Apa Yang Dimaksud Dengan Distributor Bisnis?

Apakah Anda sudah tahu apa yang dimaksud dengan distributor?

Dalam dunia bisnis, Anda mungkin sering mendengar kata distributor.

Pada dasarnya, distributor berfungsi sebagai kekuatan penghubung antara produsen suatu produk dan konsumen akhir.

Cara ini bisa menjadi usaha yang sangat menguntungkan, terutama di pasar khusus di mana distributor dapat memberikan hak eksklusif kepada distributor untuk menjual produk tertentu di wilayah tertentu.

Jika Anda ingin tahu apa yang dimaksud dengan distributor, bisa menyimak penjelasan berikut ini.

Apa yang Dimaksud dengan Distributor?

Lalu, apa yang dimaksud dengan distributor, ya?

Secara umum, distributor adalah pihak yang membeli produk dalam jumlah besar dari produsen dan mendistribusikannya, baik secara langsung ke konsumen atau ke pengecer yang kemudian menjualnya ke konsumen.

Dilansir dari Finance Strategies, model bisnis distributor adalah membeli produk dari produsen dengan harga rendah dan menjualnya ke pengecer atau pengguna akhir dengan harga lebih tinggi.

Untuk memaksimalkan keuntungan, distributor harus mengadakan perjanjian pasokan yang menawarkan harga pembelian rendah untuk markup tinggi sambil berfokus pada efisiensi operasional untuk menjaga biaya jual produk tetap rendah.

Biasanya, distributor akan melakukan kerja sama dengan satu atau lebih perusahaan sekaligus untuk memasarkan, mengangkut, dan menjual barang dengan berbagai cara.

Distributor dapat meningkatkan pasar perusahaan dan mengeksposnya pada konsumen yang lebih besar, dan terkadang menawarkan layanan, dukungan teknis, atau garansi atas nama barang atau perusahaan.

Fungsi Distributor untuk Bisnis

Setelah memahami apa yang dimaksud dengan distributor, Anda juga perlu tahu fungsi atau preran distributor dalam bisnis.

Berikut penjelasannya, dikutip dari laman IREAP.

Bagi produsen, distributor berperan untuk membantu mendistribusikan barang dan jasa yang dihasilkan produsen kepada pelanggan, baik pengecer, maupun konsumen.

Jadi, produsen dapat lebih fokus dalam memantau kelangsungan produksi dan kualitas barang.

Bagi produsen, distributor juga berperan dalam mendapatkan pelanggan yang sesuai dengan wilayahnya.

Distributor juga dapat melayani pelanggan atau konsumen dengan lebih baik, karena lokasi yang dekat antara distributor dengan konsumen atau pelanggan.

Hal ini dapat dilakukan dengan melakukan promosi yang sesuai dengan kondisi wilayah di masing-masing distributor.

Kehadiran distributor juga bisa menjaga kestabilan harga, karena suatu barang yang menumpuk di satu tempat dapat menurunkan harga. Sedangkan di daerah yang kekurangan stoknya, harga barangnya cenderung naik.

Sementara bagi pelanggan, peran distributor dapat memudahkan konsumen untuk mendapatkan atau membeli barang atau jasa yang dibutuhkan.

Pasalnya, distributor dapat membantu produsen dalam menglasifikasikan/memilah produk sesuai jenis, ukuran, dan jumlahnya.

Distributor dapat memberikan perkiraan harga dan ketersediaan produk tersebut sebelum sampai ke konsumen.

Distributor pun dapat membantu pelanggan dengan membangun pusat distribusi yang tersebar di setiap provinsi.

Dengan demikian, produsen yang berada di satu wilayah saja, dapat mendistribusikan barangnya ke seluruh Indonesia dengan bantuan distributor yang memiliki jaringan gudang di seluruh daerah.

Share:

Facebook
Twitter
WhatsApp

Leave a Comment

Ilmu Bermanfaat

Lainnya

Apa Itu Web Service? Dan Apa Fungsinya?

Tingkat konsumsi internet penduduk Indonesia sangat tinggi. Mengingat hal tersebut, sudah selayaknya setiap website memiliki kapasitas, keamanan, dan kecepatan yang memadai. Salah satu caranya yaitu dengan

Apa itu Social Bookmarking?

Ketika berselancar internet, Anda mungkin pernah melihat fitur bookmark pada browser. Fitur browser ini berfungsi untuk menyimpan halaman situs web tertentu agar bisa dibuka kembali di masa mendatang tanpa

Cara Dapat Uang dari Travel Blog

Sebagaimana yang diketahui, internet sudah berkembang cukup pesat, ada berbagai macam blog yang bisa ditemukan. Jadi, tidak hanya travel blog saja, adapun blog-blog lainnya, seperti

Mailketing by Regrow

PT. Digital Bertuah Nusantara
Jl. Mangga No. 94B
Pekanbaru - Riau
Indonesia

© 2022 mailketing.co.id All rights reserved. ‍

Dapatkan Materi Email Marketing Gratis !