Mengapa Marketing Funnel Penting?

Funnel adalah sistem pemasaran yang merupakan bentuk lain dari customer journey.

Baik marketing funnel atau customer journey, keduanya sama-sama menjelaskan suatu proses tentang seseorang yang tidak mengenal brand, kemudian mengenal brand, menimbang-nimbang, melakukan pembelian, menilai produk dari brand, hingga akhirnya menjadi pelanggan setia.

Dikutip dari laman SendPulse, marketing funnel digambarkan sebagai corong. Jadi, seperti sebuah corong, pemasar membuat jaring yang luas untuk menangkap sebanyak mungkin prospek, dan kemudian perlahan-lahan memelihara calon pelanggan melalui keputusan pembelian

Visualisasi dalam bentuk corong dapat menggambarkan proses pemasaran dalam bisnis. Misalnya ketika tahap awal promosi, Anda sebagai pebisnis mungkin dapat menjangkau orang sebanyak mungkin.

Namun, dari sekian banyak calon pelanggan tersebut, akan hanya ada sedikit orang yang benar-benar ingin tahu tentang brand milik Anda. Orang yang membeli dan menjadi pelanggan setia pun pada akhirnya dapat dihitung dengan jari.

Mengapa Marketing Funnel Penting?

Lalu, mengapa marketing funnel menjadi penting bagi sebuah bisnis? Berikut alasan dan manfaat dari penggunaan marketing funnel.

1. Membantu Menentukan Strategi Pemasaran

Melalui marketing funnel, Anda dapat memahami calon pelanggan bagaimana mereka mengetahui brand dan mengapa memutuskan untuk melakukan pembelian.

Saat memahami hal tersebut, Anda pun bisa lebih mudah dalam menganalisis strategi pemasaran mana yang paling efektif.

Anda juga bisa melihat manakah strategi yang sudah optimal dan bagian mana yang masih kurang maksimal. Jadi, Anda bisa memperbaiki strategi marketing ke arah yang lebih baik lagi.

2. Mempertahankan Promosi

Dengan marketing funnel, Anda tidak perlu lagi memikirkan langkah selanjutnya untuk menarik dan mempertahankan pelanggan.

Jadi, Anda bisa mempertahankan promosi dalam jangka panjang, tanpa perlu mengubahnya sesering mungkin yang bisa memakan waktu dan biaya besar.

Meski demikian, Anda harus membuat rencana aktivitas pemasaran yang matang, sehingga bisa mendorong calon pelanggan untuk melakukan pembelian produk.

3. Menghemat Waktu dan Tenaga

Marketing funnel memungkinkan Anda untuk mengetahui perjalanan pelanggan, sehingga memiliki rencana aktivitas pemasaran yang lebih matang.

Dengan demikian, Anda bisa menghemat waktu dan tenaga dalam mengoptimalisasi pemasaran bisnis. Hal ini juga memungkinkan Anda untuk mencapai hasil terbaik yang diinginkan.

4. Meningkatkan Penjualan

Selanjutnya, yang menjadi manfaat marketing funnel adalah bisa membantu bisnis Anda dalam meningkatkan penjualan.

Bahkan, marketing funnel dapat mempertahankan pelanggan dalam jangka panjang karena Anda bisa menerapkan rencana aktivitas pascapembelian. Jadi, pelanggan tetap terlibat dan kembali berbelanja di kemudian hari.

Hal ini sangat penting bagi keberlangsungan bisnis karena mempertahankan pelanggan yang sudah ada akan menghemat biaya hingga 5 kali lebih murah daripada mendapatkan pelanggan yang baru.

5. Memprediksi Penjualan

Marketing funnel yang diibaratkan sebagai corong memungkinkan Anda untuk memahami hasil aktivitas pemasaran dengan lebih baik.

Anda juga dapat mengetahui konversi prospek untuk setiap tahap pemasaran. Jadi, Anda mampu memprediksi berapa banyak prospek yang pada akhirnya akan berubah menjadi pelanggan yang membeli produk.

Share:

Facebook
Twitter
WhatsApp

Leave a Comment

Ilmu Bermanfaat

Lainnya

Cara Menjalankan Bisnis Dengan Otomatis

Email automation merupakan sebuah cara mengirim email secara otomatis. Sehingga Anda tak perlu lagi melakukan pengiriman satu per satu secara manual. Dengan email automation, dapat

Teknik Meningkatkan Penjualan Online

Sebagiaman kita tahu, cara berjualan offline dengan cara online sudah pasti berbeda. Anda yang sudah membuka toko online namun tidak kunjung menghasilkan konversi dan mendapat

Tips Cara Bisnis Jual Beli Nama Domain

Boleh dibilang, potensi bisnis jual beli domain cukup cerah. Mengingat, pertumbuhan jumlah website setiap tahunnya cenderung naik. Yang artinya, kebutuhan akan domain pasti selalu ada.

Mailketing by Regrow

PT. Digital Bertuah Nusantara
Jl. Mangga No. 94B
Pekanbaru - Riau
Indonesia

© 2022 mailketing.co.id All rights reserved. ‍

Dapatkan Materi Email Marketing Gratis !