Apa Platform Terbaik untuk Buat Blog?

Ada sejumlah faktor yang perlu diperhatikan pada saat memilih platform. Tanyalah pada diri sendiri, sejauh mana kemampuan teknis yang dimiliki? Apakah Anda punya waktu cukup jika ingin memulai cara membuat blog sendiri dan mengelolanya?

Pastikan juga platform blog yang dilirik benar-benar memiliki fitur yang sesuai dengan konsep dan tujuan Anda. Setidaknya Anda bebas membuat konten, menambahkan media, dan melakukan kreasi lainnya sehingga postingan terlihat menarik. Terakhir, hitung budget Anda, khususnya jika Anda tidak selamanya ingin menggunakan blog gratis dan berencana untuk mengembangkannya.

1. WordPress.org

Jika Anda sudah familiar dengan hal-hal berbau teknis dan menyisihkan sekian budget untuk membuat blog, pilihlah sistem manajemen konten seperti WordPress.org. CMS ini sudah banyak digunakan baik untuk blog maupun website. Penggunaannya gratis. Hanya saja, untuk menjalankannya, Anda memerlukan custom domain dan web hosting.

Tingkat kesulitan untuk mempelajari penggunaannya cukup tinggi. Anda butuh waktu, bahkan harus bertanya-tanya atau mencari sumber yang sekiranya dapat mempermudah pengoperasian WordPress tipe ini. Untungnya, di internet, sudah banyak bertebaran tutorial, tips dan trik, dan juga artikel yang membahas WordPress. Anda bisa mengandalkan sumber online untuk memahami CMS terpopuler ini.

WordPress dilengkapi dengan live editor. Anda dapat mengubah dan memodifikasi tampilan blog menggunakan berbagai tema gratis dan berbayar. Untuk postingan dan halaman blog, block editor yang dimiliki WordPress versi Gutenberg menawarkan banyak opsi dan fitur yang layak dicoba.

WordPress juga menyediakan plugin untuk menambahkan fitur dan tool, misalnya tool SEO, sistem keamanan, dan manajemen blog. Setelah menyempurnakan blog, Anda bisa, lho, mencari penghasilan di internet. Terlebih lagi Anda punya kendali penuh atas blog Anda, bukan?

2. WordPress.com

Platform ini berbeda dengan WordPress.org. Menurut Wikipedia Indonesia, WordPress.com adalah situs layanan blog gratis yang menggunakan mesin WordPress, yang menyediakan semuanya untuk Anda. Tidak perlu lagi mencari provider web hosting, berlangganan salah satu paket, dan membuat domain. Anda bisa langsung menggunakan paket gratisnya yang sudah dilengkapi dengan resource yang cukup, termasuk satu subdomain.

Cara membuat blog gratis dengan platform ini jauh lebih mudah. WordPress.com memiliki pustaka atau library yang berisikan tema responsif yang dapat diatur dan disesuaikan. Dengan adanya block editor yang live dan intuitif, Anda bisa bikin blog dalam kurun waktu kurang dari sehari dan tanpa penerapan coding atau kemampuan teknis lainnya.

Manajemen blog juga bisa dilakukan melalui aplikasi WordPress yang tersedia di perangkat iOS dan Android.

Jika ingin memperoleh ruang penyimpanan yang lebih banyak, mengaktifkan domain sendiri, memaksimalkan blog sebagai sumber penghasilan, dan mendapatkan bantuan via email dan chat, paket gratis harus diupgrade ke paket berbayar. Paket personal memiliki sistem pembayaran pertahun meskipun biaya berlangganannya dihitung 4 USD/bulan. Kalau ingin menginstall plugin, paket yang dipilih adalah Business dengan biaya berlangganan sebesar 25 USD/bulan.

3. Medium

Medium ditujukan bagi Anda yang hanya ingin menulis dan tidak begitu memedulikan aspek pembuatan dan desain blog. Anda dapat menulis berbagai topik yang akan dibaca oleh hampir 100 juta pembaca terdaftar.

Tidak ada biaya yang dibebankan kepada penulis, dan penggunaannya juga cukup mudah. Anda bisa langsung menulis dan mempublikasikan konten. Desainnya yang rapi dan minimalis akan memusatkan perhatian pengunjung untuk membaca konten Anda. Peluang untuk berada di halaman pertama mesin pencari juga cukup tinggi karena Medium memiliki domain authority sebesar 96.

Selain bisa dibaca oleh jutaan subscriber, konten yang Anda tulis juga bisa diuangkan melalui Medium Partner Program. Nantinya artikel direkomendasikan ke pembaca yang sudah berlangganan. Namun perlu diingat, artikel tersebut harus melewati quality check yang dilakukan oleh tim editorial Medium terlebih dulu. Pembayaran untuk artikel Anda didasarkan pada jumlah pembaca dan akan dikirim perbulan.

4. Tumblr

Tumblr adalah platform pengelolaan blog yang sangat populer di kalangan anak-anak muda. Kontennya interaktif dan sistemnya hampir serupa dengan media sosial. Orang-orang bisa saling follow blog masing-masing. Niche atau topik yang diulas pun beragam sehingga komunitas di dalamnya lebih variatif.

Buat blog gratis adalah salah satu keunggulan Tumblr. Anda tinggal bikin akun dan menggunakan subdomain yang telah disediakan, kecuali sebelumnya Anda sudah punya domain sendiri. Bagi yang pertama kali menggunakan Tumblr, mungkin akan sedikit bingung saat mengoperasikan bagian dashboard karena area ini juga berfungsi sebagai feed.

Ada tujuh tipe postingan di Tumblr, yaitu teks, kutipan (quote), tautan (link), obrolan (chat), foto, video, dan audio. Pembaca boleh meninggalkan komentar, memberi tanda suka, reblog, dan bahkan membagikan postingan. Satu lagi keistimewaan Tumblr, yaitu pengguna bisa menambahkan hashtag ke kontennya.

Tumblr memiliki library yang di dalamnya memuat berbagai koleksi tema yang dapat dipilih dan dikelola. Hanya saja, ada batasan seberapa banyak perubahan yang bisa dilakukan oleh pengguna.

5. Blogger

Blogger sering dituju oleh orang-orang yang ingin mengetahui cara membuat blog pribadi. Hal ini tak lepas dari kesederhanaan sistem yang diberikan dan juga tidak adanya keharusan untuk berlangganan hosting. Anda hanya diwajibkan untuk memiliki akun Gmail agar bisa menjalankan platform gratis ini. Satu subdomain juga akan diberikan pada saat pendaftaran dan pembuatan akun.

Dashboard Blogger dirancang semudah mungkin agar pengguna baru bisa langsung memulai cara membuat blog sendiri. Mulai dari menginstall template, menambahkan widget, mengunggah file media, hingga mempublikasikan postingan. Bagusnya lagi, Blogger sudah terintegrasi Google AdSense sehingga Anda bisa segera memperoleh penghasilan melalui blog. Untuk membagikan konten, gunakan layanan Google+ dan tombol sharing bawaan. Jika ingin mengetahui performa blog, ada fitur statistics report (laporan statistik) yang menunjukkan datanya.

Share:

Facebook
Twitter
WhatsApp

Leave a Comment

Ilmu Bermanfaat

Lainnya

Cara Menjalankan Bisnis Dengan Otomatis

Email automation merupakan sebuah cara mengirim email secara otomatis. Sehingga Anda tak perlu lagi melakukan pengiriman satu per satu secara manual. Dengan email automation, dapat

Teknik Meningkatkan Penjualan Online

Sebagiaman kita tahu, cara berjualan offline dengan cara online sudah pasti berbeda. Anda yang sudah membuka toko online namun tidak kunjung menghasilkan konversi dan mendapat

Tips Cara Bisnis Jual Beli Nama Domain

Boleh dibilang, potensi bisnis jual beli domain cukup cerah. Mengingat, pertumbuhan jumlah website setiap tahunnya cenderung naik. Yang artinya, kebutuhan akan domain pasti selalu ada.

Mailketing by Regrow

PT. Digital Bertuah Nusantara
Jl. Mangga No. 94B
Pekanbaru - Riau
Indonesia

© 2022 mailketing.co.id All rights reserved. ‍

Dapatkan Materi Email Marketing Gratis !