Memanfaatkan Teknologi Web Service

Tingkat konsumsi internet penduduk Indonesia sangat tinggi. Mengingat hal tersebut, sudah selayaknya setiap website memiliki kapasitas, keamanan, dan kecepatan yang memadai. Salah satu caranya yaitu dengan memanfaatkan teknologi web service. Lantas, apa itu web service?

Apa itu Web Service?

Web service adalah aplikasi yang berisi sejumlah database dan software yang diakses oleh sebuah perangkat melalui perantara tertentu secara remote. Penggunaan web service membantu user mengatasi berbagai kendala terkait interoperabilitas serta mengintegrasikan beberapa sistem yang berbeda. Dengan begitu, pertukaran data menggunakan XML berbasis internet memungkinkan adanya kontak atau interaksi antar aplikasi.

Sama halnya situs web, umumnya web service mempunyai ciri khusus yakni penggunaan Uniform Resource Locator (URL). Namun ada beberapa hal yang membuatnya berbeda, salah satunya adalah interaksi dari web service itu sendiri. URL web service hanya memuat sejumlah informasi, command, dan konfigurasi atau sintaks untuk membangun suatu fungsi aplikasi.

Selain itu, web service juga memungkinkan pertukaran data dilakukan tanpa memandang bentuk atau sumber data tersebut. Dalam hal ini termasuk sumber basis data dan bahasa pemrograman yang digunakan. Dengan kata lain, web service bisa dibilang sebagai sebuah jembatan penghubung untuk berbagai sistem.

Fungsi Web Service

Web service adalah teknologi dengan sejumlah manfaat yang bisa dirasakan langsung baik oleh website maupun penggunanya. Berikut ini beberapa fungsi web service:

Membuat data bisa diakses

Web service memungkinkan situs web dapat diakses secara lancar dengan kecepatan yang stabil. Selain itu, teknologi ini juga berfungsi agar website bisa dibuka atau diakses kapanpun dan dimanapun. Web service mampu meminimalisir berbagai masalah terkait interoperability situs web yang tinggi.

Memungkinkan akses melalui banyak protokol

Fungsi lain teknologi web service yaitu memungkinkan akses melalui banyak protokol. Layanan tersebut memiliki standarisasi dan telah didefinisikan dengan baik oleh protocol stack. Diantaranya termasuk layanan transportasi, discovery layerdescription, pesan XML, dan sebagainya.

Interaksi antar sistem, format, dan bahasa

Fungsi terakhir web service adalah membuat website mampu berinteraksi meski operating system, format, dan bahasa pemrogramannya berbeda. Perbedaan sistem, format, atau bahasa yang digunakan client dan server bisa menyebabkan data tidak terbaca secara benar. Nah, dengan bantuan web service semua perbedaan tersebut bukanlah masalah besar.

Share:

Facebook
Twitter
WhatsApp

Leave a Comment

Ilmu Bermanfaat

Lainnya

Cara Menjalankan Bisnis Dengan Otomatis

Email automation merupakan sebuah cara mengirim email secara otomatis. Sehingga Anda tak perlu lagi melakukan pengiriman satu per satu secara manual. Dengan email automation, dapat

Teknik Meningkatkan Penjualan Online

Sebagiaman kita tahu, cara berjualan offline dengan cara online sudah pasti berbeda. Anda yang sudah membuka toko online namun tidak kunjung menghasilkan konversi dan mendapat

Tips Cara Bisnis Jual Beli Nama Domain

Boleh dibilang, potensi bisnis jual beli domain cukup cerah. Mengingat, pertumbuhan jumlah website setiap tahunnya cenderung naik. Yang artinya, kebutuhan akan domain pasti selalu ada.

Mailketing by Regrow

PT. Digital Bertuah Nusantara
Jl. Mangga No. 94B
Pekanbaru - Riau
Indonesia

© 2022 mailketing.co.id All rights reserved. ‍

Dapatkan Materi Email Marketing Gratis !