Apakah Teknologi AI Bisa Mengubah Masa Depan?

Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan telah mempengaruhi aspek kehidupan manusia. AI yang telah tumbuh bertahun-tahun kemudian membuat banyak perubahan besar terutama terhadap sektor industri.

Umumnya, orang percaya bahwa AI sebagai solusi penyelesaian masalah. AI memiliki karakteristik pada kemampuannya sebagai sistem yang menterjemahkan kebutuhan, hingga ujungnya adalah teknologi ini dapat mengambil tindakan untuk mencapai tujuan terbaik. Namun, lebih dari itu sebenarnya AI diramalkan bisa mengubah kehidupan manusia di masa depan.

Berikut bebrapa perubahan besar yang telah dilakukan SparkBeyond dengan AI di beberapa negara di dunia.

1. Memperbaharui Sistem Perusahaan

Membantu perusahaan asuransi yang masih menerapkan sistem tradisional. SparkBeyond melakukan kerjasama dengan salah satu perusahaan asuransi terkemuka di dunia. Startup ini membantu proses mendapatkan asuransi jiwa yang jauh lebih mudah baik untuk penyedia maupun pelanggan.

Dengan penggunaan teknologi yang dimiliki SparkBeyond, perusahaan mulai memahami dan menilai resiko secara berbeda. Sebelumnya, hanya 6 persen dari pelanggan asuransi yang berbasis di Amerika Serikat (AS) yang bisa mendapatkan perlindungan tanpa pengujian invasif lebih dulu.

Namun, dengan teknologi SparkBeyond memastikan kelompok yang sebelumnya tidak mendapat asuransi, menjadi layak untuk mendapat asuransi. Sebagai contoh, memberikan layanan asuransi perlindungan bagi seorang pria berusia 69 tahun ke atas. Pendekatan penilaian risiko ini telah membuka jalan bisnis dalam industri asuransi.

2. Menghemat Bahan Bakar

Penghematan energi bisa dilakukan dengan sistem AI. SparkBeyond mengambil contoh penerapan aplikasi pada perusahaan batubara asal Indonesia. Perusahaan tersebut harus menghadapi permasalahan pada biaya operasional yakni kurang efisiennya penggunaan bahan bakar kendaraan pengangkut.

Pada awalnya, perusahaan tambang tersebut menerapkan intensif untuk pengemudi berdasarkan jumlah perjalanan yang mereka selesaikan. Perusahaan dirugikan karena pengemudi terus melakukan perjalanan tanpa menunggu muatan penuh. Keadaan ini menyebabkan bahan bakar banyak terbuang sia-sia.

Mengatasi hal ini, SparkBeyond menggunakan sistem gamifying (gamifikasi). Gamifikasi adalah penggunaan teknik desain permainan. Permainan berpikir dan permainan mekanik untuk meningkatkan non-game konteks. Gamifikasi berlaku sebagai proses, untuk mendorong orang mengadopsi mereka, atau untuk mempengaruhi bagaimana mereka digunakan. Cara ini dapat mengurangi konsumsi bahan bakar hingga 30 persen.

3. Menolong Ritel yang Sepi Pengunjung

Merosotnya pendapatan ritel terjadi di hampir semua negara. Industri ritel menghadapi tantangan seperti pergeseran perilaku konsumen. SparkBeyond membuat sistem dengan pendekatan berbeda untuk sebuah ritel di Jepang. Startup ini membuat layanan yaitu menambahkan binatu di dekat toko ritel untuk menaikkan penjualan.

Layanan ini diberikan berdasarkan kesulitan yang dialami anak-anak muda Jepang untuk mencuci pakaian. Pada akhirnya, mereka akan cenderung berbelanja barang-barang di toko sambil menunggu pakaian mereka selesai dibersihkan. Selain Jepang, SparkBeyond juga memberikan perencanaan optimalisasi layanan kepada beberapa toko yang ada di Eropa.

Perlu Payung Hukum di Masa Depan

Meskipun di masa depan, AI akan membantu perusahaan dalam menyelesaikan masalah, tetapi keberadaan teknologi tersebut justru akan memunculkan masalah baru yaitu berkurangnya ketersediaan lapangan pekerjaan.

Dari berbagai sumber, menyatakan kalau kekuatan teknologi AI akan menghapus lapangan pekerjaan yang biasanya dilakukan oleh orang-orang berpendidikan rendah. Teknologi AI juga dikhawatirkan tidak memiliki landasan dalam penerapannya sehingga rawan berbenturan dengan peraturan hukum.

Share:

Facebook
Twitter
WhatsApp

Leave a Comment

Ilmu Bermanfaat

Lainnya

Apa Perbedaan Entrepreneur dan Intrapreneur?

Apa Itu Intrapreneur? Intrapreneur adalah pelaku utama dari kegiatan intrapreneurship, yaitu karyawan perusahaan dengan jiwa wirausaha. Seorang intrapreneur memiliki potensi untuk mengembangkan perusahaan seolah itu adalah

Mailketing by Regrow

PT. Digital Bertuah Nusantara
Jl. Mangga No. 94B
Pekanbaru - Riau
Indonesia

© 2022 mailketing.co.id All rights reserved. ‍

Dapatkan Materi Email Marketing Gratis !