Bagaimana Cara Memilih Produk Untuk Bisnis?

Dalam memilih produk untuk bisnis jangan asal memilih. Dalam memilih produk tentu ada riset terlebih dahulu. Produk yang dipilih pun bukan berdasar kemauan penjual tapi pada permintaan pasar. Karena produk adalah faktor yang berperan penting dalam berjalannya suatu bisnis.

Produk juga menjadi alasan apakah bisnis akan bertahan lama atau tidak. Lebih jauhnya apakah produk yang Anda jual berpotensi ada repeat order atau tidak. Beberapa poin penting harus diperhatikan saat riset memilih produk. Berikut ulasannya.

Menentukan USP

USP merupakan singkatan dari Unique Selling Proposition. Pengertian USP adalah hal yang membedakan suatu produk Anda dengan produk lain yang ada di pasaran. USP merupakan hal apa yang Anda berikan melalui produk kepada konsumen.

Menentukan USP ada tatacara tersendiri dan tidak bisa asal. Hal-hal yang bisa dilakukan dalam menentukan USP adalah mengenali calon konsumen, memiliki keunggulan, dan mempunyai kualitas yang teruji yang bisa dibuktikan konsumen.

Memilih Supplier

Memilih menjual suatu produk tentu harus memperhatikan juga supplier bahan baku untuk produk yang Anda buat. Maka dari itu sebaliknya melakukan riset terlebih dahulu apakah penyedia bahan untuk produk Anda benar-benar siap dan cocok dari berbagai hal.

Hal-hal yang harus dipertimbangkan saat memilih supplier selain dari kualitas barang dan harga yang ditawarkan, Anda juga perlu memperhatikan aspek lain. Persoalan lokasi dan garansi juga perlu menjadi pertimbangan. Percuma saja jika harga bahan baku murah tetapi lokasi cukup jauh dan tidak ada garansi yang diberikan.

Pahami Proses Produksi

Langkah selanjutnya adalah memahami proses produksi. Seperti siapa yang akan menjalankan proses produksi, berapa lama waktu yang dibutuhkan dalam memproses satu produk dan berapa produk yang dihasilkan dalam sehari.

Pada proses ini juga rentan para karyawan mencontoh produk yang sudah dihasilkan. Ada cara tertentu juga untuk menyiasati agar produk tidak diduplikasi oleh karwayan yang nantinya menjadi bisa menjadi kompetitor Anda. Salah satu caranya adalah dengan membuat sistem produksi yang terpisah antara tahap awal, tahap pertengahan dan tahap akhir.

Menentukan Harga Jual

Dalam menentukan harga jual tidak boleh sembarangan. Karena ingin mendapatkan keuntungan yang besar, harga produk dibuat menjadi sangat tinggi tanpa perhitungan yang jelas. Padahal memutuskan harga jual ada ilmunya sendiri.

Untuk menentukan harga jual, Anda harus mengetahui Harga Pokok Produksi (HPP). Harga ini mencakup semua biaya yang dikeluarkan dalam membuat satu produk. Secara sederhana perhitungannya adalah harga tiap bahan ditambah dengan ongkos produksi plus margin yang ingin diperoleh.

Pemasaran

Strategi pemasaran produk yang efektif harus diketahui oleh semua pebisnis baik di bidang barang atau jasa. Sayang tidak semua pebisnis dan marketer mengetahui strategi ini. Mengetahui dengan tepat cara pemasaran produk adalah salah satu hal penting yang ikut menentukan performa perusahaan.

Ssebagai pelaku bisnis perlu memahami strategi pemasaran produk yang efektif untuk meningkatkan perkembangan bisnis Anda. Hitung plus minusnya dan tentukan produk Anda akan lebih bisa memberikan keuntungan dengan memasarkan media apa.

Share:

Facebook
Twitter
WhatsApp

Leave a Comment

Ilmu Bermanfaat

Lainnya

Apa Perbedaan Entrepreneur dan Intrapreneur?

Apa Itu Intrapreneur? Intrapreneur adalah pelaku utama dari kegiatan intrapreneurship, yaitu karyawan perusahaan dengan jiwa wirausaha. Seorang intrapreneur memiliki potensi untuk mengembangkan perusahaan seolah itu adalah

Mailketing by Regrow

PT. Digital Bertuah Nusantara
Jl. Mangga No. 94B
Pekanbaru - Riau
Indonesia

© 2022 mailketing.co.id All rights reserved. ‍

Dapatkan Materi Email Marketing Gratis !