Keutungan Brand Equity dalam Bisnis

Jika ingin bisnis Anda lebih dikenal banyak orang dibanding dengan kompetitor, Anda harus memiliki brand equity atau ekuitas merek yang baik.

Brand equity adalah istilah pemasaran yang menggambarkan nilai merek.

Melansir Shopify, nilai merek yang dimaksud dapat ditentukan oleh persepsi dan pengalaman konsumen dengan merek tersebut.

Jika orang berpikir bagus tentang suatu merek dan merekomendasikannya pada orang lain, itu memiliki ekuitas merek yang positif.

Sebaliknya, ketika sebuah merek dinilai mengecewakan sehingga orang cenderung merekomendasikan agar orang lain menghindarinya, itu berarti memiliki ekuitas merek yang negatif.

Nah, jika bisnis Anda ingin sukses besar, penting bagi Anda untuk memiliki ekuitas merek yang positif di mata konsumen.

Manfaat Brand Equity

Lantas, apa manfaat dari brand equity bagi sebuah bisnis?

1. Meningkatkan Brand Awareness

Dikutip dari Forbes, brand equity bisa membantu konsumen dalam meningkatkan kesadaran merek pada konsumen.

Jika konsumen puas terhadap produk atau layanan yang ditawarkan oleh bisnis Anda, pasti mereka akan lebih mudah untuk mengenali merek Anda di kemudian hari.

Semakin positif ekuitas merek yang dibangun, akan semakin besar pula brand awareness yang dihasilkan.

2. Membangun Loyalitas Konsumen

Manfaat brand equity selanjutnya adalah dapat membangun loyalitas konsumen.

Hal ini karena jika suatu merek sudah memiliki ekuitas merek yang positif, konsumen cenderung akan terus membeli merek tersebut dibanding kompetitor.

Jadi, konsumen benar-benar setia dengan merek yang memiliki brand equity bagus.

3. Menciptakan Customer Retention

Selain melakukan repeat order sebagai bentuk loyalitas konsumen terhadap suatu merek, brand equity juga bisa menciptakan customer retention.

Dengan demikian, konsumen akan tetap bertahan bersama brand yang dimaksud.

Apabila mereka sudah membeli salah satu produk atau layanan dari merek tersebut, kemungkinan bagi mereka untuk membeli produk lain dengan merek yang sama akan meningkat.

Komponen Brand Equity

Adapun komponen penting yang terdapat dalam ekuitas merek, antara lain:

Persepsi Merek

Persepsi merek adalah apa yang pelanggan yakini dari produk atau layanan yang ditawarkan, bukan apa yang dikatakan oleh perusahaan pemilik merek.

Efek Positif atau Negatif

Ketika konsumen bereaksi positif terhadap suatu merek, reputasi, produk, dan laba perusahaan meningkat pesat. Sementara itu, reaksi konsumen yang negatif tentu saja akan berdampak sebaliknya.

Nilai

Efek positif mengembalikan nilai berwujud dan tidak berwujud. Nilai berwujud terdiri dari keuntungan atau peningkatan pendapatan.

Sementara nilai tidak berwujud adalah kesadaran merek. Sedangkan efek negatif dapat mengurangi nilai, baik nilai yang berwujud dan tidak berwujud.

Share:

Facebook
Twitter
WhatsApp

Leave a Comment

Ilmu Bermanfaat

Lainnya

Apa Itu Web Service? Dan Apa Fungsinya?

Tingkat konsumsi internet penduduk Indonesia sangat tinggi. Mengingat hal tersebut, sudah selayaknya setiap website memiliki kapasitas, keamanan, dan kecepatan yang memadai. Salah satu caranya yaitu dengan

Apa itu Social Bookmarking?

Ketika berselancar internet, Anda mungkin pernah melihat fitur bookmark pada browser. Fitur browser ini berfungsi untuk menyimpan halaman situs web tertentu agar bisa dibuka kembali di masa mendatang tanpa

Cara Dapat Uang dari Travel Blog

Sebagaimana yang diketahui, internet sudah berkembang cukup pesat, ada berbagai macam blog yang bisa ditemukan. Jadi, tidak hanya travel blog saja, adapun blog-blog lainnya, seperti

Mailketing by Regrow

PT. Digital Bertuah Nusantara
Jl. Mangga No. 94B
Pekanbaru - Riau
Indonesia

© 2022 mailketing.co.id All rights reserved. ‍

Dapatkan Materi Email Marketing Gratis !