Manfaat Networking dalam Bisnis

Networking dalam bisnis adalah proses membangun hubungan yang saling menguntungkan dengan pelaku bisnis lain, klien, atau pelanggan potensial. Hal ini juga melibatkan kontak dengan orang-orang yang memberikan informasi atau pelatihan. Networking juga dapat menjadi cara terbaik untuk menemukan vendor terkemuka, sehingga dapat disewa untuk bisnismu sendiri.

Tidak hanya untuk mendapat keuntungan, networking dalam bisnis justru sebenarnya berfokus pada proses untuk menciptakan hubungan saling percaya dan persahabatan dengan pebisnis lain. Biasanya, networking bisnis ini melibatkan pertemuan langsung, seperti konferensi, acara jejaring, atau melalui media sosial.

Ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan jika memiliki networking dalam berbisnis. Berikut di antaranya:

1. Mendapatkan Informasi

Keuntungan pertama yang bisa kamu dapatkan dari membangun networking dalam bisnis tentu saja untuk mendapatkan informasi seputar bisnis. Khususnya, informasi mengenai industri yang sedang kamu geluti saat ini.

Hal ini karena networking memungkinkan kamu berjumpa dengan pengusaha lainnya. Kamu pun bisa mendapatkan banyak insight dari perbincangan tersebut. Misalnya, terkait tren pasar saat ini.

2. Mempertemukanmu dengan Profesional

Networking juga dapat mempertemukan kamu dengan mentor atau kontak profesional yang mungkin dapat membantumu dalam menjalankan bisnis. Misalnya, jika bisnis kamu membutuhkan jasa pembukuan, akuntan, atau pengacara, kamu mungkin menemukan kandidat yang ideal melalui networking.

Apabila bisnismu membutuhkan pembiayaan ekuitas, kamu juga mungkin dapat menemukan investor atau pemodal ventura melalui networking tersebut.

3. Membangun Koneksi

Dengan networking bisnis, kamu juga berpotensi memiliki koneksi dengan para pengusaha dan professional lainnya. Jadi, setiap orang yang kamu temui adalah calon klien, pelanggan lain, atau seseorang yang dapat mengirimkan referensi kepada kamu terkait bisnis.

Dengan menghadiri acara networking, kamu dapat memperluas profil publikmu sendiri sebagai pebisnis. Ingatlah bahwa koneksi yang kamu buat hari ini memiliki potensi jangka panjang. Pasalnya, kontak bisnis yang kamu temui hari ini mungkin akan menjadi pemberi kerja atau referensi di kemudian hari.

4. Meningkatkan Peluang Bisnis

Sebuah studi yang dikutip dari Zen Business melaporkan bahwa 78 persen startup mengatakan bahwa networking sangat penting untuk usaha kewirausahaan mereka. Networking dalam bisnis sama pentingnya bagi kesuksesan karir individu yang menjadi karyawan di sebuah perusahaan.

Hal ini karena menurut laporan tahun 2016 yang dipublikasikan oleh LinkedIn ditemukan bahwa sebanyak 85 persen dari semua pekerjaan diisi melalui networking. Jadi, jika kamu tidak meluangkan waktu untuk bertemu dan berinteraksi dengan orang lain di bidang atau industri bisnis yang sama, kemungkinan besar kamu akan kehilangan peluang berharga untuk menemukan kemitraan baru, menghasilkan rujukan, bahkan mendapatkan klien dan posisi.

Share:

Facebook
Twitter
WhatsApp

Leave a Comment

Ilmu Bermanfaat

Lainnya

Apa Perbedaan Entrepreneur dan Intrapreneur?

Apa Itu Intrapreneur? Intrapreneur adalah pelaku utama dari kegiatan intrapreneurship, yaitu karyawan perusahaan dengan jiwa wirausaha. Seorang intrapreneur memiliki potensi untuk mengembangkan perusahaan seolah itu adalah

Mailketing by Regrow

PT. Digital Bertuah Nusantara
Jl. Mangga No. 94B
Pekanbaru - Riau
Indonesia

© 2022 mailketing.co.id All rights reserved. ‍

Dapatkan Materi Email Marketing Gratis !