Tips Membuat Caption Instagram untuk Tingkatkan Engagement

Caption yang menarik dapat menarik konsumen untuk lanjut berinteraksi di kolom komentar, dari situlah perlahan engagement Instagram Anda akan meningkat. Maka dari itu, penting untuk Anda ketahui cara membuat caption di Instagram yang dapat membantu meningkatkan engagement.

1. Kenali Target Pasar

Baik memasarkan produk atau hanya sekedar memposting foto, Anda harus tahu siapa target audiens yang berpotensi mengikuti sosial media Anda. Dari situ Anda bisa menyesuaikan gaya caption yang akan dibuat.

Apakah target audiens Anda remaja generasi millenial, ibu-ibu, pengusaha, atau yang lain? Setelah Anda mengetahuinya, tentukan strategi penulisan caption sesuai dengan jenis konten bisnis Anda.

Selalu sesuaikan dengan target market Anda, jadi jangan sampai audiens Anda ibu-ibu, tapi Anda menggunakan gaya bahasa yang hanya diketahui anak-anak jaman sekarang. Karena percuma saja, mereka tidak akan paham value dari caption tersebut.

2. Sesuaikan Gaya Bahasa dengan Branding Bisnis

Tips membuat caption selanjutnya yaitu gunakan gaya bahasa sesuai branding bisnis Anda sendiri. Anda tidak perlu ikut-ikutan brand lain ketika menyusun caption, cukup buat sesuai dengan gaya Anda.

Maka dari itu, sebelum membangun brand penting untuk Anda memikirkan akan seperti apa branding bisnis Anda.

Apakah Anda ingin membuat persona bisnis dengan karakter yang lucu, santai, profesional, atau yang lainnya. Dari persona itulah Anda bisa terapkan ketika membuat caption Instagram juga.

Contohnya pada brand fashion berikut, dia memiliki sebutan sendiri untuk admin medsosnya, yaitu “Minda”. Selain itu, pembawaannya juga terkesan feminim karena memang menyesuaikan dengan bisnisnya.

Jadi, penulisan caption tidak hanya sekedar menulis biasa, tetapi juga harus mengandung branding bisnis. Hal ini juga yang akan membedakan dengan brand lainnya.

3. Gunakan Kalimat Pembuka yang Kuat

Tentu Anda tahu jika di Instagram, caption yang panjang hanya akan muncul kalimat awal-awal saja setelah itu untuk membaca lebih lanjut, pengguna harus menekan ‘more’ atau ‘lainnya’.

Agar mereka tertarik menyimak sampai akhir, maka penting untuk membuat kalimat pembuka caption yang menarik dan menggugah.

Sehingga pengguna akan melanjutkan membaca caption, dan berpotensi juga melanjutkan interaksi di kolom komentar. Ada beberapa ide kalimat pembuka caption, diantaranya seperti berikut.

Menggunakan penawaran promo, giveaway, atau yang lain.

Membuat gimmick marketing, atau trik untuk mendapat perhatian.

4. Gunakan Caption Singkat dan Padat

Caption yang informatif, lengkap, atau mengandung cerita yang menarik memanglah bagus. Namun, caption yang terlalu panjang juga tidak dianjurkan.

Hal ini karena Instagram merupakan sosial media yang sangat visual. Sehingga pastikan fokus audiens tetap pada postingan, reels atau stories.

Maka dari itu, penting untuk menerapkan teknik copywriting pada cara membuat caption di Instagram. Konsepnya sama, harus membuat kalimat seefektif mungkin namun tetap menarik audiens untuk melakukan aksi lebih, misalnya ikut berkomentar.

5. Sertakan Call-to-Action (CTA)

Call-to-action merupakan salah satu teknik digital marketing yang mengajak audiens untuk melakukan action, dapat berupa tanggapan, reaksi, pendapat, atau sesuatu yang Anda inginkan.

Penerapan CTA ini diantaranya seperti ajakan diskusi, berbagi pendapat, ajakan membeli produk, dan masih banyak lagi. Pastikan, buat CTA Anda sesuai dengan kebutuhan yang ingin dicapai.

Misalnya Anda sedang menargetkan komentar yang banyak. Maka contoh CTA yang bisa digunakan seperti “Berikan tanggapan produk ini di kolom komentar ya!” atau yang lainnya.

Di bawah ini terdapat beberapa contoh CTA pada caption Instagram milik beberapa brand.

6. Gunakan Tagar yang Relevan

Untuk membantu postingan Anda dijangkau lebih banyak orang, penambahan tagar/hashtag pada caption merupakan salah satu strategi marketing Instagram untuk bisnis Anda.

Tagar merupakan salah satu penerapan metode SEO pada Instagram. Tagar dapat mengaitkan dan mengumpulkan konten yang serupa. Dengan menggunakan hashtag, postingan Anda juga bisa berpotensi muncul di halaman search dan explore.

Dengan begitu, orang yang sebelumnya tidak tahu bisnis Anda menjadi tahu dan akhirnya membantu meningkatkan followers.

Namun perlu Anda ingat, jangan asal menggunakan tagar yang sedang trending ya! Pastikan tetap gunakan tagar yang relevan dengan postingan serta bisnis Anda. Misalnya seperti tagar pada postingan Gojek berikut ketika mengucapkan hari perempuan.

7. Hindari Typo

Tips cara membuat caption di Instagram yang terakhir yaitu hindari typo sebisa mungkin. Percuma kalau Anda sudah mengikuti tips-tips di atas dengan baik, namun ketika penulisannya terdapat typo.

Meskipun bisa di-edit, namun tetap saja akan ada satu dua orang yang notice dengan typo tersebut. Jadi, sebelum memposting biasakan baca ulang secara teliti untuk meminimalisir kekeliruan dan segera memperbaikinya.

Sekalipun itu hanya typo huruf. Apalagi jika menyangkut nama atau informasi kejadian yang nantinya dapat menimbulkan mispersepsi.

Share:

Facebook
Twitter
WhatsApp

Leave a Comment

Ilmu Bermanfaat

Lainnya

Apa Perbedaan Entrepreneur dan Intrapreneur?

Apa Itu Intrapreneur? Intrapreneur adalah pelaku utama dari kegiatan intrapreneurship, yaitu karyawan perusahaan dengan jiwa wirausaha. Seorang intrapreneur memiliki potensi untuk mengembangkan perusahaan seolah itu adalah

Mailketing by Regrow

PT. Digital Bertuah Nusantara
Jl. Mangga No. 94B
Pekanbaru - Riau
Indonesia

© 2022 mailketing.co.id All rights reserved. ‍