Macam-macam Tugas Dasar Admin

Tugas admin tidak bisa dibilang mudah. Ada banyak hal yang harus dikerjakan sehingga kemampuan multitasking menjadi salah satu kelebihan yang harus dimiliki. Jika Anda sering membuka media sosial, ada banyak akun bisnis yang dikelola oleh seorang admin. Para pengikut pun sering menggunakan kata “admin” atau “min” ketika bertanya seputar produk.

Namun, tugas admin tidak sesederhana mengelola akun media sosial. Tugas admin lebih luas lagi, terutama dalam mengurus keteraturan internal perusahaan.

Macam-macam Tugas Admin

Tugas admin pada dasarnya terkait dengan pemeliharaan pengaturan kantor. Tugas-tugasnya sangat bervariasi dari satu perusahaan ke perusahaan lain. Namun, umumnya admin melakukan tugas membuat jadwal, menjawab telepon, menyapa pengunjung, dan mengatur dokumen perusahaan.

Administrasi tidak hanya dilakukan oleh admin. Sejumlah profesi juga melakukan pekerjaan administrasi, seperti asisten kantor, asisten eksekutif, sekretaris, dan manajer kantor. Berikut ini macam-macam tugas admin pada berbagai lini bisnis:

1. Komunikasi

Admin melakukan sejumlah tugas komunikasi, dari menjawab telepon hingga menulis e-mail. Maka dari itu, seorang admin harus bisa memiliki kemampuan komunikasi yang mumpuni, baik lisan maupun tulisan.

Ragam tugas admin terkait komunikasi, antara lain menjawab dan mentransfer panggian telepon, korespondensi bisnis, menangani kekhawatiran pelanggan, hingga berkomunikasi dengan karyawan serta manajemen.

2. Penjadwalan

Melakukan penjadwalan merupakan komponen utama lain dari pekerjaan admin. Mulai dari mengatur jadwal rapat internal hingga rapat dengan klien, semua dilakukan oleh admin.

Admin bahkan bertugas merencanakan jadwal kerja jabatan tertentu, seperti manajer. Beberapa tugas terkait penjadwalan, yaitu menjadwalkan rapat internal, janji temu dengan klien, merencanakan acara perusahaan seperti gathering atau outing, mengurus akomodasi untuk perjalanan, dan sebagainya.

3. Rekrutmen

Admin pada perusahaan tertentu juga ikut mengurus rekrutmen karyawan baru. Mereka menjadi asisten bagi divisi HRD.

Tugas admin seputar rekrutmen karyawan baru, yaitu mengajak karyawan baru berkeliling kantor agar bisa mengenal ruang kerja, menyediakan dokumen pengenalan kantor untuk karyawan baru, membantu karyawan baru membuat e-mail, dan lain-lain.

4. Pembukuan

Dalam beberapa perusahaan, admin juga bertanggung jawab menangani pembukuan. Hal ini terutama berlaku di kantor lebih kecil yang setiap orang memiliki tugas lebih dari satu.

Tugas pembukuan yang dilakukan admin, antara lain mencatat transaksi harian, memproses pembayaran dari klien, rekonsiliasi laporan keuangan, menyusun laporan keuangan, membuat invoice, dan masih banyak lagi.

5. Pengorganisasian

Pengorganisasian atau melakukan pengaturan merupakan tugas admin sehari-hari. Admin harus mampu menangani berbagai janji meeting, kalender, rapat, dan acara lain secara efektif.

Admin juga harus memastikan kantor terus berjalan secara efisien. Tugas pengorganisasian, antara lain memilah surat masuk dan memberikannya kepada orang yang tepat di kantor, menginventarisasi perlengkapan kantor, mengatur dokumen kantor dengan cara yang mudah diakses karyawan lain, hingga melakukan pengarsipan.

6. Komputer

Dalam mendukung pekerjaan admin, pengetahuan menggunakan komputer diperlukan. Hal ini karena sebagian besar pekerjaan diselesaikan melalui komputer.

Beberapa tugas admin yang berkaitan dengan komputer, yaitu menggunakan program Microsoft Office, mengelola media sosial dan situs web, dokumentasi, melakukan riset online, hingga memelihara peralatan elektronik seperti printer, scanner, mesin faksimile, dan telepon.

Share:

Facebook
Twitter
WhatsApp

Leave a Comment

Ilmu Bermanfaat

Lainnya

Apa Perbedaan Entrepreneur dan Intrapreneur?

Apa Itu Intrapreneur? Intrapreneur adalah pelaku utama dari kegiatan intrapreneurship, yaitu karyawan perusahaan dengan jiwa wirausaha. Seorang intrapreneur memiliki potensi untuk mengembangkan perusahaan seolah itu adalah

Mailketing by Regrow

PT. Digital Bertuah Nusantara
Jl. Mangga No. 94B
Pekanbaru - Riau
Indonesia

© 2022 mailketing.co.id All rights reserved. ‍

Dapatkan Materi Email Marketing Gratis !