Apa Itu Endorse?

Di zaman serba digital seperti saat ini, ada berbagai jenis pemasaran di media sosial yang ampuh. Salah satunya endorsement atau endorse. Lalu, apa itu endorse?

Melansir laman The Economic Times, endorse adalah bentuk iklan yang menggunakan tokoh atau selebritas terkenal yang memiliki tingkat pengakuan, kepercayaan, rasa hormat, atau kesadaran yang tinggi di antara banyak orang.

Definisi orang terkenal dalam hal ini sudah bergeser tak hanya sekadar publik figur semata. Booming-nya penggunaan media sosial membuat makna orang terkenal semakin meluas.

Hal tersebut memunculkan istilah baru bernama selebgram atau influencer yang mencakup orang-orang terkenal di media sosial.

Biasanya, para selebgram atau influencer yang dimaksud terkenal karena banyaknya jumlah followers atau pengikut akun media sosial.

Nah, semakin banyak jumlah pengikutnya, biasanya akan semakin mahal pula tarif endorse yang dikenakan. Itu sebabnya, Anda harus tahu dulu apa itu endorse.

Endorse barang/jasa tersebut dapat berupa pernyataan tertulis atau lisan, posting media sosial, konten situs web, dan konten audio atau video.

Sebuah endorsement bisa dilakukan oleh individu atau dari grup, dan endorsement bisa dibayar atau tidak, tergantung pada jenis endorsement dan siapa yang memberikannya. Jadi, tergantung kesepakatan pemilik bisnis dan talent yang di-endorse.

Mari simak penjelasan lengkap mengenai apa itu endorse dan keuntungannya bagi sebuah bisnis.

Jenis-Jenis Endorse

Setelah mengetahui apa itu endorse, Anda harus memahami beberapa jenisnya. Melansir laman Indeed, berikut jenis-jenis endorsement yang biasa digunakan dalam periklanan media sosial.

Selebriti

Endorsement selebriti melibatkan seorang selebriti yang secara pribadi menyuarakan dukungan dan pendapat mereka tentang perusahaan atau produk.

Ini adalah salah satu jenis endorse yang paling populer digunakan, karena selebriti biasanya memiliki jangkauan luas di khalayak umum.

Tujuan endorse ini biasanya agar masyarakat mencintai produk/jasa yang diiklankan layaknya menyukai selebriti tersebut.

Selebgram atau Influencer

Berikutnya, ada endorse yang dilakukan oleh selebgram atau influencer. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, selebgram atau influencer adalah individu dengan banyak pengikut di internet dan di mata publik yang membuat mereka populer.

Selebgram atau influencer biasanya beroperasi di media sosial, karena platform media sosial menawarkan tempat bagi pembuat konten untuk memposting konten dan terhubung dengan audiens mereka secara langsung.

Endorse yang dilakukan oleh selebgram atau influencer dapat berupa postingan yang mempromosikan perusahaan atau video yang mengulas produk tertentu dan menjelaskannya secara detail.

Dengan endorse, perusahaan yang menjual produk akan mendapat keuntungan karena selebgram atau influencer biasanya memiliki audiens yang besar yang mungkin melakukan pembelian berdasarkan rekomendasi mereka.

Expert

Jenis endorse yang berikutnya adalah expert atau iklan yang dilakukan tokoh dengan keahlian di bidang tertentu.

Keahlian tokoh tersebut biasanya akan sesuai dengan produk atau jasa yang diiklankan. Dengan keahliannya, tokoh yang melakukan endorse mampu menarik pelanggan dari setiap konten yang diunggah.

Testimonial

Selanjutnya, ada jenis endorse testimonial yang dilakukan oleh para pengguna produk. Jadi, berasal dari masyarakat umum dan sifatnya netral.

Masyarakat tersebut nantinya diminta untuk membuat ulasan produk secara jujur dan membagikannya ke pada khalayak umum.

Cara beriklan di media sosial yang satu ini juga dinilai cukup ampuh karena masyarakat cenderung lebih percaya pada orang-orang biasa, dibanding para selebriti, selebgram, atau influencer.

Share:

Facebook
Twitter
WhatsApp

Leave a Comment

Ilmu Bermanfaat

Lainnya

Cara Menjalankan Bisnis Dengan Otomatis

Email automation merupakan sebuah cara mengirim email secara otomatis. Sehingga Anda tak perlu lagi melakukan pengiriman satu per satu secara manual. Dengan email automation, dapat

Teknik Meningkatkan Penjualan Online

Sebagiaman kita tahu, cara berjualan offline dengan cara online sudah pasti berbeda. Anda yang sudah membuka toko online namun tidak kunjung menghasilkan konversi dan mendapat

Tips Cara Bisnis Jual Beli Nama Domain

Boleh dibilang, potensi bisnis jual beli domain cukup cerah. Mengingat, pertumbuhan jumlah website setiap tahunnya cenderung naik. Yang artinya, kebutuhan akan domain pasti selalu ada.

Mailketing by Regrow

PT. Digital Bertuah Nusantara
Jl. Mangga No. 94B
Pekanbaru - Riau
Indonesia

© 2022 mailketing.co.id All rights reserved. ‍

Dapatkan Materi Email Marketing Gratis !