Apa itu Pop Up dan Apa Fungsinya?

Ketika Anda terbiasa menggunakan internet, istilah pop up mungkin tidak terdengar asing. Bentuk produk ini menampilkan pilihan menu yang baru muncul berupa teks atau gambar. Lantas, apa itu pop up?

Ketika membuka gadgetpop up sering muncul sebagai jendela notifikasi. Contoh paling sederhana yaitu notifikasi pesan baru di aplikasi, peringatan sistem, dan sebagainya. Selain gadgetpop up juga sering ditemui dalam situs web sebagai pesan, peringatan, atau pengingat.

Apa itu Pop Up?

Melansir Wisepops, pop up adalah jendela yang muncul ketika melakukan browsing di sebuah situs web. Penggunaan pop up didasari oleh beberapa alasan, termasuk promosi konten, pembuatan prospek, penawaran, hingga diskon. Selain itu, tampilannya dapat berupa bannerfull screen, dan exit-intent.

Pop up bisa juga dibilang tampilan grafis interface yang muncul saat mengakses fitur di perangkat, baik smartphone maupun situs web menggunakan komputer. Tujuan utama penggunaan pop up yaitu memudahkan sistem dalam mendapatkan atensi pengguna. Kemunculannya secara tiba-tiba membuat pop up langsung dilihat dan diperhatikan oleh user.

Jenis-jenis Pop Up

Beragam jenis pop up bisa Anda temui dengan fungsi dan tujuan berbeda-beda. Meski begitu, pada dasarnya pop up dibuat untuk keperluan interaksi antara aplikasi dan pengguna. Penerapan pop up yang baik harus dibuat secara informatif, tidak bertele-tele, dan tidak mengganggu interface.

Berikut ini adalah jenis-jenis pop up beserta contohnya:

  • Pop up aplikasi

Sesuai namanya, pop up jenis ini sering muncul sebagai notifikasi di aplikasi-aplikasi tertentu. Tampilan dan isinya pun beragam, mulai dari peringatan, pemberitahuan, dan sebagainya.

Contoh pop up aplikasi yang paling sering ditemui yaitu pop up di WhatsApp. SaatAnda menerima pesan obrolan baru, akan muncul jendela berukuran kecil berisi chat. Nah, jendela kecil inilah yang disebut pop up.

  • Pop up dialog box

Jenis pop up satu ini muncul sebagai pemberitahuan atau peringatan krusial. Pop up dialog box memiliki tampilan sebuah kotak yang berisi dialog serta opsi-opsi tertentu.

Contoh pop up dialog box yaitu Microsoft Word. Pop up akan muncul jika Anda menekan tombol ‘close’ saat membuat atau mengedit dokumen baru yang belum di-save sebelumnya.

  • Pop up iklan

Pop up iklan biasanya muncul di aplikasi atau situs web dengan tujuan mempromosikan produk atau event tertentu. Sesuai namanya, pop up jenis ini sepenuhnya digunakan untuk keperluan iklan atau promosi.

Contoh pop up iklan bisa Anda temui di berbagai aplikasi maupun situs web. Meski kehadirannya kerap dianggap mengganggu sebagian pengguna, namun Anda bisa menutup atau melewati pop up tersebut.

  • Pop up notifikasi sistem

Pop up notifikasi sistem sering muncul ketika sistem mendeteksi adanya aktivitas baru. Umumnya, bentuk pop up ini berupa pemberitahuan dari aplikasi-aplikasi yang terinstal di perangkat.

Contoh pop up notifikasi sistem pastinya sudah sering Anda temui di smartphone. Anda terbiasa membuka notifikasi dengan cara menggeser bagian atas layar, bukan? Jendela notifikasi yang muncul itulah disebut pop up notifikasi sistem.

  • Pop up pengaturan

Pop up pengaturan muncul berupa menu yang berisi berbagai opsi tertentu. Pop up ini memiliki opsi pengaturan yang beragam, mulai dari akses fitur, perintah, dan lain sebagainya.

Contoh pop up pengaturan bisa Anda temui pada layar komputer. Jika Anda menekan klik kanan di desktop, akan muncul kotak berisi opsi-opsi. Itulah yang dimaksud dengan pop up pengaturan.

Fungsi Pop Up

Berikut ini adalah beberapa fungsi pop up:

  • Alat promosi

Fungsi pop up yang pertama yaitu sebagai sarana atau alat promosi. Promosi dibuat dalam bentuk pop up iklan yang muncul jika Anda memasang aplikasi dengan elemen atau fitur berbayar di dalamnya. Aplikasi-aplikasi marketplace seperti Shopee, Lazada, Tokopedia, dan sebagainya, menggunakan pop up untuk memberitahu pengguna terkait promosi yang ada di platform mereka.

  • Sistem peringatan

Selain alat promosi, pop up juga berfungsi sebagai sistem peringatan. Fungsi ini membantu pengguna bilamana terjadi sebuah masalah pada sistem perangkat. Sehingga, memudahkan pengguna menentukan tindakan apa yang perlu dilakukan.

Sebagai contoh, kondisi ruang penyimpanan perangkat milikmu hampir penuh. Sistem akan memunculkan pop up notifikasi berupa peringatan terkait kondisi storage perangkat.

  • Notifikasi

Fungsi pop up yang terakhir adalah sebagai notifikasi. Notifikasi yang dimaksud dapat berupa peringatan atau pemberitahuan berisi informasi tertentu. Fungsi pop up ini memungkinkan pengguna membuat opsi tindakan dengan cara mengklik jendela pop up.

Share:

Facebook
Twitter
WhatsApp

Leave a Comment

Ilmu Bermanfaat

Lainnya

Cara Menjalankan Bisnis Dengan Otomatis

Email automation merupakan sebuah cara mengirim email secara otomatis. Sehingga Anda tak perlu lagi melakukan pengiriman satu per satu secara manual. Dengan email automation, dapat

Teknik Meningkatkan Penjualan Online

Sebagiaman kita tahu, cara berjualan offline dengan cara online sudah pasti berbeda. Anda yang sudah membuka toko online namun tidak kunjung menghasilkan konversi dan mendapat

Tips Cara Bisnis Jual Beli Nama Domain

Boleh dibilang, potensi bisnis jual beli domain cukup cerah. Mengingat, pertumbuhan jumlah website setiap tahunnya cenderung naik. Yang artinya, kebutuhan akan domain pasti selalu ada.

Mailketing by Regrow

PT. Digital Bertuah Nusantara
Jl. Mangga No. 94B
Pekanbaru - Riau
Indonesia

© 2022 mailketing.co.id All rights reserved. ‍

Dapatkan Materi Email Marketing Gratis !