Langkah yang tak boleh terlewatkan dalam melakukan email marketing ialah menganalisis performanya. Tujuannya, untuk mengukur efektivitas campaign Anda. Sehingga Anda bisa melakukan evaluasi jika dibutuhkan.
Lalu, apa saja yang harus ditracking dalam email marketing? Ada beberapa metrik yang perlu Anda perhatikan. Berikut penjelsannya:
Deliverability
Mengukur seberapa tingkat email marketing Anda telah sampai di kotak masuk target.
Open Rate
Mengukur persentase orang yang membuka email marketing di kotak masuk target.
Click-Through Rate
Mengukur persentase orang yang klik CTA di email marketing Anda.
Bounce Rate
Mengukur persentase waktu orang-orang menutup email Anda.
Unsubscribes
Mengukur jumlah orang yang klik unsubscribe atau memutuskan berhenti langganan email marketing Anda.
Anda bisa mendapatkan hasil analisis tadi lewat platform email marketing yang Anda pakai.
Untuk memaksimalkan performa email marketing, coba lakukan A/B testing terlebih dulu. Baik dari segi subjek, judul, desain, dan CTA untuk menentukan email yang lebih efektif. Jangan lupa juga untuk selalu optimasi email marketing Anda, mulai dari subjek. Judul, CTA, dan lainnya supaya target campaign tercapai.