Jenis dan Manfaat Email Marketing untuk Bisnis Online

Email saat ini menjadi kesempatan emas bagi strategi pemasaran dalam bisnis online, yaitu email marketing. Pasalnya di era teknologi kini hampir semua orang memiliki email, baik itu berbayar ataupun gratis.

Email marketing merupakan strategi pemasaran yang memanfaatkan media email. Dengan cara mengirimkan email kepada pelanggan lama dan calon pelanggan. Walaupun terdengar sederhana, ada baiknya Anda kenali dulu jenis-jenis dan manfaat strategi marketing ini untuk bisnis online.

Jenis Email Marketing

Direct Email

Email marketing tipe ini merupakan pesan yang Anda kirim ke daftar email pelanggan, baik yang lama maupun baru. Konten email ini bisa jadi promosi atau ajakan untuk menjadi pelanggan baru, serta keuntungan yang didapatkan apabila menjadi pelanggan baru di toko online Anda.

Namun, sayangnya masih banyak pemilik bisnis online yang salah kaprah dalam memanfaatkan media promosi satu ini. Mereka mengirimkan email bertubi-tubi sehingga penerimanya menandai sebagai SPAM, atau bahkan melakukan unsubscribe.

Retention Email

Berbeda dengan direct email, retention email ini hanya dikirim kepada pelanggan lama. Tujuan dikirimkannya email jenis ini adalah untuk memastikan pelanggan selalu mengingat bisnis online Anda dan menjaga hubungan baik dengan pelanggan.

Isi dari email ini tidak melulu berupa penawaran atau promosi, tapi bisa juga undangan untuk datang ke acara bisnis Anda, tips, dan informasi yang memang penting untuk diketahui oleh pelanggan.

Beriklan di Email Pihak Ketiga

Tipe email marketing satu ini ternyata sangat efektif untuk dilakukan dalam pemasaran online. Pasalnya, apabila Anda kekurangan data email pelanggan atau subscribers, maka Anda dapat memanfaatkan email list dari publisher lain sebagai pihak ketiga yang umumnya merupakan perusahaan telekomunikasi dan media massa.

Selain itu, Anda bisa juga melakukan kerja sama dengan pemilik bisnis lain yang sudah memiliki banyak pelanggan. Tentunya, Anda perlu menyiapkan sejumlah dana atas jasa tersebut.

Manfaat Email Marketing

1. Efektif untuk Menarik Pelanggan

Media sosial memang efektif untuk berinteraksi dan membangun hubungan dengan konsumen. Namun, jika Anda ingin menarik mereka menjadi pelanggan, email marketing merupakan pilihan yang tepat.

Bahkan, menurut studi yang dilakukan McKinsey & Company, email marketing 40% lebih efektif untuk menjangkau konsumen dibandingkan Twitter dan Facebook. Hal ini karena email marketing tidak ditentukan berdasarkan algoritma seperti pada Twitter atau Instagram, jangkauan konsumen bisnis Anda pun jadi bisa lebih luas.

2. Bersifat Pribadi

Karena email marketing bersifat personal, maka biasanya akan mendapatkan perhatian lebih dari si penerima. Saat pelanggan ataupun calon pelanggan sudah nyaman dengan email yang dikirimkan, maka mereka akan memiliki kecenderungan untuk memilih program promosi untuk produk yang Anda tawarkan.

3. Informasi Terkirim Lebih Cepat dan Murah

Sebelum mengenal teknologi email, pelaku bisnis biasanya mengirim surat lewat pos yang membutuhkan waktu lebih lama dan biaya lebih besar. Kini, Anda yang memiliki bisnis online cukup membayar biaya koneksi internet untuk mengirim pesan via email, pelanggan langsung menerima informasi, dan mereka bisa lebih cepat memberikan respons.

4. Kampanye Terukur

Dengan menggunakan email marketing, Anda dapat dengan mudah memonitor informasi detail mengenai berapa jumlah email yang sukses terkirim, pelanggan yang sudah membaca, mengunjungi tautan yang dikirimkan, dan pelanggan yang merespons.

Setelah itu, lakukan analisa sehingga setiap kekurangan yang ada dapat diperbaiki serta hal-hal lain dapat dievaluasi untuk perkembangan dari bisnis online. Penyedia iklan juga dapat mengukur statistik hasil dari kampanye produknya lewat email dengan mudah. Anda pun dapat melakukan pelacakan bagi pelanggan yang kembali serta tidak bisa dimonitoring sehingga dapat dicarikan solusi terbaiknya.

5. Customizeable

Tidak hanya bersifat menebak-nebak apa saja pesan yang akan beresonansi dengan kebanyakan orang, Anda dapat segmen penerima email dan penggunaan tag substitusi agar dapat berkomunikasi secara langsung dengan pelanggan.

Hal ini membuat hubungan yang tercipta lebih personal serta mendorong keterlibatan pelanggan yang lebih tinggi.

6. Bisa Diotomatisasi

Anda tidak perlu membuang waktu mengirim pesan satu per satu ke target konsumen Anda.  Mengotomasi email bisa membantu Anda meningkatkan relevansi dan ketepatan waktu dari penyampaian pesan.

Dengan otomatisasi email, Anda bisa mendorong dan mengingatkan konsumen ini untuk melanjutkan proses pembeliannya. Jadi Anda lebih punya kontrol dan bisa mempersonalisasi pesan yang ingin Anda sampaikan.

Share:

Facebook
Twitter
WhatsApp

Leave a Comment

Ilmu Bermanfaat

Lainnya

Apa Perbedaan Entrepreneur dan Intrapreneur?

Apa Itu Intrapreneur? Intrapreneur adalah pelaku utama dari kegiatan intrapreneurship, yaitu karyawan perusahaan dengan jiwa wirausaha. Seorang intrapreneur memiliki potensi untuk mengembangkan perusahaan seolah itu adalah

Mailketing by Regrow

PT. Digital Bertuah Nusantara
Jl. Mangga No. 94B
Pekanbaru - Riau
Indonesia

© 2022 mailketing.co.id All rights reserved. ‍

Dapatkan Materi Email Marketing Gratis !