Tips Fotografi Produk untuk Hasil Terbaik

Fotografi produk adalah salah satu aspek penting yang harus diperhatikan saat berjualan di Internet. Bagi Anda yang menjalankan bisnis online shop (toko online), Anda perlu mempelajari fotografi produk untuk menghasilkan foto produk yang dapat membuat orang tertarik membelinya.

Berikut simak beberapa tips yang bisa diterapkan dalam fotografi produk agar mendapatkan hasil terbaik:

1. Kamera Berkualitas

Usahakan untuk menggunakan kamera yang berkualitas seperti DSLR atau mirrorless yang bagus. Bila dana terbatas, memakai kamera ponsel juga tidak masalah, asalkan gambarnya tidak blur dan detail produk bisa terlihat dengan baik.

2. Sumber Cahaya yang Baik

Rahasia utama fotografi produk yang baik ialah pencahayaan. Sumber cahaya sangat mempengaruhi hasil foto. Cahaya yang terlalu terang atau pun terlalu gelap akan mengaburkan warna dan detail produk. Tanpa sumber cahaya yang baik, sebagus apapun subjek dan lokasi foto, maka hasilnya tidak akan maksimal.

Anda bisa menggunakan sumber cahaya dari matahari atau lampu. Namun, pastikan cahayanya tidak berlebihan karena dapat menghasilkan foto dengan kontras yang kuat dan highlight yang sangat terang.

3. Latar Belakang Putih

Hal penting lainnya yang perlu diperhatikan dalam fotografi produk, yakni gunakan latar belakang foto yang satu warna. Sebaiknya, gunakan warna putih, sebab putih merupakan warna yang netral dan tidak mengganggu perhatian. Produk akan menjadi fokus utama. Foto juga akan lebih mudah diedit.

4. Gunakan Model

Jika memungkinkan, gunakan model untuk mendemonstrasikan produk. Namun sebaiknya, hanya produk untuk sesuatu yang dipakai saja seperti pakaian. Ini akan memberikan gambaran jelas kepada calon pembeli bagaimana pakaiannya saat dikenakan.

5. Sudut Pengambilan Gambar

Angle foto atau sudut pengambilan gambar mempengaruhi tampilan produk di mata calon pembeli. Tentunya, sudut pengambilan foto yang pas untuk setiap produk bisa berbeda-beda.

Misalnya, produk baju lebih baik difoto dari depan, sedangkan produk makanan lebih baik dari atas. Selain itu, jika perlu, Anda bisa mengambil beberapa foto dari berbagai angle untuk menunjukkan detail penampakan produk dari berbagai sisi.

6. Eksplorasi Berbagai Lokasi

Pemilihan lokasi foto produk juga bisa menjadi hal penting yang perlu diperhatikan. Jika produk yang akan Anda jual memiliki warna yang cocok dengan alam, pilihlah pantai, hutan, atau taman sebagai latar belakangnya.

Alam juga membangkitkan emosi yang kuat pada manusia sehingga membuat hasil foto lebih menarik. Selain itu, fotografi produk, seperti barang-barang rumah tangga sebaiknya difoto di lingkungan rumah. Dengan demikian, pembeli akan berpikir apakah mereka akan membutuhkan produk tersebut di rumah mereka sendiri.

7. Edit Foto

Untuk menyempurnakan fotografi produk, lakukan proses pengeditan menggunakan program aplikasi edit foto. Usahakan foto produk terlihat natural meski telah diedit. Jangan lupa tambahkan watermark agar orang lain tidak bisa menggunakan foto Anda seenaknya. Selain itu, compress atau perkecil ukuran foto sebelum diunggah ke website toko online Anda.

Share:

Facebook
Twitter
WhatsApp

Leave a Comment

Ilmu Bermanfaat

Lainnya

Apa Perbedaan Entrepreneur dan Intrapreneur?

Apa Itu Intrapreneur? Intrapreneur adalah pelaku utama dari kegiatan intrapreneurship, yaitu karyawan perusahaan dengan jiwa wirausaha. Seorang intrapreneur memiliki potensi untuk mengembangkan perusahaan seolah itu adalah

Mailketing by Regrow

PT. Digital Bertuah Nusantara
Jl. Mangga No. 94B
Pekanbaru - Riau
Indonesia

© 2022 mailketing.co.id All rights reserved. ‍