Cara Melakukan Analisis Performa Email Marketing

Langkah yang tak boleh terlewatkan dalam melakukan email marketing ialah menganalisis performanya. Tujuannya, untuk mengukur efektivitas campaign Anda. Sehingga Anda bisa melakukan evaluasi jika dibutuhkan.

Lalu, apa saja yang harus ditracking dalam email marketing? Ada beberapa metrik yang perlu Anda perhatikan. Berikut penjelsannya:

Deliverability

Mengukur seberapa tingkat email marketing Anda telah sampai di kotak masuk target.

Open Rate

Mengukur persentase orang yang membuka email marketing di kotak masuk target.

Click-Through Rate

Mengukur persentase orang yang klik CTA di email marketing Anda.

Bounce Rate

Mengukur persentase waktu orang-orang menutup email Anda.

Unsubscribes

Mengukur jumlah orang yang klik unsubscribe atau memutuskan berhenti langganan email marketing Anda.

Anda bisa mendapatkan hasil analisis tadi lewat platform email marketing yang Anda pakai.

Untuk memaksimalkan performa email marketing, coba lakukan A/B testing terlebih dulu. Baik dari segi subjek, judul, desain, dan CTA untuk menentukan email yang lebih efektif. Jangan lupa juga untuk selalu optimasi email marketing Anda, mulai dari subjek. Judul, CTA, dan lainnya supaya target campaign tercapai.

Share:

Facebook
Twitter
WhatsApp

Leave a Comment

Ilmu Bermanfaat

Lainnya

Apa Perbedaan Entrepreneur dan Intrapreneur?

Apa Itu Intrapreneur? Intrapreneur adalah pelaku utama dari kegiatan intrapreneurship, yaitu karyawan perusahaan dengan jiwa wirausaha. Seorang intrapreneur memiliki potensi untuk mengembangkan perusahaan seolah itu adalah

Mailketing by Regrow

PT. Digital Bertuah Nusantara
Jl. Mangga No. 94B
Pekanbaru - Riau
Indonesia

© 2022 mailketing.co.id All rights reserved. ‍