Pentingnya Website Bagi Bisnis Online

Salah satu cara memulai bisnis online yang berhasil salah satunya dengan membangun website. Namun, banyak yang sudah berbisnis online tetapi masih belum memiliki website.

Ketika berjualan di internet, yang paling pertama ditemukan dalam mesin pencari yakni website bukan akun sosial media atau akun marketplace Anda. Selain itu, ada beberapa alasan  mengapa website begitu berpengaruh untuk meningkatkan keuntungan penjualan Anda.

1. Mendapatkan Rasa Percaya

Dalam dunia online, bisnis yang sudah memiliki website dianggap lebih terpercaya dan terlihat profesional oleh konsumen. Rasa percaya konsumen pun menjadi meningkat pada bisnis-bisnis yang sudah memiliki website. Tak jarang konsumen mencari websitenya lebih dulu untuk mencari lebih jauh mengenai produk dan memastikan toko tersebut tercaya atau tidak.

2. Mendapat Data Penjualan

Memiliki website berarti Anda berkuasa penuh akan semua hal yang terjadi dalam toko online Anda. Anda bisa mengetahui berapa jumlah pengunjung (traffic), berapa penjualan masuk, dan halaman mana yang paling banyak dikunjungi dalam website Anda.

Dengan data-data tersebut Anda bisa lebih mudah dalam menentukan langkah dan memperbaiki kekurangan. Ketika traffic sangat tinggi tetapi penjualan sedikit Anda bisa langsung mengetahuinya dan segera memperbaikinya. Hal seperti ini belum tentu bisa Anda dapatkan di media lain.

3. Katalog Digital Profesional

Ketika berbisnis, tentu Anda menawarkan produk. Dengan memiliki website, Anda akan memiliki katalog online yang terlihat lebih profesional. Memaksimalkan semua fitur di website akan membantu mengenalkan semua produk Anda dengan berbagai media mulai dari deskripsi produk, artikel, foto, video, bahkan meperkenalkan media sosial hingga marketplace Anda.

4. Mendapat Pixel Untuk Retargeting

Pixel bagi para pebisnis online menjadi sangat penting. Pixel sendiri adalah kode-kode yang bisa disisipkan dalam website untuk merekam siapa saja yang mengunjungi website Anda. Ketika pixel sudah didapat, penjual bisa melakukan proses retargeting atau menarget iklan pada orang-orang yang sudah mengunjungi website Anda.

Mengapa retargeting perlu Anda lakukan? Alasannya karena saat seseorang membuka website Anda, pembelian tidak akan langsung terjadi. Retargeting adalah salah satu prinsip dari iklan yakni terus mengulang-ulang pesan atau konten. Ketika konsumen terus dibayang-bayangi atau melihat produk yang sama terus menerus, kemungkinan besar pembeli menjadi tertarik dan berakhir dengan closing.

5. Penjualan Otomatis

Melakukan proses jual beli di dunia online akan memudahkan penjual maupun pembeli. Sistem yang serba online membuat semua hal menjadi praktis dan lebih otomatis. Anda tidak perlu menjelaskan harga dan keunggulan produk berulang-ulang, Anda pun tidak udah mencatat alamat pembeli secara manual karena pembeli sendiri yang akan melengkapi data pembelian yang sudah Anda sediakan di website.

6. Database Lengkap

Ada bisa memiliki database lebih lengkap jika Anda bermain di ranah online. Tidak hanya data standar seperti nomor telepon atau alamat, Anda bahkan bisa mendapat alamat email hingga pixel sebagai modal berjualan selanjutnya. Dengan data-data seperti ini, Anda bisa kembali menawarkan produk-produk lain yang Anda miliki.

Dengan memiliki website sudah dipastikan kepercayaan konsumen sudah ada di tangan Anda. Langkah selanjutnya adalah dengan mempelajari cara mengoptimasi toko online Anda.

Share:

Facebook
Twitter
WhatsApp

Leave a Comment

Ilmu Bermanfaat

Lainnya

Apa Perbedaan Entrepreneur dan Intrapreneur?

Apa Itu Intrapreneur? Intrapreneur adalah pelaku utama dari kegiatan intrapreneurship, yaitu karyawan perusahaan dengan jiwa wirausaha. Seorang intrapreneur memiliki potensi untuk mengembangkan perusahaan seolah itu adalah

Mailketing by Regrow

PT. Digital Bertuah Nusantara
Jl. Mangga No. 94B
Pekanbaru - Riau
Indonesia

© 2022 mailketing.co.id All rights reserved. ‍