Tips Email Marketing agar Email masuk di Inbox Utama Gmail

Salah satu penyedia email nomor satu yaitu Google membuat semacam “organizer” dalam Gmail. Dalam Gmail, Anda akan melihat 3 kategori pada inbox email. Kategori tersebut adalah Utama (Primary), sosial (Social), dan Promosi (Promotion.

Terkadang email blast Anda akan masuk ke dalam kategori promosi dan akhirnya tidak dibaca oleh penerima karena algoritma Google. Ini adalah suatu tantangan bagi marketer untuk menerapkan strategi email marketingnya.

Ada beberapa strategi email marketing yang bisa Anda gunakan, untuk membuat email blast atau newsletter Anda masuk pada inbox utama Gmail penerima. Berikut pembahasannya.

Tulis Nama Penerima Email

Anda bisa menuliskan dengan nama pertama mereka (penerima email Anda). Hal ini membuat kesan yang lebih personal, dan orang akan merasa lebih terhubung dengan Anda dan cerita atau value yang ditulis pada email Anda. Menuliskan nama pertama ini bisa secara otomatis jika Anda menggunakan tool email marketing seperti Mailketing.

Mengurangi Penggunaan Image atau Foto

Hal ini cukup bertentangan dengan yang tengah menjadi tren pada Media sosial saat ini yaitu content visual.

Gmail memiliki aturan sendiri. Google melihat image atau gambar sebagai tanda sebuah promosi atau email spam. Jika email Anda tidak memiliki gambar, tingkat pembaca email tersebut akan bertambah.

Ini mungkin karena email yang tidak memiliki image tersebut masuk pada inbox utama dan lebih besar kemungkinannya dibaca oleh penerima email.

Inbox Promosi pada Gmail mempengaruhi semua orang, terutama karena cara lama untuk mengembangkan newsletter email bertentangan aturan Google saat ini.

Masukkan Sedikit Link

Inti dari sebuah email biasanya untuk mengarahkan Traffic ke website Anda, bukan? Jadi, hal yang bijaksana untuk dilakukan adalah menulis email eksklusif dan memberikan alasan yang tepat bagi pembaca, mengapa mereka harus mengklik link tersebut.

Buat semuanya terkesan alami dan halus tentu saja. Sekarang, Anda dapat menuliskan lebih dari 1 link pada email yang Anda kirimkan pada email list, tapi itu tidak menjamin email Anda akan bertahan dari filter Google tersebut.

Hindari RSS

Hampir setiap RSS feed masuk pada inbox Promosi. Ini karena RSS adalah terkirim otomatis, Google dapat menduga bahwa itu tidak dikirim oleh seseorang yang nyata, sehingga tidak masuk dalam inbox utama Gmail. Jika Anda ingin lebih terhubung dengan customer atau Audience Anda, hindari penggunaan RSS feed.

Jangan Langsung Menjual

Secara terang-terangan menjual produk atau jasa akan mengurangi kemungkinan email Anda masuk di Inbox utama Gmail. Tentu saja itu akan masuk dalam inbox promosi Gmail.

Setiap kali mereka mencoba untuk menjual sesuatu, selalu masuk di inbox promosi. Untuk itu, copywriting diperlukan agar Anda tidak terkesan terlalu ‘menjual’ pada email atau newsletter yang Anda kirimkan.

Share:

Facebook
Twitter
WhatsApp

Leave a Comment

Ilmu Bermanfaat

Lainnya

Cara Menjalankan Bisnis Dengan Otomatis

Email automation merupakan sebuah cara mengirim email secara otomatis. Sehingga Anda tak perlu lagi melakukan pengiriman satu per satu secara manual. Dengan email automation, dapat

Teknik Meningkatkan Penjualan Online

Sebagiaman kita tahu, cara berjualan offline dengan cara online sudah pasti berbeda. Anda yang sudah membuka toko online namun tidak kunjung menghasilkan konversi dan mendapat

Tips Cara Bisnis Jual Beli Nama Domain

Boleh dibilang, potensi bisnis jual beli domain cukup cerah. Mengingat, pertumbuhan jumlah website setiap tahunnya cenderung naik. Yang artinya, kebutuhan akan domain pasti selalu ada.

Mailketing by Regrow

PT. Digital Bertuah Nusantara
Jl. Mangga No. 94B
Pekanbaru - Riau
Indonesia

© 2022 mailketing.co.id All rights reserved. ‍

Dapatkan Materi Email Marketing Gratis !