan penggunaan aplikasi RingCentral Meetings. Sebab, RingCentral Meetings video conference adalah aplikasi yang didukung oleh Zoom.

Jadi, jangan heran kalau tampilan interface antara Zoom dan RingCentral Meeting sangatlah mirip. Mulai dari navigasi serta bentuk icon dan tombolnya. Bahkan paket harganya pun hampir sama dengan Zoom. RingCentral Meeting juga versi gratis dengan kapasitas 100 orang durasi 40 menit.

Meskipun didukung oleh Zoom, ada fitur unggulan yang tak dimiliki Zoom. Di RingCentral Meeting, Anda bisa menyimpan video rekaman meeting Anda tanpa batas. Sementara di Zoom, kapasitas penyimpanan rekaman Anda hanya 1GB. Anda juga bisa langsung mendownload atau memutarnya berulang-ulang.

6. Lifesize (Berbayar)

Salah satu aplikasi dengan kualitas video terbaik untuk vicon adalah Lifesize. Didukung oleh teknologi 4K Video Conferencing, Lifesize akan menjadikan meeting online Anda terasa seperti bertatapan secara langsung.

Jika, aplikasi lainnya hanya menawarkan kualitas 720p video HD, dengan 4K video conferencing berarti kualitas gambar yang bisa ditampilkan melebihi standar HD bahkan 8x lebih bagus dari kualitas 720p.

Tampilan di Lifesize akan lebih tajam, jernih, dan halus. Namun, untuk bisa mendapatkan tampilan yang menakjubkan ini, perangkat Anda juga harus didukung oleh peralatan yang sesuai. Setidaknya support untuk transfer data 4K.

Share:

Facebook
Twitter
WhatsApp

Leave a Comment

Ilmu Bermanfaat

Lainnya

Apa Perbedaan Entrepreneur dan Intrapreneur?

Apa Itu Intrapreneur? Intrapreneur adalah pelaku utama dari kegiatan intrapreneurship, yaitu karyawan perusahaan dengan jiwa wirausaha. Seorang intrapreneur memiliki potensi untuk mengembangkan perusahaan seolah itu adalah

Mailketing by Regrow

PT. Digital Bertuah Nusantara
Jl. Mangga No. 94B
Pekanbaru - Riau
Indonesia

© 2022 mailketing.co.id All rights reserved. ‍

Dapatkan Materi Email Marketing Gratis !