Cara Manajemen Sosial Media Untuk Bisnis

Banyak orang yang telah menggunakan sosial media namun belum dapat merasakan efek untuk peningkatan bisnisnya. Kenapa hal ini bisa terjadi? Kebanyakan orang yang menggunakan sosial media untuk bisnisnya hanya melakukan hal monoton seperti:

  • Hanya rutin melakukan post untuk mendapatkan interaksi (malah kebanyakan posting secara asal)
  • Auto post ke semua akun sosmed secara serentak
  • Tidak memiliki target pasar yang jelas
  • dan lain halnya yang anda tahu jika itu sebenarnya hanya membuang buang waktu karena efeknya mungkin tidak ada sama sekali.

Pengguna sosial media di Indonesia mencapai 106 juta orang, tentu ini sangat menguntungkan jika anda tahu apa yang harus dilakukan pada sektor sosial media. Berikut beberapa cara untuk manajemen sosial media untuk bisnis apapun yang anda punya yang telah kami rangkum.

1. Pilih sosial media yang tepat

Tahap ini berguna untuk efesiensi waktu Anda, kita ambil contoh, jika bisnis anda bersifat B2B maka jangan gunakan instagram, gunakan Linkedin yang bersifat sosial media profesional.

Facebook

Bagi anda yang tidak ingin repot, semua kalangan berada pada sosial media ini, tinggal bagaimana anda mendapatkan user yang sesuai untuk menjadi followers anda. Akun sosial yang wajib digunakan pada internet marketer karena merupakan sosial media dengan user terbanyak di dunia.

Instagram

Gunakan Sosial media ini jika bisnis anda dalam pemasarannya sangat membutuhkan media foto dan video. Hampir semua usernya adalah anak muda. Tingkat interaksi pada sosial media ini juga terbilang besar.

Linkedin

Gunakan linkedin jika bisnis anda adalah B2B, disini anda dapat dengan mudah menemukan orang dengan jabatan tertentu, hanya tinggal follow, kirimkan penawan, catat datanya (nama perusahaan, email, telp, jabatan) anda sudah mendapatkan database darisana.

2. Strategi konten

Pada tahap inilah terbilang sulit, karena akan menentukan apakah bisnis anda dapat mengalami peningkatan atau tidak. Berikut beberapa strategi yang perlu kita perhatikan.

Penentuan Tujuan

Apa tujuan dari sosial media anda, apakah untuk meningkatkan penjualan? tempat pengaduan bisnis anda? membagikan informasi berkaitan dengan bisnis anda?

Tentukan tujuannya sehingga tiap bulannya sehingga konten sosial media anda tidak campur aduk yang membuat user merasa bingung isi dari konten anda itu berfokus pada apa.

Sebagai contoh bisa kita lihat akun anonim yang berfokus pada tema DIY (Do it Yourself) yang membagikan cara cara untuk membuat sesuatu. Isinya tidak akan keluar dari tema itu.

Konten yang Berkualitas

Konten yang berkualitas tiap sosial media bisa berbeda beda, contoh di instagram orang lebih menyukai foto yang bagus dan unik, disertakan hastag yang sesuai, caption yang unik dan membuat penasaran. Sedangkan di facebook? Orang lebih suka post berupa link dibandingkan foto, video, dan text.

Waktu Posting

Anda dapat melakukan posting sesuai dengan kebutuhan, sesuaikan dengan tema aku sosial media anda. Apakah harus di jam sibuk atau jam yang senggang. Pada jam sibuk tentunya postingan anda akan cepat tenggelam sehingga dibutuhkan usaha lebih untuk mempertahankan postingan anda. Sedangkan pada waktu senggang pastinya user aktif akan sedikit.

Tentunya anda harus melakukan riset, perbanyak searching, baca artikel. Kita ambil contoh, akun yang berfokus pada makanan tentunya lebih baik posting di jam-jam makan seperti pagi hari, siang hari saat jam makan, dan malam hari. Atau jam jam pada waktu ibu ibu sering memasak.

3. Jadwal Tugas Rutin Admin

Tentukan jadwal secara berkala untuk admin untuk harian, mingguan, dan bulanan.

Pada tahapan ini diperlukan ketekunan dan kesabaran dalam implementasinya, sehingga cukup sulit untuk mendapatkan admin yang konsisten dalam pekerjaannya dalam mempertahankan tujuan utama dari akun sosial media kita.

Share:

Facebook
Twitter
WhatsApp

Leave a Comment

Ilmu Bermanfaat

Lainnya

Apa Perbedaan Entrepreneur dan Intrapreneur?

Apa Itu Intrapreneur? Intrapreneur adalah pelaku utama dari kegiatan intrapreneurship, yaitu karyawan perusahaan dengan jiwa wirausaha. Seorang intrapreneur memiliki potensi untuk mengembangkan perusahaan seolah itu adalah

Mailketing by Regrow

PT. Digital Bertuah Nusantara
Jl. Mangga No. 94B
Pekanbaru - Riau
Indonesia

© 2022 mailketing.co.id All rights reserved. ‍

Dapatkan Materi Email Marketing Gratis !