Manfaat Revolusi Industri 4.0 bagi Bisnis

Memasuki zaman yang semakin modern dan canggih, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan revolusi industry 4.0. Lalu sebenarnya, apa itu revolusi industri 4.0? Industri 4.0 merevolusi cara perusahaan memproduksi, meningkatkan, dan mendistribusikan produk mereka.

Dalam hal ini, produsen mengintegrasikan teknologi baru, termasuk Internet of Things (IoT), komputasi dan analitik cloud, serta AI, dan pembelajaran mesin ke dalam fasilitas produksi dan di seluruh operasi. Hal tersebut memungkinkan komputer terhubung dan berkomunikasi satu sama lain untuk akhirnya membuat keputusan tanpa keterlibatan manusia.

Tentu saja, dengan semakin canggihnya teknologi dalam upaya revolusi industri keempat ini mendatangkan banyak manfaat, di antaranya:

1. Menghadirkan Berbagai Inovasi

Revolusi industri 4.0 dapat mewarkan berbagai solusi yang bisa menjadi keunggulan bagi perusahaan. Selain itu, teknologi revolusi industri 4.0 juga memberi Anda berbagai pengetahuan yang lebih besar tentang proses manufaktur, rantai pasokan, rantai distribusi, kinerja bisnis, dan bahkan produk yang diproduksi.

Hal tersebut menciptakan peluang untuk berinovasi, baik itu mengubah proses bisnis, mengembangkan produk baru, mengoptimalkan rantai pasokan, dan lainnya.

2. Operasional yang Lebih Efisien

Manfaat revolusi industri keempat selanjutnya adalah bisa membuat operasional perusahaan menjadi lebih efisien. Misalnya, waktu henti mesin yang lebih sedikit serta kemampuan mesin untuk membuat lebih banyak produk dalam waktu yang lebih cepat.

Contoh lain dari peningkatan efisiensi, yaitu pergantian batch yang lebih cepat, proses pelacakan dan penelusuran otomatis, serta pelaporan otomatis. Jadi, hal ini sangat menguntungkan bagi perusahaan karena menggunakan teknologi jauh lebih efisien.

3. Menghasilkan Produk dan Layanan yang Lebih Baik

Revolusi industri 4.0 juga bisa membantu perusahaan Anda dalam menghasilkan produk dan layanan yang lebih baik kepada pelanggan. Misalnya, dengan kemampuan melacak pesanan otomatis, Anda dapat menyelesaikan masalah yang dialami pelanggan dengan cepat.

Selain itu, Anda akan memiliki lebih sedikit masalah dengan ketersediaan produk, kualitas produk akan meningkat, dan dapat menawarkan lebih banyak pilihan kepada pelanggan karena proses produksi yang lebih cepat.

4. Lebih Hemat Biaya

Meski sebenarnya teknologi termasuk ke dalam investasi besar bagi perusahaan, tetapi sesungguhnya hal ini bisa menghemat pengeluaran hingga jangka panjang. Pasalnya, teknologi revolusi industri 4.0 menciptkan otomatisasi, integrasi sistem, manajemen data, dan banyak lagi yang lebih efisien.

Kecanggihan mesin-mesin tersebut juga dapat memangkas kebutuhan sumber daya manusia, yang pada akhirnya menghemat perusahaan dalam mengeluarkan upah. Namun, hasil produksi yang tetap besar, bahkan cenderung meningkat karena teknologi yang canggih tersebut menciptakan efisiensi operasional bagi perusahaan.

5. Meningkatkan Pendapatan

Dari seluruh manfaat yang telah disebutkan sebelumnya, maka dapat disimpulkan bahwa teknologi revolusi industri 4.0 dapat menghasilkan pendapatan yang lebih tinggi untuk fasilitas produksi perusahaan. Misalnya, penggunaan teknologi yang maksimal dapat menekan biaya upah karyawan, dengan hasil produksi yang lebih banyak sehingga bisa memenuhi permintaan pasar secara cepat.

Jadi, dengan mengurangi biaya, perusahaan Anda tetap bisa mendapatkan penghasilan yang lebih tinggi. Bukan hanya itu, adanya revolusi industri 4.0 memungkinkan bisnis Anda menghasilkan produk dengan kualitas lebih tinggi, margin lebih tinggi, dan/atau lebih inovatif.

Contohnya, teknologi revolusi industri 4.0 memungkinkan Anda untuk menawarkan produk yang dipersonalisasi kepada pelanggan sambil tetap menggunakan metode produksi massal untuk membuat produk tersebut.

Share:

Facebook
Twitter
WhatsApp

Leave a Comment

Ilmu Bermanfaat

Lainnya

Apa Perbedaan Entrepreneur dan Intrapreneur?

Apa Itu Intrapreneur? Intrapreneur adalah pelaku utama dari kegiatan intrapreneurship, yaitu karyawan perusahaan dengan jiwa wirausaha. Seorang intrapreneur memiliki potensi untuk mengembangkan perusahaan seolah itu adalah

Mailketing by Regrow

PT. Digital Bertuah Nusantara
Jl. Mangga No. 94B
Pekanbaru - Riau
Indonesia

© 2022 mailketing.co.id All rights reserved. ‍

Dapatkan Materi Email Marketing Gratis !