Tips Email Marketing untuk Perusahaan

Email marketing saat ini sudah menjadi salah satu strategi yang banyak digunakan oleh berbagai perusahaan saat ini untuk melakukan pemasaran. Email marketing sendiri dapat digunakan secara sederhana meski untuk perusahaan atau bisnis skala besar sekalipun.

Cara kerja email marketing sebenarnya sangat sederhana, akan tetapi, Anda juga perlu mengetahui seperti apa tips menggunakan email marketing untuk kepentingan perusahaan atau bisnis. Seperti apa tips tersebut? Simak selengkapnya di bawah ini.

Identifikasi dulu target penerima email dengan tepat

Tips & trick email marketing yang pertama Anda perlu mengenali atau mengidentifikasi terlebih dulu target penerima email dengan lebih tepat. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui problem-problem apa yang sedang dihadapi oleh mereka. Dari hal tersebut maka Anda dapat menawarkan solusi-solusi tepat pada mereka lewat konten email yang Anda buat.
Lantas, bagaimana caranya mengenali target email tersebut? Anda cukup melakukan survey-survei sederhana lewat email kemudian ketahui apa yang diharapkan oleh target atas produk atau jasa yang Anda miliki. Ketahui juga sampai tahap mana target mengenal perusahaan atau produk Anda.

Melakukan segmentasi pada penerima email

Tips & trick email marketing selanjutnya, Anda perlu melakukan segmentasi pada target penerima email yang Anda miliki. Hal ini bisa Anda lakukan dengan membuat konten, judul, dan isi email sesuai dengan apa yang mereka butuhkan saat itu. Anda juga bisa melakukan segmentasi sesuai dengan status pelanggan, perilaku pelanggan, jenis jasa atau produk yang mereka tertarik, lokasi greografis, dan masih banyak lagi. Dengan memperhatikan segmentasi tersebut, maka Anda akan lebih tepat dalam mengirimkan isi konten kepada penerima.

Jangan sampai email yang Anda kirim masuk ke folder spam

Jika Anda melakukan pengiriman email, akan tetapi yang terjadi adalah email masuk ke folder spam, maka dapat dipastikan bahwa email tersebut tidak pernah dibuka oleh target penerima. Lalu bagaimana solusi agar email tersebut tidak masuk ke folder spam? Anda bisa melakukan beberapa hal berikut :

  • Anda dapat memastikan bahwa email yang menjadi target telah mendapatkan persetujuan dari pemiliknya. Salah satu cara mendapatkan email yang disetujui ini adalah dengan membeli daftar email melalui penyedia berbayar.
  • Selanjuitnya, pastikan Anda memperoleh email tersebut dengan cara yang baik. Salah satunya bisa dengan menyediakan menu subscribe pada website yang Anda punya.
  • Kemudian, kirimkan email memakai alamat IP Address yang belum pernah digunakan untuk melakukan spam.
  • Anda dapat mengirim email memakai domain yang sudah terverifikasi.

Perhatikan penulisan judul agar dibuat semenarik mungkin

Umumnya, para pengguna internet memutuskan untuk membuka email karena melihat judul dan kalimat pertama pada isi email yang ada. Jika dalam detik pertama mereka tertarik perhatiannya maka dapat dipastikan bahwa mereka dapat membaca keseluruhan isi konten email.
Untuk itu, tips & trick email marketing yang satu ini perlu Anda terapkan. Lalu, bagaimana cara membuat judul dan kalimat pertama yang menarik? Anda bisa menerapkan beberapa langkah berikut:

  • Buat judul yang bisa memberi rasa penasaran bagi para pembaca. Anda bisa menggunakan kalimat tanya yang menanyakan masalah yang sering mereka alami.
  • Selanjutnya, jangan memakai kosa kata yang terlalu sulit dimengerti kebanyakan orang.
  • Terakhir, Anda juga bisa menggunakan angka statistik agar pembaca juga merasa menasaran.

Mengubah dan mengatur isi email

Dengan menuliskan isi email yang seolah-olah terkirim pada satu orang saja, maka penerima tersebut tentu akan merasa lebih diistimewakan. Namun Anda tetap bisa mengirimkannya kepada lebih dari satu penerima. Selain itu, dengan menuliskan email personal seperti ini maka gaya bahasa yang dibaca juga akan lebih enak.

Share:

Facebook
Twitter
WhatsApp

Leave a Comment

Ilmu Bermanfaat

Lainnya

Apa Perbedaan Entrepreneur dan Intrapreneur?

Apa Itu Intrapreneur? Intrapreneur adalah pelaku utama dari kegiatan intrapreneurship, yaitu karyawan perusahaan dengan jiwa wirausaha. Seorang intrapreneur memiliki potensi untuk mengembangkan perusahaan seolah itu adalah

Mailketing by Regrow

PT. Digital Bertuah Nusantara
Jl. Mangga No. 94B
Pekanbaru - Riau
Indonesia

© 2022 mailketing.co.id All rights reserved. ‍

Dapatkan Materi Email Marketing Gratis !