Tips Menemukan Peluang Usaha Yang Bagus

Salah satu yang dapat dijadikan tolak ukur untuk memastikan ciri-ciri peluang usaha yang baik dan memiliki nilai jual tinggi adalah dengan membaca dan menganalisis potensinya. Sebagai salah satu tipsnya, Anda bisa menggunakan analisis SWOT sehingga lebih mudah dalam memulai langkah berbisnis. Apa itu SWOT? Berikut perihal yang harus analisis:

  • Strengths (kekuatan)
  • Weakness (kelemahan)
  • Opportunities (peluang)
  • Threats (ancaman)

Jika kamu ingin mencari tahu lebih lanjut mengenai -ciri peluang usaha yang baik dan sudah masuk ke dalam setiap komponen SWOT, simak penjelasan berikut.

1. Mempunyai Nilai Jual yang Tinggi

Ciri-ciri peluang usaha yang baik pertama tentu saja adalah nilai jual yang tinggi. Nilai jual ini bisa dikarenakan adanya berbagai gagasan unik ketika mendirikan bisnis. Hal tersebut nantinya akan berhubungan langsung dengan pasar.

Tentunya, suatu produk yang mempunyai nilai jual tinggi pun memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan dengan produk sejenis lainnya. Keunikan ini menjadi aspek yang terpenting dalam memengaruhi nilai penjualan produk di pasar. Oleh karena itu, jika Anda ingin memulai usaha yang memiliki nilai jual tinggi, maka pastikan Anda memiliki keunikan tersendiri. Baik dari segi strategi pemasaran maupun keunggulan produknya.

2. Nyata

Tentunya, bisnis tidak akan menjadi berhasil bila tidak nyata. Nyata adalah ciri-ciri peluang usaha yang baik selanjutnya. Dalam hal ini, nyata memiliki arti bahwa segala sesuatunya sudah Anda rencanakan dengan matang. Pasalnya, sebesar apapun keinginan Anda, jika sebuah bisnis hanya ada dalam angan, maka tentu saja akan sia-sia.

Karena itu, agar bisa mewujudkan dan menjalankan bisnis, maka Anda harus memiliki sikap fokus dan serius. Selain itu, supaya usaha semakin berkembang, tentu harus mengimbangi dengan konsistensi yang tinggi. Ciri-ciri peluang usaha yang baik dan potensial ini akan bisa terwujud dengan adanya dorongan dari diri sendiri.

3. Kreativitas

Ternyata menjalankan sebuah bisnis dibutuhkan kreativitas. Jadi, menjalankan sebuah bisnis tidak sekadar mengejar target omset saja. Omset akan mengikuti jika disertai dengan pemasaran atau marketing yang kreatif. Membicarakan kreativitas, tentu saja setiap pelaku usaha memiliki caranya masing-masing.

Prinsipnya, Anda harus siap dan mampu bersaing dengan kompetitor tanpa curang, tetapi dengan kerja cerdas. Ketika Anda yakin bahwa usaha tersebut bisa berkembang, maka itu termasuk ciri-ciri peluang usaha yang baik.

4. Usaha Mampu Bertahan dalam Jangka Panjang

Bertahan lamanya suatu usaha bisa dipengaruhi dengan berbagai strategi yang kamu jalankan. Dengan era media sosial saat ini, sangat mudah bagi sesuatu untuk menjadi viral. Hal ini pun menjadi lahan yang diminat pebisnis.

Namun, penting dicatat bahwa meskipun usaha sempat viral dan mendatangkan keuntungan yang berlimpah, namun Anda harus memastikan usaha tersebut sustainable atau mampu bertahan lama. Jika tidak, Anda tentu akan mengalami kerugian.

5. Tingkat Risiko Kecil

Tidak ada bisnis yang tidak memiliki risiko. Karena itu, ciri-ciri peluang usaha yang baik bisa Anda lihat dari besar dan kecilnya risiko yang mungkin ada. Terlebih bagi pemula, hal yang paling menjadi momok ketika akan menjalankan bisnis yaitu kerugian. Untuk itu, Anda perlu menekan agar risiko kerugian tidak terlalu besar.

Bagi Anda yang masih pemula dalam sektor bisnis, agar bisa menekan risiko kerugian yang besar, sangat penting memilih dan memilah jenis usaha yang akan dijalankan. Agar lebih aman, pilih bisnis ringan terlebih dulu, sehingga ketika mendapat kompetitor yang lebih unggul maka tidak mengalami kerugian yang terlalu besar.

6. Sesuai Permintaan Pasar

Ciri-ciri peluang usaha yang baik juga dapat ditandai dari tingkat kebutuhan masyarakat, dimana produk, barang, atau jasa banyak dibutuhkan masyarakat secara luas. Karena, membuka bisnis tentunya Anda ingin mendapatkan keuntungan dan barang yang dijual pun laku dibeli, bukan?

Sebagai contoh sederhana, kebutuhan akan sayur-mayur atau sumber pangan. Semua orang jelas akan mencari dan membutuhkannya, sehingga peluang usaha jangka panjang bisa lebih langgeng. Meskipun, banyak pesaing yang menjalankan usaha ini. Sehingga tantangan yang akan Anda hadapi tetap ada.

Namun, jika Anda konsisten memberikan kualitas produk atau jasa dan memberikan pelayanan yang baik, maka usaha tersebut berpotensi akan sukses.

Share:

Facebook
Twitter
WhatsApp

Leave a Comment

Ilmu Bermanfaat

Lainnya

Apa Perbedaan Entrepreneur dan Intrapreneur?

Apa Itu Intrapreneur? Intrapreneur adalah pelaku utama dari kegiatan intrapreneurship, yaitu karyawan perusahaan dengan jiwa wirausaha. Seorang intrapreneur memiliki potensi untuk mengembangkan perusahaan seolah itu adalah

Mailketing by Regrow

PT. Digital Bertuah Nusantara
Jl. Mangga No. 94B
Pekanbaru - Riau
Indonesia

© 2022 mailketing.co.id All rights reserved. ‍

Dapatkan Materi Email Marketing Gratis !