Belanja Online Jadi Solusi di Tengah Wabah Virus Corona

Merebaknya virus Corona-19 ini memang membuat resah dunia usaha dan menurunkan omset penjualan. Tentu solusi yang cukup aman adalah belanja online. Bertransaksi melalui online tidak membuat kita kontak langsung dengan penjual atau pembeli. Cukup dari rumah kita bisa memilih barang tanpa bersentuhan atau terkena udara yang dihembuskan orang lain. Lewat online, kita juga bisa memilih barang yang tersedia pada katalog produk yang disajikan.

Sektor jual beli online kian meningkat secara drastis saat dilanda wabah Corona. Warga memanfaatkan layanan online untuk membeli semua kebutuhan hidup sehari-hari. sehingga tidak terlalu sering beraktivitas di luar rumah untuk menghindari penularan virus.

Beberapa layanan online kini digunakan untuk membeli kebutuhan pokok seperti sayuran, buah-buahan, obat kesehatan dan lain-lain. Fakta ini menunjukan bahwa pemanfaatan teknologi bisa membantu masyarakat ketika mengalami bencana. Trend transaksi online akan terus meningkat dan menggeser pada kebiasaan lama yang sudah ada.

Cara Aman Belanja Online Saat Wabah Corona

Menanti kapan wabah virus Corona-19 ini berakhir memang tidak pasti. Ada kemungkinan jika tidak ada penanganan yang tepat maka wabah ini berpotensi akan berlangsung cukup lama. Tetapi, kita tentu tidak mengharapkan hal tersebut.

Sebagai warga masyarakat yang belum terbiasa berbelanja online, maka sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut agar tidak salah menentukan prioritas untuk kebutuhan.

1. Belanja Sesuai Kebutuhan

Di musim wabah penyakit seperti ini, Anda harus cermat memilih kebutuhan yang paling penting. Jika memang kondisi semakin buruk dan tidak ada lagi penjual kebutuhan pokok di luar, maka belilah kebutuhan tersebut melalui online.

Tentukan kebutuhan pokok untuk sehari-hari seperti beras, sayuran-sayuran, dan bahan pokok lain untuk kamu bisa bertahan hidup. Jangan tergiur membeli kebutuhan sekunder yang tidak mempengaruhi kamu secara langsung. Kita tidak tahu kapan wabah akan berakhir, maka cobalah berpikir lebih bijaksana saat ini.

2. Belanja Di Marketplace Terpercaya

Sebelum memutuskan berbelanja, sebaiknya memperhatikan jenis platformnya. Selain marketplace, instagram dan facebook juga menjadi platform jual beli saat ini. Banyak marketplace terkenal dengan rating tinggi yang bisa menjadi referensi berbelanja seperti Tokopedia, Bukalapak, Shoppee, JD.id, atau Olx. Mereka merupakan perusahaan marketplace besar yang memiliki record penjualan tinggi dan sistem keamanan pembayaran. Marketplace tersebut bisa menjadi rujukan buat anda untuk berbelanja.

3. Cari Toko Online yang Menawarkan Potongan Harga

Di tengah wabah Corona, mungkin banyak pedagang yang merasa kesulitan menjual dagangannya. Kondisi ini membuat mereka akan menawarkan harga yang jauh lebih murah untuk barang-barang tertentu, misalnya pakaian, furniture atau barang elektronik. Barang dijual murah karena dalam kondisi ini orang lebih fokus memenuhi kebutuhan pokok.

Oleh karena itu, kamu bisa mencari barang-barang tersebut dengan harga murah di marketplace atau toko online. Dengan mendapat potongan harga, kamu bisa lebih berhemat mengeluarkan uang. Selanjutnya lebih teliti dalam mencari barang dan tetap memperhatikan keamanan bertransaksi.

4. Perhatikan Review Penjual

Marketplace merupakan aplikasi yang memfasilitasi jual beli barang. Pada dasarnya, marketplace akan menampilkan ulasan di setiap toko online. Oleh karena itu, pembeli (buyer) harus hati-hati memilih penjual (seller) yang ada di marketplace. Sebelum membeli, pastikan anda mengecek ulasan dan testimoni si penjual. Biasanya, pengunjung yang pernah membeli barang kepada seorang penjual akan memberikan testimoninya.

Pilihlah toko online yang memiliki ulasan dan testimoni positif. Namun, ada cara berbeda jika anda menemukan toko online yang baru berjualan. Si penjual tentunya belum banyak atau tidak ada sama sekali ulasan dari pembeli sebelumnya. Anda boleh saja mencoba bertransaksi, namun disarankan membeli produknya yang dibanderol dengan harga murah. Di saat kondisi seperti ini, mungkin saja ada orang-orang yang mencari keuntungan pribadi dari kesulitan orang lain.

5. Minta Dan Cek Nomor Resi Pengiriman Ke Penjual

Saat transaksi online pasti membutuhkan jasa layanan pengiriman barang. Ada beberapa jasa layanan pengiriman barang yang bekerjasama dengan marketplace seperti JNE, JNT, Tiki, Wahana, dan lain-lain. Jika anda melakukan transaksi di marketplace secara otomatis akan mendapatkan nomor resi pengiriman. Nomor resi tersebut akan ter-input dalam data transaksi.

Pastikan, anda mengecek dan melacak pengiriman barang melalui input resi tersebut. Namun, lain halnya jika anda bertransaksi melalui toko online yang ada di Instagram atau Facebook. Jika sudah deal dengan penjual dan anda telah melakukan mentransfer uang, jangan lupa untuk meminta bukti resi. Bukti nomor resi wajib anda dapatkan dari penjual untuk memastikan barang sudah dikirim. Selain itu, anda juga bisa melacak proses pengiriman barang sampai nanti tiba di alamat pengiriman.

Share:

Facebook
Twitter
WhatsApp

Leave a Comment

Ilmu Bermanfaat

Lainnya

Cara Menjalankan Bisnis Dengan Otomatis

Email automation merupakan sebuah cara mengirim email secara otomatis. Sehingga Anda tak perlu lagi melakukan pengiriman satu per satu secara manual. Dengan email automation, dapat

Teknik Meningkatkan Penjualan Online

Sebagiaman kita tahu, cara berjualan offline dengan cara online sudah pasti berbeda. Anda yang sudah membuka toko online namun tidak kunjung menghasilkan konversi dan mendapat

Tips Cara Bisnis Jual Beli Nama Domain

Boleh dibilang, potensi bisnis jual beli domain cukup cerah. Mengingat, pertumbuhan jumlah website setiap tahunnya cenderung naik. Yang artinya, kebutuhan akan domain pasti selalu ada.

Mailketing by Regrow

PT. Digital Bertuah Nusantara
Jl. Mangga No. 94B
Pekanbaru - Riau
Indonesia

© 2022 mailketing.co.id All rights reserved. ‍

Dapatkan Materi Email Marketing Gratis !