Jenis-Jenis Industri Kreatif Yang Harus Anda Ketahui

Dengan terus berkembangnya usaha kreatif, saat ini terdapat banyak jenis industri kreatif di Indonesia, di antaranya:

1. Periklanan

Periklanan merupakan jenis industri kreatif yang cukup potensial untuk dikembangkan. Buktinya, pertumbuhan belanja iklan di Indonesia terus naik, bahkan tercatat mencapai 13% di tahun 2021.

Sebagai usaha untuk mempromosikan produk atau layanan ke calon konsumen, periklanan memerlukan SDM yang memiliki kreativitas tinggi. Prosesnya pun cukup banyak, mulai dari merencanakan, membuat, dan mendistribusikan iklan ke berbagai media.

2. Arsitektur

Arsitektur termasuk industri kreatif karena hasil produknya berkaitan dengan bangunan dan struktur yang dianggap sebagai karya seni dengan kreativitas tinggi.

Nah, potensi industri kreatif arsitektur cukup besar. Mulai pada lingkup konstruksi dan desain interior, hingga pada penataan kota dan arsitektur lanskap.

Ditambah lagi, adanya perdagangan internasional memungkinkan banyak proyek yang bisa saja menggunakan jasa arsitek Indonesia. Itulah sebabnya, arsitektur diproyeksikan terus mengalami pertumbuhan pesat.

3. Pasar barang seni

Jenis industri kreatif selanjutnya adalah pasar barang seni. Pasar barang seni merupakan industri yang meliputi kegiatan jual-beli atau pameran sebuah karya seni juga memiliki prospek cerah.

Bahkan industri yang awalnya dianggap hanya akan menarik konsumen orang tua ini,  kini mulai mendapat apresiasi anak muda. Benarkah?

Kian hari, kian banyak anak muda yang mulai tertarik pada galeri seni dan museum. Hal ini ditandai dengan populernya tagar #museumselfie yang menunjukkan bahwa museum menjadi spot foto andalan masa kini.

Ini tentu menjadi potensi tumbuhkan ekonomi dari industri kreatif ini.

4. Seni Kriya

Berbicara tentang seni kriya memang tidak bisa jauh-jauh dari ide kreatif dan inovasi. Didasari keberagaman budaya Indonesia, produk seni kriya pun jadi beragam tergantung pada ciri khas tiap daerah.

Seni kriya juga termasuk ke dalam tiga kontributor terbesar PDB nasional. Tak hanya sebatas bernilai estetika, banyak produk seni kriya yang memiliki fungsi terapan. Itulah mengapa, pertumbuhan seni kriya masih terus melonjak.

Bahkan, produk seni kriya nasional menembus angka 14,9% dari total PDB nasional selama masa pandemi.

5. Desain 

Sesuai namanya, industri desain berkaitan dengan hal-hal yang membutuhkan kreativitas tinggi untuk menghasilkan sebuah karya desain.

Beralihnya bisnis ke ranah digital makin membuat industri ini terus berkembang pesat. Apalagi, desain visual menjadi kunci penting supaya pesan yang disampaikan dapat lebih mudah diingat oleh masyarakat. Hal itulah yang menyebabkan permintaan akan produk dari industri kreatif desain kian banyak.

6. Fashion 

Fashion termasuk ke dalam industri kreatif karena sifatnya yang selalu berubah mengikuti perkembangan zaman. Desainer busana seakan dituntut untuk terus berinovasi dalam menciptakan karya agar menjadi sebuah tren.

Alhasil, berbagai produk busana baru selalu muncul dan menarik perhatian konsumen.

Dampaknya, aktivitas ekonomi dari industri fashion mampu  menyumbang hampir 7% dari total PDB nasiona dan telah menyediakan lapangan pekerjaan pada 3,7 juta penduduk Indonesia.

7. Video, film, dan fotografi 

Video, film, dan fotografi adalah jenis industri kreatif yang berkaitan dengan proses pembuatan karya, mulai dari ide, melakukan casting aktor atau model, menjalani produksi, hingga aktivitas promosi.

Nah, dalam prosesnya, pelaku industri ini harus terus memunculkan ide-ide kreatif agar karya yang dihasilkan selalu autentik dan menarik.

Banyaknya profesi yang dilibatkan dalam pembuatan sebuah karya membuat industri ini turut menyumbang lapangan pekerjaan baru. Apalagi, potensi karya bisa laku di kancah internasional membuat industri ini semakin menjanjikan.

8. Aplikasi dan Game

Industri aplikasi dan game juga merupakan sebuah industri kreatif yang tak hanya mendorong pertumbuhan ekonomi dari sisi produk, tapi juga dari kegiatan promosi yang dilakukan.

Keahlian developer dalam berkreasi dan berinovasi menciptakan produk baru membuat industri ini makin mampu bersaing dengan industri lainnya.

Kini, aplikasi dan game ini mulai menjadi industri yang menjanjikan dari sisi ekonomi dan sosial. Hal ini ditandai dengan adanya komunitas-komunitas game yang menunjukkan tingginya minat masyarakat.

9. Musik

Musik adalah jenis industri kreatif yang dalam menghasilkan karyanya melibatkan berbagai proses yang mendukung penciptaan lapangan kerja. Mulai dari komposisi musik dan rekaman, hingga promosi dan perilisan karya.

Musik memang selalu menjadi bagian dari  industri kreatif yang memiliki pasar tersendiri. Mulai dari produk berupa kaset dan CD, hingga musik yang didengarkan lewat platform musik seperti Spotify.

Dengan berkembangnya teknologi, industri musik makin menjanjikan untuk digarap dengan serius, mengingat kemudahan untuk menembus pasar global yang lebih baik.

10. Seni pertunjukan

Jenis industri kreatif yang berupa pentas sebuah karya seni juga terus berkembang.

Apalagi, dalam membuat sebuah seni pertunjukan, diperlukan bakat dan keterampilan yang mungkin hanya dimiliki beberapa orang tertentu.

Sebagai contoh, pertunjukkan musik atau drama yang membutuhkan perencanaan produksi, desain dan pembuatan busana, hingga tata panggung dan pencahayaan.

Karena panjangnya rangkaian proses produksi jenis industri ini dan harus melibatkan banyak orang, pertunjukan seni potensial untuk menyediakan lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat.

11. Penerbitan 

Penerbitan merupakan jenis industri kreatif yang menghasilkan produk berupa buku, majalah, koran, dan lainnya.

Seiring dengan berkembangnya teknologi, industri penerbitan mulai beradaptasi dengan tidak hanya menjalankan aktivitas seputar percetakan produk fisik. Saat ini, penerbitan mulai menjangkau konten digital seperti ebook hingga majalah atau koran digital.

Dengan adaptasi dan kreativitas yang dihasilkan, industri penerbitan menjadi salah satu jenis industri kreatif yang menjanjikan dengan pangsa pasar konsumen yang berbeda dari awalnya.

12. Layanan komputer 

Industri ini termasuk industri kreatif yang paling pesat perkembangannya. Alasannya, perkembangan teknologi membuat setiap orang membutuhkan produk untuk mendukung pekerjaan mereka.  Mulai dari, pembuatan website, hingga jasa reparasi komputer.

Layanan komputer memiliki potensi yang cukup besar untuk terus berkembang. Sebab, menurut Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, pertumbuhannya terus meningkat hingga lebih dari 8% per tahun.

13. Televisi dan Radio 

Industri kreatif di bidang televisi dan radio masih berperan besar dalam menyalurkan informasi dan memberikan hiburan untuk masyarakat.

Bahkan, berkembangnya internet tidak membuat televisi dan radio kehilangan peminat. Justru, saat pandemi pun pertumbuhan televisi dan radio cukup tinggi yaitu mencapai angka 10,48%.

Pun demikian, inovasi dari sisi konten tetap harus dilakukan agar televisi dan radio mampu tetap bersaing memberikan hiburan dan informasi yang menarik bagi audiens.

14. Research and Development

Research and development (R&D) merupakan usaha kreatif dengan produk berupa penelitian ilmiah  yang kian dibutuhkan masyarakat karena perkembangan teknologi.

Dalam proses penelitiannya, diperlukan ide-ide kritis dan inovatif untuk mendapatkan hasil yang akurat dan memberikan manfaat. Industri ini bisa dimanfaatkan untuk mendukung berbagai jenis industri lainnya, mulai dari menjajal pasar baru, hingga meningkatkan pendapatan.

Share:

Facebook
Twitter
WhatsApp

Leave a Comment

Ilmu Bermanfaat

Lainnya

Cara Menjalankan Bisnis Dengan Otomatis

Email automation merupakan sebuah cara mengirim email secara otomatis. Sehingga Anda tak perlu lagi melakukan pengiriman satu per satu secara manual. Dengan email automation, dapat

Teknik Meningkatkan Penjualan Online

Sebagiaman kita tahu, cara berjualan offline dengan cara online sudah pasti berbeda. Anda yang sudah membuka toko online namun tidak kunjung menghasilkan konversi dan mendapat

Tips Cara Bisnis Jual Beli Nama Domain

Boleh dibilang, potensi bisnis jual beli domain cukup cerah. Mengingat, pertumbuhan jumlah website setiap tahunnya cenderung naik. Yang artinya, kebutuhan akan domain pasti selalu ada.

Mailketing by Regrow

PT. Digital Bertuah Nusantara
Jl. Mangga No. 94B
Pekanbaru - Riau
Indonesia

© 2022 mailketing.co.id All rights reserved. ‍

Dapatkan Materi Email Marketing Gratis !