Ini Dia Yang Menyebabkan Bisnis Selalu Gagal

Dalam memulai bisnis apakah ada jaminan bahwa semua orang akan meraih keberhasilan? Tentu tidak. Ada beberap hal yang bisa mengakibatkan suatu bisnis mengalami kegagalan. Untuk itu waspadai hal-hal penyebab kenapa bisnis selalu gagal berikut.

1. Tidak Komitmen

Salah satu yang paling sering terjadi kenapa bisnis selalu gagal karena kurangnya komitmen dari pebisnis itu sendiri. Ini penyakit yang banyak diderita oleh orang-orang. Mereka bilang ingin berbisnis online, tapi tak pernah mulai bergerak. Semua hanya berhenti di level ingin dan rencana saja. Tidak ada tindakan nyata. Tentu saja, tidak akan ada keberhasilan bagi orang-orang seperti ini.

Ada yang mencoba bisnis online, kemudian mencoba action tetapi sayangnya tidak serius. Bisnisnya asal-asalan dan tidak konsisten. Bikin toko asal-asalan, bikin foto produk asal-asalan, tidak mau promo, kadang on kadang off, kadang upload kadang enggak. Kalau begitu caranya, jangan harap kesuksesan bisa diraih.

2. Buruknya Perencanaan

Ketika kita menganggap bisnis online itu tidak seserius seperti bisnis offline, jangan heran jika hasil yang kita peroleh pun cuma gitu-gitu aja atau bahkan nihil. Meski ada banyak kemudahan dalam memulai bisnis online, tak berarti kita bisa menjalaninya sambil main-main.

Seperti bisnis lainnya, berjualan di marketplace juga membutuhkan perencanaan yang matang. Target yang terukur, sasaran pasar yang jelas, langkah-langkah jangka pendek dan panjang mutlak diperlukan. Itulah yang akan menjadi panduan kita dalam mengembangkan bisnis.

Jika rencana bisnis Anda saja tidak benar, kemudian tiba-tiba sepi pelanggan dan tidak ada yang menghubungi. Tidak kenapa bisnis selalu gagal, karena rencananya saja tidak Anda persiapkan dengan baik.

3. Tidak Paham Teknik

Ketika tidak menguasai teknik menjahit, seseorang tidak akan bisa membuat baju yang bagus meski telah disediakan kain, benang dan mesin. Begitu juga dengan para pebisnis online. Meski telah memiliki produk dan disediakan berbagai marketplace sebagai tempat berjualan, mereka tidak akan bisa berhasil jika tidak menguasai serta memahami teknik-teknik yang dibutuhkan.

Baik itu teknik untuk mengoperasikan marketplace maupun teknik-teknik berjualan secara umumnya. Penguasaan teknik yang payah bisa menjadi salah satu penyebab kenapa bisnis selalu gagal. Jangan berani memulai jika belum tahu teknik-tekniknya.

4. Semua Dikerjakan Sendiri

Coba jawab pertanyaan berikut, manakah yang bisa melakukan hal lebih banyak, sepasang tangan atau sepuluh pasang tangan? Tentu saja sepuluh pasang tangan jika semuanya bekerja sama. Mengerjakan semuanya sendirian tidak menunjukkan bahwa kita kuat, tetapi justru memperlihatkan bahwa kita tidak punya sifat kepemimpinan untuk membentuk dan mengelola tim.

Keberadaan tim sangat penting untuk membantu kita mencapai target tinggi yang sudah ditentukan. Kecuali jika kita hanya puas dengan target dan pencapaian-pencapaian kecil saja. Bentuklah tim yang kuat dan solid untuk mempercepat tercapainya kesuksesan. Kerja sendirian bukan lagi suatu kelebihan tetapi bisa jadi penyebab kenapa bisnis selalu gagal.

5. Iri dengan Kesuksesan Orang Lain

Ketika berjualan di marketplace memungkinkan kita dapat melihat sendiri berapa jumlah barang yang berhasil dijual oleh pelapak lain. Membanding-bandingkan keberhasilan orang lain yang lebih sukses dari kita bisa membuat kita down dan merasa gagal.

Akhirnya cepat merasa kalah dan tidak mau untuk melanjutkan usaha yang selama ini telah dirintis. Keberhasilan orang lain seharusnya dijadikan sebagai motivasi. Jika mereka bisa mencapai titik seperti saat ini, artinya kita juga bisa mencapai titik itu suatu hari nanti. Jadikan mereka sebagai model usaha kita.

Jangan lagi iri dengan keberhasilan orang lain karena hal ini adalah penyebab kenapa bisnis selalu gagal. Pelajari apa saja yang mereka lakukan lalu coba terapkan pada usaha kita. Pelajari kekurangan-kekurangan mereka supaya kita bisa bikin sesuatu yang lebih baik. Dengan begitu kita tak perlu khawatir akan kalah bersaing.

Share:

Facebook
Twitter
WhatsApp

Leave a Comment

Ilmu Bermanfaat

Lainnya

Apa Perbedaan Entrepreneur dan Intrapreneur?

Apa Itu Intrapreneur? Intrapreneur adalah pelaku utama dari kegiatan intrapreneurship, yaitu karyawan perusahaan dengan jiwa wirausaha. Seorang intrapreneur memiliki potensi untuk mengembangkan perusahaan seolah itu adalah

Mailketing by Regrow

PT. Digital Bertuah Nusantara
Jl. Mangga No. 94B
Pekanbaru - Riau
Indonesia

© 2022 mailketing.co.id All rights reserved. ‍

Dapatkan Materi Email Marketing Gratis !