10 Tips Melakukan Strategi Negosiasi Bisnis

Setelah mempelajari sejumlah strategi penting dalam bernegosiasi, yang perlu Anda lakukan adalah melatih keterampilan negosiasi Anda.

Kemudian terapkan apa yang Anda ketahui pada negosiasi yang sesungguhnya. Namun ada sejumlah detail kecil tetapi penting untuk Anda ketahui dalam menjalankan strategi negosiasi bisnis. Berikut ini sejumlah tipsnya.

1. Menyimak dan memahami masalah dari sudut pandang pihak lain.

Cobalah untuk mendapatkan pemahaman tentang apa yang penting bagi pihak lain, batasan apa yang mereka miliki, dan di mana mereka memiliki fleksibilitas. Tahan diri dari terlalu banyak bicara.

2. Bersiaplah.

Pelajari seluk-beluk mitra negosiasi Anda. Tinjau latar belakang orang yang akan Anda ajak negosiasi dan kesepakatan apa saja yang sudah pernah mereka lakukan dengan pihak lain.

3. Jaga agar negosiasi tetap profesional dan sopan.

Tidak ada yang ingin berbisnis dengan orang berkepribadian sulit atau kasar. Bersikaplah ramah untuk membangun hubungan jangka panjang.

4. Memahami dinamika kesepakatan.

Anda harus jeli membaca situasi, siapa yang punya pengaruh dalam negosiasi? Siapa yang lebih menginginkan kesepakatan? Kendala apa yang dihadapi mitra? Alternatif apa yang mereka miliki? Jika pembacaan Anda tepat, Anda berada selangkah lebih maju dalam bernegosiasi.

5. Selalu simpan draf perjanjian versi awal.

Hal ini memungkinkan Anda membingkai bagaimana kesepakatan harus terstruktur. Pihak mitra cenderung enggan untuk membuat perubahan besar pada dokumen. Oleh karena itu, Anda telah memenangkan pertempuran dengan memulai persyaratan pilihan Anda.

6. Bersiaplah untuk meninggalkan negosiasi.

Meninggalkan bukan berarti gagal. Ini merupakan taktik negosiasi yang memang berisiko. Jika Anda meninggalkan negosiasi, mungkin mitra Anda akan coba menyesuaikan lagi penawaran mereka. Namun, jika tidak, Anda harus siap untuk menggagalkannya.

7. Jangan terlalu lama dalam mencapai kesepakatan.

Makin lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan kesepakatan, makin besar kemungkinan akan terjadi sesuatu yang menggagalkannya. Anda harus cepat tanggap agar kesepakatan cepat tercapai.

8. Jangan terpaku pada kesepakatan di depan mata.

Ada banyak alternatif lain yang kompetitif. Dengan adanya berbagai alternatif, posisi negosiasi Anda dapat meningkat dan Anda bisa membuat keputusan terbaik.

9. Jangan pernah menerima tawaran pertama.

Tawaran pertama sering kali tidak menguntungkan. Mitra negosiasi Anda akan berpikir Anda akan menawar lagi dengan harga yang Anda inginkan, sehingga ia menaikkan atau menurunkan dari harga yang sewajarnya. Bernegosiasilah hingga Anda mendapat batasan harga yang dapat Anda terima.

10. Berkonsultasilah dengan konsultan dan pengacara terbaik.

Jika negosiasi yang Anda lakukan cukup rumit, jangan segan untuk meminta bantuan pihak ketiga. Mereka akan memastikan Anda tidak menjadi pihak yang dirugikan dalam negosiasi.

Itulah sejumlah strategi negosiasi bisnis dan tipsnya. Semoga negosiasi bisnis Anda berjalan dengan lancar!

Share:

Facebook
Twitter
WhatsApp

Leave a Comment

Ilmu Bermanfaat

Lainnya

Cara Menjalankan Bisnis Dengan Otomatis

Email automation merupakan sebuah cara mengirim email secara otomatis. Sehingga Anda tak perlu lagi melakukan pengiriman satu per satu secara manual. Dengan email automation, dapat

Teknik Meningkatkan Penjualan Online

Sebagiaman kita tahu, cara berjualan offline dengan cara online sudah pasti berbeda. Anda yang sudah membuka toko online namun tidak kunjung menghasilkan konversi dan mendapat

Tips Cara Bisnis Jual Beli Nama Domain

Boleh dibilang, potensi bisnis jual beli domain cukup cerah. Mengingat, pertumbuhan jumlah website setiap tahunnya cenderung naik. Yang artinya, kebutuhan akan domain pasti selalu ada.

Mailketing by Regrow

PT. Digital Bertuah Nusantara
Jl. Mangga No. 94B
Pekanbaru - Riau
Indonesia

© 2022 mailketing.co.id All rights reserved. ‍

Dapatkan Materi Email Marketing Gratis !