Tips Membuka Bisnis Jastip

Ada banyak peluang bisnis yang memiliki keuntungan besar jika Anda ingin coba membuka usaha. Salah satunya, bisnis jasa titip atau jastip. Jastip adalah jasa pembelian barang kepada pelanggan yang tidak bisa menjangkau produk atau barang yang mereka butuhkan.

Ini merupakan bisnis kekinian yang cukup populer di kalangan generasi milenial dan gen Z. Biasanya, bisnis jastip ini diadakan oleh seseorang yang sedang berada luar kota atau luar negeri. Jadi, orang-orang yang tidak ada di kota atau negeri tersebut tetap bisa berbelanja melalui jasa titip.

Tips Membuka Bisnis Jastip

1. Menentukan Target Pasar

Sebelum Anda membuka jasa titip suatu produk, coba cari tahu dulu siapa yang akan menjadi target pasar Anda. Coba tentukan dengan cara memetakan jenis kelamin, usia, atau minat mereka. Dengan target pasar yang jelas, kamu akan lebih mudah untuk menarik pelanggan potensial.

Semisal, jika Anda membuka jastip untuk produk kecantikan, maka Anda dapat menentukan perempuan dari usia remaja hingga dewasa sebagai target pasarnya. Ketika mereka menggunakan jastipmu untuk membeli produk skincare atau makeup dan merasa puas, kemungkinan mereka untuk kembali berbelanja dan menjadi pelanggan setia.

2. Memiliki Akses ke Penyedia Produk

Karena jastip dibutuhkan oleh orang-orang yang ingin membeli produk, tetapi tidak memiliki sarana untuk menjangkaunya langsung, maka Anda sebagai penyedia jasa titip harus mempunyai akses ke penyedia produk.

Misalnya, dengan menghubungi pihak penjual yang menyediakan produk luar negeri jika Anda ingin membuka jastip barang-barang impor. Pastikan Anda bisa berkomunikasi dengan penyedia produk sehingga Anda dapat memastikan bahwa pelanggan yang telah memesan barang benar-benar mendapatkannya.

3. Promosi Lewat Media Sosial

Agar jasa titip Anda menarik pelanggan untuk berbelanja, Anda bisa memanfaatkan media sosial sebagai sarana promosi. Pastikan Anda membuat katalog dengan foto produk yang jelas dan estetik agar pelanggan mau menggunakan jasa titip Anda.

Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan foto produk dari produsen atau mengunggah foto asli dari toko sehingga foto produk tersebut benar-benar real pict.

4. Tetapkan Harga yang Wajar

Meski pelanggan bersedia mengeluarkan uang berapa pun untuk mendapatkan produk yang mereka inginkan, tetapi Anda harus tetap memerhatikan harga jual produk. Pastikan untuk menetapkan harga jual produk yang wajar, dengan tidak mematok harga yang terlalu mahal.

Walaupun produk tersebut dari luar negeri, tetapi Anda harus tetap menetapkan harga yang masuk akal. Selain itu, jasa titip produk luar negeri biasanya menyasar kalangan menengah ke atas yang sudah mengetahui harga asli produk sehingga Anda sebaiknya tidak memberikan harga terlalu tinggi.

5. Atur Waktu dengan Baik

Dalam membeli pesanan pelanggan, membalas chat, hingga melakukan pengiriman. Anda harus mengatasinya sebaik mungkin agar bisnis ini berjalan lancar dan menghasilkan pundi-pundi yang kamu inginkan. Untuk mengatasinya, Anda bisa memulainya dengan membuat jadwal belanja produk pesanan. Usahakan konsisten dan mengikuti jadwal tersebut.

Jadi, Anda bisa menggunakan waktu lain untuk membalas pesan pelanggan, melakukan pengiriman, dan tetap dapat melakukan promosi.

6. Melayani dengan Profesional

Membuka bisnis layanan, seperti jasa titip ini membutuhkan kepercayaan pelanggan agar bisa bertahan. Oleh sebab itu, Anda perlu melayani pelanggan dengan sebaik mungkin agar mereka puas dan bisa terus berbelanja di toko Anda.

Pastikan untuk melayani pelanggan dengan sopan dan ramah, meski hanya berinteraksi melalui chat. Hindari juga kesalahan dalam membeli pesanan pelanggan. Selain itu, pastikan bahwa barang pesanan pelanggan dikemas dengan baik sehingga tetap aman ketika sampai di tangan pelanggan.

Share:

Facebook
Twitter
WhatsApp

Leave a Comment

Ilmu Bermanfaat

Lainnya

Apa Perbedaan Entrepreneur dan Intrapreneur?

Apa Itu Intrapreneur? Intrapreneur adalah pelaku utama dari kegiatan intrapreneurship, yaitu karyawan perusahaan dengan jiwa wirausaha. Seorang intrapreneur memiliki potensi untuk mengembangkan perusahaan seolah itu adalah

Mailketing by Regrow

PT. Digital Bertuah Nusantara
Jl. Mangga No. 94B
Pekanbaru - Riau
Indonesia

© 2022 mailketing.co.id All rights reserved. ‍

Dapatkan Materi Email Marketing Gratis !