4 Langkah Menemukan Ide Bisnis Kreatif dan Inovatif

Untuk membuka sebuah bisnis ata usaha saat ini bukanlah hal yang mudah dilakukan. Salah satu faktor yang membuat sebuah usaha mendapatkan banyak pelanggan adalah karena idenya yang unik dan berbeda daripada yang lain serta ditambah inovasi yang kreatif. Lalu bagaimana caranya menemukan ide kreatif dan inovatif untuk membuka suatu usaha atau bisnis?

1. Pecahkan masalah orang lain
Sebagaimana kita ketahui. setiap orang memiliki masalah yang berbeda-beda. Dengan Anda bisa memecahkan masalah yang orang-orang hadapi, berarti Anda sudah menemukan sebuah ide usaha dan peluang yang sudah memiliki target pasarnya tersendiri.

Lalu, bagaimana cara melakukannya?

Anda bisa melakukan dengan mengunjungi berbagai forum dan cari berbagai masalah yang dihadapi oleh orang-orang pada forum tersebut. Perhatikan juga hal-hal yang mereka inginkan. Analisa permasalahan yang muncul dan segmentasikan dalam beberapa kelompok seluruh ide tersebut. Kemudian pilih beberapa ide yang paling banyak dikeluhkan, kemudian temukan solusi untuk masalah tersebut menjadi sesuatu yang bernilai jual.

2. Pelajari masalah Anda sendiri
Setiap orang pasti mempunyai dan mengalami masalah dalam hidupnya, termasuk Anda sendiri. Karenanya cobalah untuk menemukan solusi dari masalah yang Anda hadapi. Setelah menemukan solusinya, gunakan sebagai ide usaha Anda karena mungkin bukan hanya Anda saja yang memiliki masalah tersebut dan membutuhkan solusi.

Anda juga bisa menemukan solusi untuk membuat pekerjaan Anda menjadi lebih efisien lebih produktif, atau bahkan lebih menyenangkan. Karena itu, ciptakan ide usaha dari masalah yang Anda temukan di kehidupan sehari-hari.

3. Duplikat ide yang sudah ada
Pada era ini dimana banyak orang berlomba-lomba untuk menjadi seorang pengusaha, menemukan sebuah ide kreatif yang bisa Anda gunakan sebagai inti dari usaha Anda pastinya akan sulit untuk dilakukan.

Daripada sibuk untuk mencari sebuah ide baru, Anda cukup menduplikasi ide yang sudah ada dan mencoba memberikan nilai tambah atau inovasi pada ide tersebut. Memberikan sentuhan personal merupakan hal yang sangat penting karena dua hal:

Sebagai pembeda antara usaha yang Anda miliki dengan pesaing Anda
Menghindari plagiat yang nantinya dapat berujung pada masalah hukum
4. Analisa trend media sosial
Coba periksa media sosial Anda dan perhatikan hal apa yang sedang viral saat ini. Anda mungkin ingat dengan tren Milo Es Kepal bukan! Jika Anda dapat memanfaatkan trend yang sedang terjadi dan merubahnya menjadi peluang bisnis, hal ini pastinya dapat menjadi ide yang dapat memberikan pundi-pundi uang ke dalam kantong Anda.

Share:

Facebook
Twitter
WhatsApp

Leave a Comment

Ilmu Bermanfaat

Lainnya

Cara Menjalankan Bisnis Dengan Otomatis

Email automation merupakan sebuah cara mengirim email secara otomatis. Sehingga Anda tak perlu lagi melakukan pengiriman satu per satu secara manual. Dengan email automation, dapat

Teknik Meningkatkan Penjualan Online

Sebagiaman kita tahu, cara berjualan offline dengan cara online sudah pasti berbeda. Anda yang sudah membuka toko online namun tidak kunjung menghasilkan konversi dan mendapat

Tips Cara Bisnis Jual Beli Nama Domain

Boleh dibilang, potensi bisnis jual beli domain cukup cerah. Mengingat, pertumbuhan jumlah website setiap tahunnya cenderung naik. Yang artinya, kebutuhan akan domain pasti selalu ada.

Mailketing by Regrow

PT. Digital Bertuah Nusantara
Jl. Mangga No. 94B
Pekanbaru - Riau
Indonesia

© 2022 mailketing.co.id All rights reserved. ‍

Dapatkan Materi Email Marketing Gratis !