Ini Dia Manfaat Promosi Untuk Meningkatkan Penjualan

Meski promosi diperuntukkan untuk usaha yang sudah berjalan lama, tapi bagi usaha yang baru saja berjalan, promosi akan lebih dibutuhkan manfaatnya.

Untuk menilik lebih jelasnya lagi, di bawah ini ada beberapa manfaat promosi untuk usaha yang perlu Anda ketahui saat akan membuka bisnis baru.

1. Membangun Branding Usahamu

Manfaat promosi tentunya untuk dapat membangun branding dari suatu produk atau jasa yang Anda jual. Setiap pemilik usaha pasti ingin brand atau mereknya mudah diingat dan dikenali banyak orang. Meski desain logo dan produk yang ditawarkan sudah bagus, tapi jika tanpa promosi, maka akan sulit untuk membangun branding yang baik.

Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk melakukan promosi supaya nantinya tingkat visibilitas merek dagang bisa menjadi lebih tinggi. Dengan melakukan promosi, masyarakat bisa lebih mengetahui tentang keberadaan dari merek serta produk usaha milikmu.

2. Menciptakan Komunikasi dengan Pelanggan

Dengan memberikan promosi pada usaha, maka Anda bisa membangun komunikasi dengan pelanggan secara lebih intens, baik itu pelanggan lama dan baru. Saat melihat adanya promosi yang dilakukan, pelanggan umumnya akan bertanya terlebih dahulu mengenai syarat dan ketentuan berlakunya. Pada saat bertanya inilah komunikasi dengan pelanggan akan berjalan.

Oleh karena itu, usahakan untuk menjawab dan menjelaskan pertanyaan dari pelanggan sebaik mungkin supaya nantinya pelanggan akan lebih tertarik untuk membeli produk kita.

3. Meningkatkan Awareness Tentang Produk Baru

Salah satu manfaat promosi adalah untuk memperkenalkan produk terbaru dari usaha milik Anda. Ketika Anda melakukan promosi, maka Anda bisa menciptakan awareness dan memberitahukan kepada masyarakat kalau ada produk baru yang dikeluarkan oleh merek usaha Anda.

Selain mengenalkan produk baru, dengan adanya promosi, Anda juga bisa mengenalkan produk lama. Siapa tahu ada pelanggan yang tidak mengetahui produk lama tersebut sehingga saat melihat promosi yang Anda lakukan dengan produk lama, mereka jadi mengetahuinya.

4. Dapat Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Promosi dilakukan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. Pelanggan lama terkadang jarang berbelanja lagi. Entah karena budget yang dimiliki sedang terbatas atau memang hanya karena tidak ingin berbelanja. Tapi dengan adanya promosi, maka pelanggan lama bisa tertarik lagi untuk membeli karena sedang ada promo.

Anda bisa menawarkan kepada pelanggan lama melalui chat atau email untuk memberitahu kalau sedang ada promo yang diadakan oleh merek usahamu. Menarik bukan?

5. Membentuk Karakter yang Berbeda dengan Brand Lain

Dengan kreativitas, Anda juga dapat menciptakan perbedaan dengan brand lain. Ini juga menjadi manfaat promosi yang tidak kalah penting. Ketika kita memberikan promosi, baik itu untuk produk baru atau lama, hal tersebut akan membuat orang melirik barang dagangan kita.

Mereka juga akan membandingkan harga dan kualitas dari produk yang kita miliki dengan kompetitor. Nah, berhubung brand kita sedang ada promo, jika pelanggan merasa diuntungkan, maka mereka akan memilih dan membeli produk kita.

Share:

Facebook
Twitter
WhatsApp

Leave a Comment

Ilmu Bermanfaat

Lainnya

Apa Perbedaan Entrepreneur dan Intrapreneur?

Apa Itu Intrapreneur? Intrapreneur adalah pelaku utama dari kegiatan intrapreneurship, yaitu karyawan perusahaan dengan jiwa wirausaha. Seorang intrapreneur memiliki potensi untuk mengembangkan perusahaan seolah itu adalah

Mailketing by Regrow

PT. Digital Bertuah Nusantara
Jl. Mangga No. 94B
Pekanbaru - Riau
Indonesia

© 2022 mailketing.co.id All rights reserved. ‍