Strategi Marketing Kekinian Dengan Giveaway

Apa itu Giveaway?

Giveaway adalah strategi promosi dengan membagikan hadiah kepada audiens dengan syarat tertentu. Biasanya, syaratnya sesuai tujuan giveaway, seperti berkomentar di postingan, hingga melakukan challenge.

Nah, meskipun asal kata give away adalah memberikan sesuatu dengan cuma-cuma, ketentuan program yang jelas merupakan bagian tidak terpisahkan dari aktivitas marketing ini.

Pada perkembangannya, giveaway menjadi sering dimanfaatkan untuk mempromosikan produk.

Manfaat Giveaway

Bagi audiens, giveaway adalah peluang emas untuk mendapatkan hadiah secara cuma-cuma. Tapi, bagi bisnis, strategi give away juga punya banyak manfaat sebagai berikut:

1. Meningkatkan Leads

Salah satu manfaat giveaway adalah bisa meningkatkan leads, yaitu calon konsumen potensial. Hal ini bisa dilakukan jika syarat mendapat hadiah giveaway adalah memberikan kontak yang bisa dihubungi.

Kontak untuk leads ini tentunya bukan sekadar nama dan nomor telepon, tapi bisa lebih beragam. Contohnya akun instagram, email, hingga nomor WhatsApp.

Berbekal kontak tersebut, Anda bisa mengirimkan informasi seputar bisnis Anda ketika menggelar promo atau merilis produk terbaru.

2. Menambah Engagement

Keuntungan mengadakan giveaway adalah meningkatkan engagement dari audiens. Engagement adalah komunikasi antara Anda dan konsumen.

Makin tinggi engagement di setiap channel pemasaran Anda, makin besar peluang membentuk pelanggan menjadi loyal. Dengan begitu, bisnis jadi lebih mudah berkembang.

Engagement bisa menunjukkan bagaimana konsumen mempercayai produk Anda. Di sisi lain, Anda juga bisa mendapatkan feedback untuk mengembangkan produk jika konsumen mengatakan masih terdapat kekurangan.

3. Menguatkan Brand Awareness

Selanjutnya, manfaat giveaway adalah meningkatkan pemahaman konsumen tentang brand. Dengan program bagi hadiah seperti ini, mereka bisa mengenal bisnis Anda dengan mudah.

Brand awareness adalah kesadaran pelanggan terhadap produk atau layanan Anda. Mulai dari nama, logo, tagline, warna, dan hal lain terkait brand tersebut.

Giveaway sering digunakan untuk meningkatkan brand awareness. Apa alasannya?

  • lebih mudah menjaring konsumen baru
  • membangun kepercayaan terhadap brand tersebut
  • membentuk konsumen yang loyal

Mari ambil contoh lain. Apa yang Anda pikirkan ketika melihat gambar di bawah ini?

Seberapa banyak dari Anda menyebut air mineral dengan Aqua? Padahal banyak merek selain itu. Nah, itu karena brand Aqua sudah sangat kuat. Tingkat brand awareness seperti itu yang perlu didapatkan.

Nah, kalau Anda sering menggelar program giveaway untuk mengenalkan produk, brand awareness juga akan ikut terdampak positif.

4. Ajang Promosi Mulut ke Mulut yang Efektif 

Giveaway juga bisa menjadi salah satu promosi yang menguntungkan. Salah satunya, pemasaran dari mulut ke mulut.

Promosi dari mulut ke mulut belum ketinggalan zaman. Faktanya, 90% orang masih membeli barang hasil rekomendasi dari temannya. Semakin sering sebuah brand diperbincangkan, semakin dikenal brand itu.

Pada akhirnya, hal ini akan dapat meningkatkan kepercayaan pada sebuah produk dan mendorong penjualan.

Di era digital seperti sekarang, promosi mulut ke mulut menjadi jauh lebih luas dampaknya. Sebab, bisa dilakukan di berbagai platform dalam bentuk testimoni, review dan lainnya.

5. Hemat Budget

Giveaway itu hemat budget? Lho, bukannya malah boros ya karena bagi-bagi hadiah?

Sekilas memang terlihat demikian. Tapi, sebenarnya dengan anggaran minim, hasil yang Anda dapat lebih optimal lho. Coba bandingkan dengan memasang iklan di baliho. Untuk dapat audiens banyak, harus semakin banyak yang dipasang, bukan?

Dengan giveaway, nilai hadiah bisa disesuaikan, audiensnya jauh lebih spesifik dan engagementnya lebih bisa diukur. Kalau mendapatkan leads, daftar calon konsumennya juga lebih potensial.

Dengan biaya yang cukup minim, exposure (jangkauan) promosinya bisa lebih luas.

6. Program Mudah Dijalankan

Dibandingkan strategi pemasaran lain, giveaway lebih mudah untuk dijalankan. Inilah manfaat giveaway yang paling mudah dikenali. Kenapa demikian?

Program berbagi diskon paling banyak menarik perhatian dengan konsep yang sederhana. Jadi, ketika Anda sudah menentukan target audiens, jenis hadiah giveaway dan persyaratannya, give away bisa langsung digelar.

Bahkan, dengan berbagai channel marketing yang ada, Anda bisa dengan mudah menjalankannya dengan segera. Misalnya, melalui website atau media sosial.

Share:

Facebook
Twitter
WhatsApp

Leave a Comment

Ilmu Bermanfaat

Lainnya

Apa Perbedaan Entrepreneur dan Intrapreneur?

Apa Itu Intrapreneur? Intrapreneur adalah pelaku utama dari kegiatan intrapreneurship, yaitu karyawan perusahaan dengan jiwa wirausaha. Seorang intrapreneur memiliki potensi untuk mengembangkan perusahaan seolah itu adalah

Mailketing by Regrow

PT. Digital Bertuah Nusantara
Jl. Mangga No. 94B
Pekanbaru - Riau
Indonesia

© 2022 mailketing.co.id All rights reserved. ‍