Apa itu E-Learning dan Manfaatnya?

Pada dasarnya, e-learning adalah pembelajaran secara elektronik atau proses belajar mengajar yang dilakukan secara online. Jika dilihat dari susunan katanya, e-learning merupakan gabungan dua kata yakni electronic dan learning. Maka dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran ini memanfaatkan teknologi informasi untuk mendistribusikan materi ke penggunanya.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, sebuah sistem pembelajaran dan pengajaran formal dengan bantuan komputer, tablet, atau bahkan handphone bisa disebut sebagai e-learning. Proses pembelajaran sekarang tidak harus selalu berada di dalam kelas.

Manfaat E-Learning

E-learning sendiri sudah dimanfaatkan oleh berbagai perusahaan multinasional untuk melakukan program training untuk karyawannya. Ini bisa dilakukan dengan mengikutsertakan elemen e-learning pada seminar khusus bagi karyawan perusahaan tersebut. Selain itu, sekolah-sekolah juga sudah mulai memberikan akses e-learning bagi murid-muridnya agar mereka bisa belajar dimana saja dan kapan saja.

E-learning menawarkan berbagai keuntungan yang mungkin tidak Anda temukan di cara pembelajaran tradisional. Berikut adalah beberapa manfaat e-learning:

Dapat menjadi aktivitas asinkron atau sinkronis

Secara tradisional, e-learning bersifat asinkron, yang berarti tidak ada waktu yang ditentukan untuk pembelajaran berlangsung. Semua orang bisa mengikuti langkah mereka sendiri, dan meluangkan waktu untuk mempelajari apa yang perlu mereka ketahui, kapan mereka perlu mengetahuinya. Namun, e-learning yang lebih sinkron sekarang ditawarkan melalui konferensi web dan pilihan obrolan. Hal yang hebat tentang e-learning adalah memberi Anda pilihan untuk melakukan satu hal atau keduanya.

Mudah diakses

 E-learning bisa diletakkan di internet dan bisa dengan mudah diakses oleh banyak orang di dunia. Anda tidak perlu datang ke negara lain atau menjadwalkan meeting di zona waktu yang berbeda. Selain itu, metode ini bisa dipelajari melalui berbagai perangkat. Kelas online bisa diakses melalui komputer, mobile device seperti smartphone dan tablets. Ini berarti pelajaran-pelajaran e-learning bisa diakses dimana saja dan kapan saja.

Belajar sesuai kebutuhan

Dengan e-learning, Anda bisa memilih sendiri topik apa yang ingin dipelajari. Anda tidak perlu mengikuti suatu kelas yang panjang untuk mempelajari satu topik spesifik yang ingin dipelajari. E-learning juga biasanya tidak berdurasi panjang karena e-learning harus bisa menarik.

Lebih efisien

E-learning juga lebih efisien karena Anda tidak perlu mengorganisir sebuah sesi training yang dimana kadang Anda perlu menunggu sampai jumlah peserta mencapai angka tertentu agar Anda bisa menjalankan sesi training tersebut. Dengan e-learning, Anda tinggal mendistribusikan secara elektronik ke jutaan orang.

Biaya relatif lebih murah

Tentunya e-learning juga tidak membutuhkan biaya sebanyak membuat acara offline. Baik Anda membuat kursus e-learning atau mengikutinya, biaya yang dibutuhkan tentu lebih murah.

Kualitas konten yang konsisten

Kursus e-learning biasanya memiliki kualitas konten yang konsisten. Dengan kelas offline, keadaan ruangan bisa mempengaruhi kondisi pembelajaran, tetapi dengan e-learning, Anda tidak perlu khawatir tentang hal-hal ini. Anda bisa membuat konten yang konsisten dan jika Anda yang mengakses kontennya, kualitas e-learning biasa konsisten karena pembuat e-learning memiliki waktu yang cukup untuk membuat konten mereka.

Share:

Facebook
Twitter
WhatsApp

Leave a Comment

Ilmu Bermanfaat

Lainnya

Apa Perbedaan Entrepreneur dan Intrapreneur?

Apa Itu Intrapreneur? Intrapreneur adalah pelaku utama dari kegiatan intrapreneurship, yaitu karyawan perusahaan dengan jiwa wirausaha. Seorang intrapreneur memiliki potensi untuk mengembangkan perusahaan seolah itu adalah

Mailketing by Regrow

PT. Digital Bertuah Nusantara
Jl. Mangga No. 94B
Pekanbaru - Riau
Indonesia

© 2022 mailketing.co.id All rights reserved. ‍

Dapatkan Materi Email Marketing Gratis !